Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Lewat Online

cara cek pajak kendaraan
cara cek pajak kendaraan

Bagaimana cara cek pajak kendaraan bermotor lewat online? Bagi yang belum mengetahuinya, redaksi Ajaib akan memberikan ulasan mengenai cara cek pajak kendaraan ini.

Saat ini, cara cek pajak kendaraan bermotor sangat mudah dilakukan. Bagi kamu yang memiliki kendaraan bermotor, tentunya ingin mengecek masa berlaku pajak kendaraan.

Kamu bisa cek pajak kendaraan bermotor melalui online. Dengan kemudahan tersebut, kamu bisa mendapatkan informasi melalui SMS, website, dan aplikasi.

Perkembangan Teknologi Mempengaruhi

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, masyarakat bisa melakukan aktivitas dengan mudah dan praktis.

Semuanya bisa dilakukan dengan menggunakan internet. Di era modern saat ini, kamu bisa melakukan kegiatan apapun melalui smartphone.

Salah satunya adalah cek pajak kendaraan bermotor melalui aplikasi pajak kendaran. Kini, cek pajak kendaraan bermotor sudah bisa dilakukan secara online. Kamu tidak perlu lagi datang ke Kantor SAMSAT.

Beberapa aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store dan App Store. Terdapat aplikasi yang bisa cek pajak motor untuk seluruh wilayah Indonesia, kemudian ada juga aplikasi yang hanya menyediakan informasi mengenai status pajak kendaraan di daerah atau Provinsi tertentu.

Kapasitas aplikasi tersebut cukup ringan dan tidak menghabiskan penyimpanan memori internal smartphone. Jadi, kamu dapat menggunakan aplikasi ini secara berkala untuk cek pajak kendaraan bermotor.

Penjelasan Pajak Kendaraan Bermotor

Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) adalah pajak yang dikenakan untuk pemilik kendaraan bermotor. Besaran tarifnya ditentukan oleh dua faktor, yakni faktor nilai dan bobot potensi pencemaran, serta kerusakan jalan yang disebabkan oleh penggunaan kendaraan tersebut.

Untuk melihat besaran PKB, kamu hanya cukup melihat STNK. Jika kamu memiliki lebih dari satu kendaraan bermotor, maka besaran dari pajak masing-masing kendaraannya berbeda.

Syarat Pendaftaran Pajak Kendaraan

Ada dua pajak kendaraan yang harus dibayar oleh pemilik kendaraan, yaitu:

Pajak Tahunan

Pajak berkala ini adalah pajak pengesahan STNK selama setahun. Tentunya bisa diurus di Kantor SAMSAT di wilayah tempat tinggalmu atau melalui online.

Namun, fasilitas online PKB hanya bisa diakses di beberapa daerah saja, dan belum tersedia di seluruh wilayah Indonesia.

Berbagai dokumen yang harus dibawa ketika mengurus pajak tahunan adalah:

  • STNK asli
  • KTP asli
  • Uang untuk pembayaran pajak

Pajak Lima Tahunan

Pajak lima tahunan adalah pajak pergantian STNK. Dalam kondisi ini, plat kendaraanmu harus diganti. Berbeda dengan pajak tahunan yang bisa dibayar melalui online, pajak lima tahunan hanya bisa dibayar melalui Kantor SAMSAT.

Persyaratan yang harus dibawa saat mengurus pajak lima tahunan adalah:

  • STNK dan BPKB asli
  • KTP asli
  • Formulir cek fisik kendaraan yang bisa didapatkan di Kantor SAMSAT

Jika persayaratan di atas sudah lengkap, maka kamu akan menerima slip pembayaran pajak lima tahunan. Setelah melakukan pembayaran, kamu akan menerima tanda lunas.

Setelah itu, kamu akan diberikan informasi kapan harus mengambil STNK yang baru. Umumnya, informasi pengambilan STNK ditulis di bagian belakang STNK yang lama.

Berikut ini adalah aplikasi cek pajak kendaraan bermotor yang dirangkum dari berbagai sumber:

SAKPOLE e-SAMSAT Jawa Tengah

Bagi kamu yang tinggal di Jawa Tengah, dapat memperoleh informasi mengenai pajak motor melalui aplikasi SAKPOLE e-SAMSAT JATENG. Aplikasi ini dikelola oleh PSI-BPPD Provinsi Jawa Tengah.

Selain itu, aplikasi SAKPOLE juga memudahkan kamu ketika ingin membayar pajak melalui e-SAMSAT atau SAMSAT online.

Selain mendapatkan informasi pajak motor, kamu juga bisa mengetahui Informasi Status (Blokir) Kendaraan Bermotor, Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor, Pencarian Lokasi berbagai pelayanan di Jawa Tengah, seperti ATM, Kantor SAMSAT, Kantor Jasa Raharja, Lokasi RS/Klinik, dan Kantor Polisi.

SAMBARA

SAMBARA merupakan aplikasi pajak kendaraan milik Provinsi Jawa Barat. Aplikasi tersebut dikelola oleh BAPENDA Jawa Barat untuk melakukan cek pajak kendaraan bermotor di wilayah itu.

Sama seperti aplikasi pajak kendaraan lainnya, SAMBARA juga menampilkan status pajak kendaraan, lokasi SAMSAT di wilayah Jawa Barat, dan membayar pajak secara online.

Untuk menggunakan aplikasi cek pajak kendaraan bermotor ini, kamu hanya perlu memasukkan plat nomor kendaraan saja. Aplikasi SAMBARA hanya berlaku di beberapa daerah saja.

Cek Pajak Kendaraan

Aplikasi ini bisa membantu kamu untuk cek pajak kendaraan dan nomor polisi kendaraan bermotor. Saat ini, aplikasi Cek Pajak Kendaraan mendukung beberapa daerah, seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Yogyakarta, Riau, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Barat.

Untuk mengetahui status pajak kendaraanmu, kamu hanya cukup membuka aplikasi Cek Pajak Kendaraan yang bisa diunduh melalui Google Play Store atau App Store. Setelah itu, pilihlah Provinsi di mana kendaraanmu telah terdaftar. Kemudian, masukkan plat nomor kendaraanmu.

Nantinya, kamu akan memperoleh informasi kendaraan, tanggal jatuh tempo pajak, tanggal jatuh tempo STNK, dan besaran pajak yang harus dibayarkan. Jika pembayaran pajakmu mengalami tunggakan, maka aplikasi Cek Pajak Kendaraan akan menampilkan jumlah denda yang harus dibayarkan.

Itulah berbagai aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk cek pajak kendaraan bermotor. Jika daerahmu belum didukung oleh aplikasi di atas, maka kamu bisa membuka Google Play Store atau App Store untuk mencari aplikasi cek pajak kendaraan bermotor di daerahmu.

Cek Pajak DKI Jakarta

Seperti yang sudah dijelaskan, cek pajak DKI Jakarta bisa dilakukan melalui SMS, website, dan aplikasi. Berikut ini adalah caranya:

SMS

Cara cek pajak kendaraan bermotor bisa dilakukan melalui SMS. Kamu hanya cukup menekan nomor *368# di layar smartphone, setelah itu informasi pajak akan muncul.

Setelah memasukkan nomor tersebut, nantinya akan muncul tulisan DITLANTAS POLRI dengan pilihan: 1. Polda Metro Jaya dan 2. Polda Sumut. Untuk DKI Jakarta, kamu bisa memilih nomor 1.

Dari nomor tersebut, ada empat pilihan yang muncul, yaitu: 1. Info Ranmor, 2. Info Pajak Ranmor, 3. Pajak Reminder, 4. Info Simling, 5. Info Samling, dan 9. Back. Kamu hanya perlu memilih nomor 2 saja.

Setelah selesai memilih, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor kendaraan. Nantinya, akan ada SMS yang masuk dari Polda Metro Jaya.

Website

Selain lewat SMS, kamu juga bisa cek pajak kendaraan bermotor melalui situs http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/. Melalui situs ini, kamu diharuskan untuk memasukkan nomor kendaraan dan NIK sebelum mendapatkan informasi pajak kendaraan.

Untuk daerah lain, kamu bisa mengakses melalui situs berbeda yang bisa dicari lewat Kantor SAMSAT masing-masing daerah.

Aplikasi

Cara cek pajak DKI Jakarta yang terakhir adalah melalui aplikasi melalui Google Play Store.

Caranya, kamu hanya cukup mengunduh aplikasinya dan pilih menu PKB. Kemudian, ketik informasi plat nomor kendaraan. Nantinya, informasi kendaraan akan muncul beserta jumlah pajak dan jatuh temponya. Untuk pengguna iPhone, aplikasi ini belum tersedia.

Bacaan menarik lainnya:

Nasucha, Chaizi. 2004, Reformasi Administrasi Publik. PT Grasindo: Jakarta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait