Investor Pemula

Keuntungan Investasi Saham yang Bisa Didapatkan oleh Pemula

keuntungan investasi saham

Ajaib.co.id – Sebenarnya apa saja sih keuntungan dari investasi saham? Pertanyaan ini pasti sering muncul dibenak investor pemula yang ingin mencoba tapi masih menyisakan keraguan. Oleh karena itu, redaksi Ajaib akan menjawab pertanyaan tersebut dalam ulasan ini.

Rendahnya minat masyarakat di Indonesia untuk berinvestasi saham disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari proses investasi yang dianggap rumit, anggapan investasi saham hanya untuk kaum intelek, hingga ketakutan akan dana yang diinvestasikan dapat hilang.

Tidak heran jika kepemilikan saham-saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) didominasi oleh investor asing dibanding investor lokal. Padahal, berinvestasi saham itu tidak serumit dan semenakutkan yang dibayangkan. Jika kamu paham beberapa hal dalam berinvestasi saham, maka kamu bisa mendapatkan keuntungan.

Dalam berinvestasi tentunya membutuhkan yang namanya kesabaran, ketelitian, dan fokus untuk meraih keuntungan sesuai dengan target pencapaian.

Ada banyak nama-nama orang yang fokus hanya dengan investasi saham untuk bertahan hidup, lalu masuk ke dalam deretan orang-orang terkaya. Hal ini jelas karena adanya keuntungan investasi saham yang akan dihasilkan.

Bagi kamu para pemula yang ingin berinvestasi saham, namun takut dan ragu dengan keuntungan yang akan didapat, kamu harus pahami keuntungan investasi saham secara tepat.

Berikut ini penjelasan mengenai keuntungan investasi saham yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri kamu untuk mencoba dan mempelajari bagaimana berinvestasi saham hingga menghasilkan nilai saham yang meningkat.

Dengan Modal Kecil dapat Menghasilkan Keuntungan Besar

Dari sekian banyak instrumen investasi, investasi saham merupakan jenis investasi yang menghasilkan keuntungan besar. Selain itu, dana yang dibutuhkan sebagai modal awal untuk membeli saham suatu perusahaan juga cukup terjangkau. Di Bursa Efek Indonesia, ada banyak saham yang harga per lembarnya sebesar Rp300.

Makan dengan uang senilai Rp100 ribu, kamu bisa membeli hingga 3 lot saham atau setara 300 lembar saham. Jika kamu memilih saham suatu perusahaan yang fundamentalnya baik, bukan tidak mungkin modal awal yang kamu investasikan bisa meningkat dan menghasilkan keuntungan investasi saham.

Oleh karena itu, selalu ingat keuntungan investasi saham yang dihasilkan mampu melebihi harapan kamu ketika sudah mulai berinvestasi. Demi menumbuhkan minat kamu untuk mulai berinvestasi saham.

Jenis Investasi yang Fleksibel

Walaupun menghasilkan keuntungan yang besar, bahkan mampu melebihi penghasilan utama kamu, investasi saham ini sifatnya cukup fleksibel. Bisa dikatakan, investasi saham merupakan sampingan kamu dalam menghasilkan uang. Kamu tidak perlu meninggalkan pekerjaan utama kamu, lalu menggunakan waktu dan tenaga untuk berinvestasi.

Kamu cukup menyisihkan beberapa waktu sibuk kamu untuk memantau dan melihat pergerakan saham di bursa saham kapan saja dan di mana saja melalui smartphone. Dengan begitu, kamu tetap mendapatkan keuntungan investasi saham, tanpa meninggalkan pekerjaan utama kamu di suatu perusahaan.

Investasi yang Menghasilkan Margin Keuntungan secara Besar

Keuntungan investasi saham ini dihasilkan dari margin keuntungan yang dapat naik secara signifikan. Margin keuntungan yang didapat ini dihasilkan dari harga per lembar saham yang dimiliki terus meningkat nilainya.

Apalagi jika saham yang kamu miliki tersebut jumlahnya terbilang banyak. Maka, margin keuntungan tinggal dikalikan dengan jumlah saham yang dimiliki dan hasilnya adalah keuntungan yang kamu dapat dari investasi saham.

Jika saham yang kamu miliki dapat mencapai titik capital gain, maka perusahaan penerbit saham yang kamu miliki biasanya akan memberikan bonus berupa uang tunai atau saham baru per lembarnya secara cuma-cuma.

Perhitungan Pajak yang Ditetapkan pada Saham Biasanya Kecil

Keuntungan investasi saham berikutnya yang bisa kamu dapat adalah kecilnya besaran pajak yang akan dikenakan dari investasi saham. Biasanya investasi saham yang menghasilkan keuntungan akan dikenakan pajak sebesar 0.1 persen dari total keuntungan. Hal ini jelas lebih kecil jika dibandingkan dengan pajak yang ditetapkan pada instrumen investasi lainnya.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu mengambil pusing terhadap pajak yang dikenakan dari keuntungan kamu dalam berinvestasi.

Keamanan dan Transparan dari Setiap Saham yang Diinvestasikan

Kehadiran Bursa Efek Indonesia sebagai badan yang mengelola dan mengawasi transaksi saham, tentu membantu keamanan dan kenyamanan para investor untuk berinvestasi saham. Kamu tidak perlu takut dan khawatir transaksi saham yang dilakukan merupakan praktik penipuan atau sabotase yang dapat menghilangkan dana investasi kamu.

Hal ini karena Bursa Efek Indonesia menjamin setiap keamanan kamu dalam bertransaksi saham, baik membeli atau menjual saham suatu perusahaan.

Risiko dalam Investasi Saham

Di dalam dunia investasi saham dikenal dengan istilah high return, high risk, dibalik keuntungan yang kamu dapatkan dari bertransaksi saham, ada risiko yang juga menunggu. Jika kamu siap dengan keuntungan besar yang dihasilkan dari investasi saham, maka kamu juga harus siap dengan risiko merugi. Berikut ini penjelasan mengenai risiko dalam investasi saham:

Capital Loss

Jika keuntungan investasi saham dihasilkan karena saham yang dihasilkan mengalami capital gain maka risiko merugi yang dihasilkan dari investasi saham disebut capital loss. Capital loss ini terjadi ketika harga per lembar saham yang kamu miliki mengalami penurunan hingga di bawah harga saat kamu membelinya.

Jika kondisi tidak lekas stabil, maka kerugian dari nilai saham yang kamu miliki akan terus membesar karena harga yang terus anjlok. Sebelum kamu mengalami kerugian yang lebih besar, hal yang harus kamu lakukan adalah menjual saham tersebut.

Suspend

Risiko lanjutan yang terjadi pada saham kamu saat capital loss tidak berhenti, maka secara otomatis bursa saham akan melakukan suspend guna menghindari kerugian yang lebih besar lagi. Walaupun saham kamu tidak terus merugi, namun kamu tidak dapat bertransaksi saham ketika suspend ini diberlakukan.

Dalam dunia investasi saham, kamu harus mempersiapkan segala kemungkinan yang dapat terjadi. Baik keuntungan atau kerugian dari investasi saham, harus kamu hadapi dengan mengambil keputusan-keputusan yang tepat.

Jika kamu ingin mulai berinvestasi saham, jangan pernah berhenti untuk belajar, mencari informasi, fokus, dan sabar demi mencapai target keuntungan yang dibuat

Akan tetapi, jika kamu masih ragu dengan investasi saham, masih ada instrumen investasi lainnya yang bisa digunakan seperti investasi reksa dana. Investasi reksa dana kini peminatnya cukup banyak. Apalagi kamu sekarang bisa berinvestasi reksa dana secara online melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib.

Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi khususnya reksa dana. Dengan menggunakan aplikasi Ajaib, kamu bisa menemukan jenis investasi reksa dana yang sesuai dengan kebutuhan seperti reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana syariah, dan jenis reksa dana lainnya.

Dengan berinvestasi reksa dana di Ajaib, kamu bisa merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang seperti biaya pernikahan atau biaya untuk membuka usaha. Jadi, tunggu apalagi. Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.

Artikel Terkait