Pajak

Langkah & Syarat Perpanjang STNK Anti Ribet

Langkah & Syarat Perpanjang STNK Anti Ribet

STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) memang sangat penting jika kamu menjalani mobilitas dengan kendaraan pribadi. Oleh sebab itu, kamu tidak boleh menganggap remeh kepemilikan STNK yang mana memiliki tanggal kadaluarsa yang berbeda-beda. 

Lalu, jika masa berlaku STNK kamu sudah tidak lama lagi yang artinya kamu harus segera memperpanjang STNK tersebut, maka kamu perlu mengetahui syarat perpanjang STNK jika kamu ingin perpanjang tanpa jalur perantara atau Do It Yourself.

Syarat Perpanjang STNK yang Perlu Disiapkan

Syarat perpanjang STNK tidaklah sulit, hal yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan berkas-berkas yang dimiliki kendaraan beserta kelengkapan dokumen. Jika kamu mengetahui syarat perpanjang STNK sebelum melakukan perpanjangan, maka proses perpanjang STNK akan lebih mudah dan tidak merepotkan. Lalu, apa saja syarat perpanjang STNK 5 tahunan untuk kendaraan? Simak beberapa uraian berikut:

  1. BPKB asli dan fotokopinya 1 lembar.
  2. STNK asli dan fotokopinya 1 lebar.
  3. KTP asli sesuai STNK dan fotokopi KTP sebanyak 1 lembar.
  4. Kendaraan yang ingin diperpanjang STNK-nya.

Memperpanjang STNK memang diwajibkan bagi siapapun yang memiliki kendaraan bermotor. STNK memiliki masa berlaku dengan kedaluarsa hingga lima tahun di mana setiap tahunnya kamu perlu datang ke samsat untuk memperoleh pengesahan. 

Pengesahan STNK akan ditandai dengan perubahan stiker atau cap pada kolom STNK Anda serta pemberian plat nomor kendaraan dengan kode masa berlaku yang baru.

Prosedur yang Harus Dilalui untuk Mendapat Pengesahan

Setelah menjelaskan syarat perpanjang STNK, Lalu bagaimana prosedur perpanjangan STNK 5 tahunan? Simak uraian berikut :

a. Cek Fisik Kendaraan 

Hal pertama yang akan dilakukan kala datang ke Samsat untuk perpanjang STNK adalah melakukan cek fisik kendaraan bermotor. Setibanya di lokasi Samsat, sebaiknya jangan mencari parkiran terlebih dahulu, namun datanglah langsung ke loket pendaftaran untuk melakukan cek fisik kendaraan sembari mengambil nomor antran.

Pemeriksaan fisik kendaraan tidak dikenakan biaya, hanya saja jika kamu merasa terkena pungli maka sebaiknya kamu melapor kejadian tersebut kepada pihak yang bertanggung jawab. Dan perlu diingat, cek fisik kendaraan ini hanya dilakukan bagi kamu yang ingin perpanjang STNK 5 tahunan untuk mendapatkan plat nomor baru.

b. Validasi Hasil Cek Fisik Kendaraan

Setelah menyelesaikan proses cek fisik kendaraan, kamu dapat mulai memparkirkan motor kamu di lokasi parkiran yang ada. Selanjutnya bahwalah hasil cek fisik kendaraan kamu kepada bagian legalisasi hasil cek fisik.  Selanjutnya beberapa hal untuk perpanjang STNK bisa kamu lakukan dengan kelengkapan data-data Anda, di bagian legalisasi selama lebih kurang 15 menit. 

c. Mengisi formulir perpanjangan STNK

Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengisi formulir perpanjangan STNK. Lengkapi semua bagian yang perlu diisi, dan jika kamu kebingungan jangan segan untuk bertanya kepada petugas. 

d. Mendaftar untuk Pembayaran Pajak

Kumpulkan berbagai berkas yang sudah kamu persiapkan termasuk hasil cek fisik, formulir pendaftaran yang sudah diisi dan sudah dilegalisasi. Berikan berkas-berkas tersebut ke loket pendaftaran.

e. Membayar Pajak

Proses terakhir yang harus kamu lakukan adalah membayar pajak kendaraan melalui loket bertuliskan kasir sesuai dengan nominal yang tercetak pada lembar pajak. Setelah lunas, kamu akan mendapatkan dua bukti pembayaran, yakni STNK baru dan plat nomor polisi dengan masa berlaku lima tahun kedepan.

Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui ketika ingin melakukan pembayaran dan pengurusan pajak 5 tahunan. Dengan mengetahui hal tersebut, kamu bisa mengurusnya sendiri dan tidak lagi memerlukan jasa calo bukan?

Bacaan menarik lainnya:

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 74/PMK.03/2012 tentang Tata Cara Penetapan dan Pencabutan Penetapan Wajib Pajak dengan Kriteria Tertentu dalam rangka Pengembalian Pendahuluan Kelebihan Pembayaran Pajak


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait