Banking

Cara Mudah Cek No Rekening BRI, Buat yang Sering Lupa

cek

Sebagian besar pemilik rekening bank mungkin lebih ingat nomor PIN ATM miliknya dibandingkan nomor rekening bank. Hal ini tentu saja termasuk nasabah Bank BRI, bank pelat merah yang terkendal luas jaringanya. Kamu yang sering lupa nomor rekeningmu, Ajaib akan memberikan panduan mengetahui no rekening BRI milikmu dengan cara terbaru.

Nomor rekening bank di Indonesia sangat beragam, mulai dari 10 sampai 15 digit. Bank BRI bahkan memiliki jumlah digit terbanyak diantara yang lainnya, yakni hingga 15 digit. Hal ini membuat sebagian besar nasabah kesulitan untuk menghapalkannya di luar kepala.

Bandingkan dengan PIN ATM yang hanya membutuhkan enam digit angka. Jelas mudah diingat bukan. Hal inilah yang menjadi sebab orang lebih banyak hapal nomor PIN daripada rekeningnya sendiri. Padahal sebenarnya penting pula untuk selalu ingat dan hapal dengan nomor akun tabunganmu itu.

Membawa buku tabungan ke mana-mana jelas bukan pilihan yang aman. Begitu pula dengan menyimpan no rekening BRI milikmu di dalam dompet. Cara ini terasa tidak aman apalagi jika malah hilang. Tujuannya ingin terus ingat namun malah menambah kerepotan sendiri.

Padahal buku tabungan yang disimpan di rumah saja suka terselip entah di mana. Tak heran banyak orang yang kelabakan ketika membutuhkan nomor rekeningnya sendiri. Entah itu untuk kebutuhan transaksi atau lainnya. Karena itu ada baiknya kamu tahu cara untuk mengecek nomor identitas rekeningmu ini dengan cara yang mudah dan praktis.

Berbagai Cara Cek No Rekening BRI Milikmu, Agar Tak Perlu Panik Lagi

Mungkin kamu sudah pernah mengalami peristiwa kehilangan buku tabungan atau lupa nomor rekeningmu sendiri. Apa yang kemudian kamu lakukan? Apakah kamu kemudian merasa malas mengurusnya dan akhirnya memilih membuat rekening baru?

Sebenarnya itu tak perlu. Kamu bisa mencari tahu nomor rekening milikmu dengan banyak cara sekarang. BRI sebagai salah satu bank terbesar bukan hanya punya keunggulan berupa suku bunga yang bersaing namun juga dengan inovasinya. Termasuk pula bagi nasabahnya yang sering lupa dengan no rekening BRI miliknya sendiri.

Saat ini ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk tahu nomor identitifikasi akunmu itu. Mulai dari cara konvensional dengan datang langsung ke bank, lewat mesin ATM, call center, internet banking atau mobile banking. Semuanya bisa kamu pilih sesuai dengan kondisi dan keinginanmu.

Kebutuhan akan layanan perbankan seperti kepemilikan rekening tabungan di bank sepertinya sudah sangat dibutuhkan saat ini. Misalnya saja bagi kamu nasabah BRI , rekening tabungan BRI kamu tersebut dapat berguna untuk menerima dan menyimpan gaji bulanan serta melakukan pembayaran, transfer uang dll.

Tetapi jangan sampai lupa ya! Nomor rekening BRI kamu, soalnya jika kamu lupa dengan nomor rekening BRI kamu tersebut, kamu tidak bisa menggunakan fasilitas yang ada di rekening tabungan yang kamu miliki tersebut.

Tentu saja hal ini pastinya membuat kenyamanan kamu terganggu ketika ingin menggunakan rekening tabungan kamu tersebut, tetapi tenang aja guys! Ajaib sudah punya solusinya dari permasalahan yang terjadi jika kamu lupa berapa nomor rekening BRI-mu tersebut. Yuk simak informasi di bawah ini terkait bagaimana cara cek nomor rekening BRI.

1.  Cek Nomor Rekening BRI Melalui Buku Tabungan

Sebagai manusia yang tidak sempurna, lupa menjadi suatu hal yang wajar dikarenakan mungkin banyaknya persoalan yang sedang kita hadapi. Hal ini pula yang sering terjadi kepada pemilik rekening tabungan BRI, yaitu lupa berapa nomor rekening tabungan BRI yang dimiliki.

Jika hal ini terjadi, kamu tidak perlu panik dan disarankan untuk tetap tenang. Kamu bisa melihat nomor rekening BRI pada buku tabunganmu dengan mudah dan cepat. Pada buku tabunganmu tersebut, kamu akan melihat berapa nomor rekening tabungan BRI-mu.

Ini merupakan salah satu cara konvensional untuk mengetahui berapa nomor rekening BRI-mu, tentu saja Ajaib masih memiliki beberapa cara lainnya yang patut kamu coba.

2.  Cek Bukti Transfer dari ATM

Cara kedua yang bisa kamu coba jika lupa nomor rekening BRI adalah melihat nomor rekening tersebut melalui bukti transfer dari ATM. Setelah melakukan transaksi di mesin ATM, baik itu transfer atau penarikan tunai, kamu akan mendapatkan struk alias bukti transfer setelah kartu ATM keluar.

Pada bukti transfer tersebut, kamu bisa mengecek berapa nomor rekening BRI-mu dengan mudah dan tentunya tidak buang-buang waktu karena kamu sudah menyimpannya sebelumnya. Jangan lupa catat baik-baik nomo rekeningmu agar besok tak perlu repot lagi.

3.  Melalui Rekening Koran

Rekening koran adalah laporan yang diberikan oleh pihak bank kepada pemilik rekening tabungan, yang mana kamu bisa mengecek nomor rekening BRI-mu di rekening koran. Coba cek ulang berkas perbankan milikmu, siapa tahu masih ada rekening koran yang tersimpan.

Biasanya nomor rekening kamu tersebut terletak di sisi kiri atas. Namun tidak semuanya demikian, kamu tinggal cek saja melalui rekening koran pasti terdapat nomor rekening-mu disana.

4.  Melalui BRI Mobile dan BRI Internet Banking

Cara lainnya untuk mengetahui nomor rekening BRI-mu dengan memanfaatkan layanan e-Banking yang tersedia di BRI, kamu bisa mengecek nomor rekening BRI dengan cara masuk ke menu Transfer di BRI Mobile dan BRI Internet Banking pilih Transfer Dalam Bank atau Transfer ke Bank Lain akan tertera nomor rekening BRI-mu sebagai pihak yang mengirim uang.

5.Datang langsung ke kantor cabang BRI

Kalau empat cara di atas tidak bisa kamu lakukan maka ada baiknya kamu datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat. Kamu bisa mengajukan klaim kehilangan buku tabungan sembari membawa berkas yang diperlukan. Nantinya kamu akan mendapatkan buku tabungan baru lengkap dengan data no rekening BRI milikmu.

Ingat ya! Nomor rekening BRI itu berjumlah 15 digit, ini hanya untuk nomor rekening BRI untuk bank umum, berbeda halnya dengan BRI Syariah yang berjumlah 10 digit. Baik BRI maupun BRI Syariah sama-sama lembaga perbankan yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga keamanannya terjamin untuk semua transaksi keuanganmu.

Itulah beberapa cara mengetahui & cek nomor rekening BRI. Cara-cara diatas patut untuk dicoba jika sewaktu-waktu kamu lupa berapa nomor rekening BRI yang dimiliki. Selamat mencoba!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait