Cek Pajak Motor Online Jawa Barat Lewat Aplikasi SAMBARA

cek pajak kendaraan online
cek pajak kendaraan online

Pembayaran pajak kini sudah dimudahkan dengan sistem online. Salah satu fitur yang jadi favorit adalah cek pajak motor online yang sudah bisa dilakukan di banyak daerah di Indonesia. Pemilik kendaraan pribadi bisa mengetahui besar pajak yang harus dibayar sebelum berangkat membayar pajaknya.

Pembayaran jenis Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) memang tidak bisa sepenuhnya secara online. Pasalnya masih dibutuhkan proses untuk pengecekan kondisi kendaraan apakah masih sesuai dengan ketentuan. Setelah kendaraan dinilai layak jalan dan dalam kondisi baik barulah kemudian pajak bisa dibayarkan.

Namun sebelumnya banyak pemilik kendaraan yang kesulitan mengetahui tagihan pajaknya maupun jatuh tempo pembayaran pajak yang harus dilakukan. Akibatnya keterlambatan pembayaran pajak kerap terjadi yang akhirnya membuat orang semakin malas dan mendapatkan denda yang cukup memberatkan.

Kini hal tersebut tak perlu lagi dikhawatirkan karena adanya sistem cek pajak motor online hanya bermodalkan nomor kendaraan saja. Saat ini pengecekan tagihan kepemilikan kendaraan ini baru berlaku untuk wilayah Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan sejumlah wilayah lainnya. Namun daerah lain diperkirakan juga akan merasakan kemudahan ini secepatnya.

Cek Pajak Motor Online di Jawa Barat Bisa Lewat Aplikasi

Beda daerah biasanya beda sistem pengecekana pajaknya. Provinsi Jawa Barat sendiri memungkinkan pemilik kendaraan sepeda motor untuk cek pajaknya melalui aplikasi pajak yang dibuat oleh Samsat Jawa Barat. Sebelumnya pengecekan hanya bisa dilakukan lewat situs resmi Bapenda.jabarprov.go.id e Samsat Jabar saja.

Namun dengan aplikasi Sambara maka kamu bisa mengetahui tagihan pajak dengan jauh lebih praktis lagi dan akurat. Mengecek pajak kendaraan melalui aplikasi sekarang sudah dikembangkan oleh kantor Samsat di beberapa wilayah Indonesia. Walau hanya beberapa wilayah, tidak menutup kemungkinan fasilitas pengecekan pajak online ini nanti akan berlaku di seluruh Indonesia.

Untuk kamu yang berdomisili di Jawa Barat, termasuk Bogor, Bekasi, Bandung, dan wilayah Jawa Barat lainnya, bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk melakukan cek pajak kendaraan online Jawa Barat. Nama aplikasinya adalah SAMBARA atau dikenal sebagai Samsat Mobile Jawa Barat.

Bagi kamu yang diwajibkan membayar pajak kendaraan bermotor dan berdomisili di Jawa Barat, sebaiknya kamu menginstal aplikasi ini karena akan sangat membantu sekali. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis di Play Store.

Dan berikut ini adalah manfaat yang kamu dapatkan ketika menggunakan aplikasi cek pajak kendaraan online Jawa Barat SAMBARA.

#Mengecek Pajak Berdasarkan Nomor Polisi

Ketika kamu selesai instal aplikasi SAMBARA, kamu akan dihadapkan beberapa menu yang bisa kamu manfaatkan. Yang pertama adalah mengecek pajak kendaraan bermotor yang berlaku di tahun ini. Caranya pun cukup mudah.

Kamu tinggal memilih info PKB atau yang dikenal sebagai informasi Pajak Kendaraan Bermotor. Kamu cukup memasukkan nomor polisi kendaraan bermotor milikmu di kolom yang tersedia. Maka nantinya akan muncul informasi kendaraan bermotor tersebut.

Yang bagusnya, informasi itu tidak sampai menunjukkan data pribadi pemilik kendaraan bermotor, melainkan hanya merk kendaraan, model, tahun dikeluarkannya kendaraan tersebut, warna, nomor rangka, nomor mesin, jumlah Pajak Kendaraan Bermotor, jumlah denda Pajak Kendaraan Bermotor, SWDKLLJ, PNPB STNK, tanggal pajak jatuh tempo harus dibayarkan, milik ke berapa, dan yang terakhir adalah total biaya pajak tahunan yang harus dibayar.

Jadi informasi pribadi kamu tidak akan bocor ke orang lain. Aplikasi ini juga bisa digunakan pada kendaraan motor maupun mobil.

#Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

Selain cek pajak kendaraan online Jawa Barat, kamu juga bisa membayar pajak kendaraan bermotor melalui aplikasi SAMBARA. Untuk melakukan pembayaran melalui aplikasi tersebut kamu harus melakukan registrasi dulu. Hal ini bisa dilakukan di “Info PKB” dengan memilih menu “Lanjut Daftar Online”.

Setelah itu kamu pun akan menemukan tampilan untuk kolom registrasi. Di kolom registrasi itu kamu harus mengisi bagian nomor KTP/NPWP yang terdaftar di STNK, lalu isi No Rangka; nomor rangka ini adalah lima digit akhir dari nomor rangka kendaraan; bisa dilihat juga di bagian STNK. Setelah kamu berhasil mengisi semuanya, maka akan ada kode bayar. Kode bayar ini harus dicatat karena akan digunakan untuk tahapan selanjutnya.

Karena sudah mendapatkan kode bayar, sekarang kamu bisa langsung membayar pajak kendaraan bermotor di ATM Bank BJB, mini market seperti Indomaret dan Alfamart, atau bisa juga membayar melalui Tokopedia. Dengan begini kamu pun tidak perlu ke kantor Samsat. Kamu hanya harus ke kantor Samsat apabila harus memperpanjang STNK.

#Mengetahui Informasi Pelayanan Samsat

Di fitur ini, kamu akan mengetahui tentang informasi pelayanan Samsat terdekat. Kapan waktu kantor Samsat tersebut beroperasi, dan informasi lainnya yang berkaitan dengan pelayanan Samsat antara lain:

  • Jadwal Samsat Keliling

Fitur ini bisa kamu dapatkan juga di aplikasi SAMBARA selain cek pajak kendaraan online Jawa Barat. Bagian ini sangat penting karena memuat jadwal Samsat keliling yang hadir di seluruh kota Jawa Barat. Informasinya cukup akurat karena sudah terjadwal dengan cukup rapi.

Dengan begini kamu tidak perlu datang ke kantor Samsat yang mungkin saja jauh dari rumahmu. Meski begitu, jangan lupa untuk menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan sebelum berkunjung ke Samsat Keliling ini.

  • Panduan

Bagian ini bisa kamu manfaatkan jika kamu baru pertama kali menggunakan aplikasi SAMBARA. Di sini dijelaskan secara terperinci bagaimana menggunakan aplikasi SAMBARA sesuai dengan fungsinya. Sebaiknya bagian ini jangan lupa untuk dibaca.

Cek pajak kendaraan melalui online ini memiliki banyak keuntungan untuk kamu. Ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan ketika menggunakannya secara langsung antara lain:

  1. Cek Pajak Motor Online Cukup Mudah

Tidak rumit selama kamu memiliki kuota yang cukup dan juga koneksi yang memadai. Dengan cek pajak kendaraan online kamu bisa mendapatkan beberapa informasi tentang pajak kendaraan bermotor milikmu. Dan tidak ada syarat apapun juga, cukup siapkan nomor STNK dan BPKB.

2. Praktis

Karena kamu tidak perlu datang ke kantor Samsat langsung untuk tahu berapa pajak kendaraan bermotor yang harus kamu bayarkan di tahun ini. Dan juga tidak perlu mengantri yang panjang ketika berada di kantor Samsat

3. Informasinya Akurat

Jangan takut tidak mendapatkan informasi yang akurat karena informasi di cek pajak kendaraan online sangat akurat. Dengan informasi ini kamu bisa melakukan persiapan sebelum membayar pajak kendaraan karena kamu sudah tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar pajak.

Karena itu tidak perlu ragu lagi mengecek pajak motor online karena banyak manfaat yang akan kamu dapatkan. Kamu pun bisa berkendara ke mana saja tanpa ragu dan takut karena kendaraan yang kamu pakai belum dibayar pajaknya.

Bacaan menarik lainnya:

Nasucha, Chaizi. 2004, Reformasi Administrasi Publik. PT Grasindo: Jakarta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait