Kamu Wajib Tahu! Ini Syarat Bayar Pajak Motor Lewat Online

Syarat Bayar Pajak Motor

Sebagai warga negara yang baik dan taat peraturan, kita diwajibkan untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Pihak kepolisian pun telah memberikan kemudahan bagi wajib pajak yang ingin menunaikan kewajibannya, yakni secara online. Namun, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara dan syarat bayar pajak motor secara online.

Layanan pembayaran pajak secara online merupakan salah satu bentuk pelayanan publik yang disediakan oleh Pemerintah. Biasanya untuk membayar pajak motor, kita harus datang ke Samsat. Namun, cara tersebut kurang efektif dan menghabiskan banyak waktu. Sebab, banyak orang yang malas pergi ke kantor Samsat untuk melakukan pembayaran pajak maupun dendanya jika telat membayar pajak.

Agar masyarakat bisa membayar pajak motor dengan mudah, beberapa daerah telah mengizinkan pembayaran pajak dilakukan secara online.

Cara Melihat Pajak Motor Online

Beberapa daerah di Indonesia sudah memiliki esamsat atau samsat online. Di situs ini, kamu bisa melihat masa berlaku pajak motor, mengetahui besaran biaya pajak motor, dan syarat bayar pajak motor secara online.

Bagi kamu yang ingin mengecek pajak motor online, berikut ini adalah situs resmi e-samsat di beberapa daerah:

a. Wilayah DKI Jakarta: http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/.

b. Jawa Barat: kamu bisa mengunduh aplikasi Sambara di smartphone.

c. Jawa Tengah: http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/.

d. Jawa Timur: https://esamsat.jatimprov.go.id/.

e. Yogyakarta: http://infonjkbdiy.com/.

Kapan Waktunya Membayar Pajak Motor

Pada dasarnya, pajak motor terbagi menjadi dua jenis, yaitu pajak yang dibayar setiap tahunnya dan pajak yang dibayar tiap lima tahun sekali.

Pajak motor tahunan adalah pajak rutin yang besarannya adalah 15% dari harga jual motor. Pajak tersebut nilainya selalu berkurang tiap tahunnya, karena disebabkan oleh faktor penurunan nilai jual kendaraan.

Untuk pajak motor lima tahun sekali, kamu diharuskan mengganti pelat nomor kendaraan dan STNK. Sebagai informasi, saat ini PKB Online belum tersedia untuk membayar pajak kendaraan lima tahunan.

Kapan kamu harus membayar pajak motor? Setelah motor digunakan selama satu tahun, maka kamu wajib membayar pajak motor atau melakukan perpanjangan STNK.

Jika kamu tidak membayar pajak, motormu akan dianggap tidak legal atau kena tilang. Usahakan membayar pajak motormu secara tepat waktu. Jika terlambat bayar satu atau dua hari, kamu harus membayar dendanya, yang jumlahnya sama saja dengan satu bulan.

Syarat Membayar Pajak Motor Online

Bagi kamu yang ingin membayar pajak motor tahunan online, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu :

a. Bawa STNK asli dan fotokopi.

b. KTP asli pemilik kendaraan yang masih berlaku.

c. Siapkan dana yang sesuai dengan nominal pajak.

Setelah persyaratan di atas sudah lengkap, kamu tinggal melakukan pembayaran pajak motor secara online. Berikut ini adalah syarat cara bayar pajak motor online di beberapa daerah:

Bayar Pajak Motor Online di Jakarta

Pembayaran pajak motor online di Jakarta bisa dilakukan melalui ATM dengan layanan e-samsat. Kamu juga bisa membayar pajak STNK melalui ATM BNI, BRI, Bank DKI, Maybank, dan Bank Bukopin.

Pastikan identitas rekening tabungan yang akan digunakan untuk membayar pajak sesuai dengan KTP pemilik motor, STNK, dan BPKB motor. Caranya, kamu bisa membuka menu e-samsat di mesin ATM. Kemudian, mengikuti langkah-langkah ini:

a. Masukkan nomor polisi kendaraanmu

b. Masukkan huruf yang ada di pelat nomor (konversikan ke dalam angka dan sesuaikan dengan urutan abjad). Misalnya, huruf plat nomormu adalah VRF.

Maka, V=22, R=18, dan F=6. Kamu harus menginput nomornya menjadi 221806.

c. Setelah itu, nama dan jumlah yang harus dibayarkan akan muncul.Simpanlah bukti pembayaran.

d. Mengunjungi Kantor Samsat, Samsat Keliling, dan Kantor Kecamatan untuk cap pengesahan.

Untuk melakukan pengesahan atau pengecapan, kamu diberikan waktu selama 30 hari untuk menyelesaikannya. Ketika melakukan pengecapan, kamu harus membawa bukti pembayarannya. Jika melewati 30 hari, maka kendaraanmu akan dianggap tidak sah.

Bayar Pajak Motor Online di Jawa Barat

Jawa Barat juga memiliki layanan pembayaran pajak motor secara online. Sebelum melakukan pembayaran online, kamu harus mendapatkan kode pembayaran terlebih dahulu. Kode pembayaran bisa didapatkan melalui aplikasi Sambara. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store, kemudian juga bisa dilakukan via SMS.

Jika ingin dilakukan lewat SMS, kamu harus menulis format: Esamsat(spasi)nomor rangka(spasi)NIK/KTP. Setelah itu, kamu akan mendapatkan SMS balasan yang berisi kode pembayaran.

Untuk membayar pajak motor secara online, bisa dilakukan melalui ATM bank yang bermitra dengan Pemprov. Bank-bank tersebut adalah Bank BJB, BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, CIMB Niaga, dan Permata Bank.

Untuk mengetahui cara membayar pajak motor online melalui ATM, kamu bisa mengunjungi laman resmi Bapenda Provinsi Jawa Barat di https://bapenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/.

Bayar Pajak Motor Online di Jawa Tengah

Jawa Tengah juga memiliki layanan bayar pajak motor online, yaitu Sakpole. Layanan ini diluncurkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada 2018. Aplikasi Sakpole akan memudahkan proses administrasi, dan meningkatkan tingkat kepatuhan masyarakat terhadap kewajiban membayar pajak motor.

Sebelum membayar pajak melalui ATM, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Begini syarat cara bayar pajak motor melalui aplikasi Sakpole:

a. Pilih menu “Pendaftaran”

b. Masukkan nomor polisi kendaraanmu

c. Masukkan NIK

d. Masukkan lima digit terakhir di nomor rangka kendaraan

e. Klik “Daftar”Verifikasi data dari kendaraan bermotor sebelum masuk ke proses selanjutnya

f. Pilih cara pembayaran dan bank

g. Mendapatkan kode pembayaran

h. Klik “Bayar”

i. Klik “Selesai”

Setelah mendapatkan kode pembayaran, kamu bisa melakukan pembayaran di ATM. Namun, pembayaran hanya bisa dilakukan melalui ATM BNI dan Bank Jateng. Inilah cara bayar pajak motor online melalui ATM :

a. Pilih menu “Pembayaran”

b. Pilih menu “Pajak”

c. Pilih e-samsat Jateng atau Sakpole

d. Masukkan kode pembayaran

e. Pilih “Benar”

f. Pilih “Rekening Sumber Dana”

g. Simpan bukti pembayaran

Bayar Pajak Motor Online di Jawa Timur

Untuk melakukan pembayaran pajak, kamu harus mendapatkan kode pembayaran terlebih dahulu. Berikut ini adalah caranya:

a. Kunjungi http://www.esamsat.jatimprov.go.id/

b. Pilih kota lokasi di mana kendaraanmu terdaftar

c. Pilih Samsat awal di mana kendaraanmu terdaftar

d. Masukkan nomor polisi kendaraan

e. Masukkan kode acak untuk menjaga keamanan

f. Setelah diverifikasi, akan muncul informasi mengenai jumlah biaya yang harus dibayarkan

g. Masukkan nomor rangka kendaraan dan BPKP, kemudian pilih “Samsat” untuk mengesahkan STNK dan pilih bank tempat pembayaran

h. Kamu akan mendapatkan kode pembayaran

Setelah mendapatkan kode pembayaran, kamu harus pergi ke teller Bank Jatim. Nantinya, kamu akan diberikan bukti pembayaran yang harus disimpan untuk pengesahan.

Kamu hanya bisa melakukan pengesahan di Kantor Samsat yang telah didaftarkan paling lambat tujuh hari setelah pembayaran.

Bacaan menarik lainnya:

Soeharsono Sagir.(2009). Ekonomi Indonesia. Jakarta: Kancana


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait