Bisnis & Kerja Sampingan

5 Peluang Bisnis 2020 Menjanjikan dengan Modal Kecil

5 Peluang Bisnis 2019 Menjanjikan dengan Modal Kecil

Awal tahun 2020 bisa menjadi titik mula yang baik untuk merintis bisns yang kamu impian. Membuka usaha sebenarnya tidak selalu harus bermodalkan besar puluhan juta. Ada banyak peluang bisnis 2020 yang cukup menjanjikan meskipun modalnya terbatas.

Kunci dari bisnis yang sukses adalah adanya ide bisnis yang menarik untuk dikembangkan. Modal itu adalah dasar yang baik untuk memulai bisnis. Perkara modal, ada banyak cara yang bisa dijadikan solusi bagi yang tidak memiliki modal untuk menjalankan usahanya.

Langkah pertama misalnya mengakses permodalan secara kredit baik lewat perbankan maupun peer to peer lending (P2P L). Saat ini banyak tersedia produk pinjaman usaha dengan fitur yang beragam. Jadi para calon pengusaha, baik yang memiliki aset untuk dijadikan agunan maupun tidak, tak perlu khawatir.

Bisa pula melirik konsep bisnis yang memang tak perlu modal banyak. Jenis usahanya sendiri cukup banyak misalnya bisnis rumahan atau bisnis waralaba. Kedua bisnis ini bisa menjadi peluang usaha untuk yang masih merasa terbatas modalnya. Bahkan ada kelebihan lainnya misalnya tak perlu dana banyak untuk riset produk bagi bisnis waralaba.

Hal ini jelas bukan sekedar tipu daya belaka. Sudah banyak pengusaha yang memulai usahanya dengan modal yang minim dan bahkan terbatas. Kamu juga bisa merintis jalan kesuksesan yang sama asalkan kreatif dan jeli dalam menjalankan usahamu. Kesuksesan sebuah bisnis tidak melulus bergantung jumlah modalnya melainkan juga strategi yang dijalankan pemiliknya.

5 Ide Bisnis 2020 Untuk yang Modalnya Terbatas

Seringkali memang orang kebingungan ketika berencana merintis usaha, termasuk karena terkendala modal. Padahal di zaman serba teknologi ini justru banyak peluang bisnis 2020 yang menjanjikan meskipun dengan modal minim. Terlebih lagi, saat ini sudah menjadi era orang beradu ide dan kreativitas dan bukan lagi sekedar persoalan modal.

Terlebih lagi dengan adanya kemajuan teknologi sehingga banyak alternatif yang muncul soal masalah modal ini. Misalnya saja bisnis online shop yang kini merajai adalah bentuk dari ide cemerlang pengusaha yang sebelumnya tak mampu menyewa toko atau lahan. Dengan ide dan promosi yang unik, pemilik online shop ini bahkan kini mengalahkan toko-toko konvensional.

Dalam merintis suatu usaha, ide-ide segar sangat dibutuhkan untuk membantu agar bisnis dapat berkembang. Selain itu, pandai dan jeli dalam melihat peluang pasar jadi faktor penting dalam mengembangkan bisnismu kelak. Jadi tidak cuma mengikuti tren pasar saja lalu mati begitu saja.

Perlu ketekunan, kreativitas, inovatif, dan semangat pantang menyerah. Ada beberapa inspirasi bisnis 2020 yang menjanjikan dengan modalnya kecil. Ingin tahu? Simak di bawah ini:

1.  Bisnis Pulsa dan Aksesoris

Bisnis ini cocok sebagai sampingan dan juga buat mahasiswa. Sudah pasti setiap orang membutuhkan pulsa untuk telepon maupun kuota internet. Untuk memulainya kamu bisa mencari agen pulsa yang tepercaya dan memiliki harga termurah, sehingga transaksi pun jadi lebih mudah.

Kamu juga bisa memberikan layanan yang lebih baik misalnya saja via whatsapp atau sekedar nomor telepon. Umumnya orang selalu membutuhkan pulsa dalam keadaan mendadak sehingga semakin cepat servisemu maka dijamin orang akan kembali lagi membeli padamu. Sediakan pembayaran via cahless atau transfer sehingga kenalanmu jauh di sana juga bisa menjadi pembelimu.

Tambahkan juga sejumlah aksesoris handphone supaya keuntungan bisnismu pun makin bertambah. Kamu bisa menjual casing yang lucu, anti gores, dan lainnya. Kamu bisa melihat tren terbaru untuk tahu produk aksesoris apa saja yang bakal diminati. Semakin unik dan menarik produk yang kau tawarkan, kamu bisa menjualnya dengan harga lebih yang tentunya makin menguntungkan.

2.  Bisnis Secara Online

Manfaatkan gadget kamu bukan cuma buat bermain game atau chating, tapi juga untuk dijadikan membuka bisnis online. Peluang usaha ini bisa kamu mulai dengan modal minim atau tanpa modal sekalipun. Ada banyak peluang yang bisa dijalankan melalui bisnis online, diantaranya fashion, kuliner, dan sebagainya.

Terlebih saat ini banyak marketplace yang bisa jadi wadah untuk berjualan di lapak mereka. Paling tidak kamu tak perlu keluar modal untuk menyewa toko. Kamu cukup mendisplay jualanmu di marketplace pilihanmu yang banyak digunakan orang.

Bisnis online tentunya bukan saja sekedar membuka online shop belakang. Selain itu media sosial merupakan bisnis 2020 yang banyak dilirik anak muda, seperti Youtube, Instagram, dan sebaganya untuk mendapatkan uang. Dengan media sosial, kamu bisa menjadi youtuber, influencer, vlogger, sampai content writer. Namun, bisnis ini membutuhkan kreativitas yang tinggi untuk menciptakan konten-konten baru.

3.  Kuliner

Bila kamu punya hobi memasak, manfaatkan saja sebagai usaha. Bisnis kuliner ini salah satu bisnis yang tak ada matinya. Semua orang suka makanan sehingga peluang bisnisnya sangat tinggi. Keuntungan dari penjualan makanan sendiri relatif tinggi, bisa 100% dari modal yang dikeluarkan.

Tinggal pilih saja, apakah kamu ingin menjual makanan berat, kue/roti atau minuman. Bisa pula menjual olahan makanan kekinian sehingga peminatnya lebih banyak. Kemudian dikemas dengan menarik atau tampilan yang unik dan menggugah selera. Kamu pun dituntut harus memiliki cita rasa yang khas, enak, dan inovatif dalam membuat kreasi kuliner.

Jika modalmu memang sangat terbatas, kamu bisa menerapkan sistem pre order. Maksudnya makanan baru dibuat ketika ada pesanan dan uang suda dibayar di muka. Paling tidak uang muka itu bisa menjadi modalmu membuat makanan tersebut dan jaminan bahwa kreasimu pasti laku dibeli orang.

Jika tak punya modal untuk mempromosikannya, kamu bisa memanfaatkan garasi rumah atau menjualnya melalui media sosial. Bisa pula memasukkannya dalam aplikasi layanan antar seperti Gojek atau Grab untuk pembelian dengan sistem delivery yang kini semakin banyak diminati masyarakat.

4.  Dropshipping

Peluang usaha yang menjanjukan dan populer di kalangan millenial adalah dropshipping. Banyak yang belum paham namun dropshiper adalah posisi yang berbeda dengan reseller. Salah satu perbedaannya adalah mengenai modal yang harus dikeluarkan.

Bisnis yang satu ini membutuhkan keterampilan dan kretivitas dalam melakukan pemasaran di internet alias internet marketing. Di sini kamu tidak perlu menyetok ataupun mengelola barang yang hendak dijual. Peluang usaha ini dapat dijalankan dirumah dengan modal terbatas bahkan nol.

Kamu hanya mempromosikannya kemudian mendapatkan order yang diteruskan pada suplier produkmu. Nantinya pengiriman produk juga akan dilakukan oleh suplier dan kamu hanya tinggal memastikan prosesnya lancar sampai ke konsumen. Setelah itu, kamu akan mendapatkan komisi dari suplier atas hasil penjualanmu. Bedanya adalah besaran keuntungan seorang dropshipper biasanya terbatas karena menjual produk degan harga yang sama dengan suplier.

Namun, kamu perlu mencari supplier yang benar-benar tepercaya. Jika kamu paham ilmunya, bisnis ini sangat menjanjikan untuk mendulang uang. Kamu bisa mencari suplier di toko-toko e-commerce seperti Tokopedia, Blibli, dan sebagainya.

5.  Jasa Membuat Website

Punya keahlian bidang teknologi merupakan modal berharga kamu untuk membuka peluang bisnis, salah satunya membuat website. Perkembanganya bisnis secara online membuat website menjadi kebutuhan dari banyak pengusaha. Tentunya ini menjadi salah satu peluang usaha untuk kamu mulai tahun ini.

Keahlian yang satu ini sangat membantu banyak orang, terutama untuk yang ingin mengembangkan usahanya. Keuntunganya juga sangat menjanjikan karena harga pembuatan websiten ditentukan banyak hal. Mulai dari desain, pengelolaan sampai perbaikannya bisa dihargai sendiri. Memiliki daya imajinasi dan kreativitas tinggi dapat dijadikan peluang untuk membuka jasa pembuatan website, baik pribadi maupun perusahaan.

Itu tadi jenis ide bisnis 2020 yang bisa menjadi salah satu peluang usaha sekalugus inspirasi bisnis yang menjanjikan dengan modal kecil. Namun, untuk memutuskan menjadi seorang wiraswasta perlu persiapan dan perhitungan yang matang. Jangan terburu-buru walaupun kamu sudah punya cukup modal.

Untuk mengakali modal yang terbatas, kamu harus pandai mengasah akal untuk melakukan promosi secara online. Ada banyak cara promosi lewat sosial media yang dijamin akan meningkatkan exposure dan potensi penjualanmu seperti di bawah ini.

  • Mengadakan Kontes atau Kuis

Kontes merupakan salah satu cara paling ampuh dalam hal mempromosikan sesuatu di sosmed. Kontes ini sangat menarik untuk dicoba, sebab bisa mendapatkan impresi yang tinggi dari target market kamu. Sebuah kontes pasti menjanjikan hadiah, dan orang-orang suka hadiah.

Selain itu keterlibatan target konsumen kamu akan sangat tinggi, mereka tertarik dengan hadiah yang dibagikan. Tentunya dalam mengadakan kontes kamu perlu mengadakan kontes yang terkait dengan produk yang kamu tawarkan.

  • Berbagi Pengetahuan

Berbagi informasi yang berkaitan dengan produk akan sangat membantu meningkatkan ketertarikan akan produk yang sedang diperkenalkan. Misalnya ketika ingin mempromosikan produk makanan maka informasikan mengenai nilai gizi dan kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan dan lain sebagainya.

Dengan begitu maka konsumen akan tertarik untuk mencoba produk karena ingin mendapatkan keuntungan bagi kesehatannya.

  • Lakukan Kegiatan Beriklan

Jika menggunakan media sosial Facebook maka akan tersedia fasilitas beriklan seperti sponsored stories, CPC, Page post ads Facebook, page like Ads, dan lain sebagainya. Selain bisa menggunakan fasilitas beriklan maka bisa juga dengan melakukan sponsorship  pada akun media sosial yang memiliki banyak pengikut. Dalam istilah sekarang, maka disebut sebagai endorsement.

  • Jangkau Komunitas

Sosmed merupakan tempat berkumpul banyak orang. Bahkan tak jarang mereka mempunyai kesamaan minat untuk membentuk grup dan komunitas. Hadirnya komunitas akan menjadi sebuah sasaran empuk bagi pelaku bisnis di mana mereka bisa melakukan promosi dengan baik.

Beragam media sosial mempunyai komunitas dengan minat tertentu. Maka pilihlah yang sesuai dengan produk dan jasa yang bisa diminati oleh mereka.

  • Gunakan Status atau Tweet

Di mana merupakan cara promosi yang paling sederhana. Caranya yaitu membuat promo menggunakan status yang diinginkan. Promo menggunakan status bisa luas jika dikemas dengan kreatif dan menyenangkan. Bisa pula lewat tweet karena sosial media Twitter kini kembali digandrungi netizen.

Penggunaan status untuk promo pun perlu dijadwalkan dan diatur sedemikian rupa, sehingga orang orang tidak merasa terganggu dengan status atau tweet tersebut.

Penjelasan dari Ajaib di atas adalah ide bisnis 2020 dan cara promosinya yang bisa segera kamu coba. Semoga bisa membantumu dalam mencari usaha demi mendulang uang lebih banyak ya. Kamu juga bisa menghasilkan uang lebih banyak dengan modal yang terbatas dengan berinvestasi reksa dana.

Hanya dengan Rp10.000 saja kamu bisa memulai portofolio investasimu bersama Ajaib. Kamu bisa memilih produk reksa dana mana yang menguntungkan dan sesuai dengan kondisimu. Apapun itu, ayo lebih produktif di tahun 2020 untuk kondisi finansial yang lebih baik.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait