Saham WIKA Cerah, Kenali Ciri Saham Layak Beli!

ciri saham layak beli

Kinerja baik dari PT Wijaya Karya membuat saham WIKA mendapatkan ganjaran yang positif. Kesuksesan meneken kontrak Rp 10 triliun membuat saham WIKA diburu oleh para investor. Hal ini merupakan ciri saham layak beli.

Kinerja perusahaan yang positif sepanjang tahun adalah salah satu faktor utama yang turut meningkatkan harga lembar saham perusahaan tersebut, seperti yang terjadi kepada saham WIKA. Lalu, faktor tambahan apalagi yang diperlukan untuk mengetahui ciri saham layak beli? Berikut beberapa di antaranya.

Harga

Faktor pertama dan paling jelas dari lembar saham adalah harga. Seperti contohnya, berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk membeli 1 lembar saham WIKA? Hal ini penting untuk mendapat ciri saham layak beli.

Penting untuk dicatat bahwa harga yang ada harus dilihat dalam konteks yang tepat. Banyak perusahaan sering “membagi” saham setelah sampai di tingkat tertentu, sehingga mengurangi harga namun menambah jumlah saham yang tersedia. Beberapa perusahaan lainnya tidak memecah saham, sehingga 1 lembar saham harganya bisa ratusan ribu rupiah bahkan lebih. Tapi harga, terutama ketika melihat sejarah di balik saham tersebut, akan menentukan berapa banyak saham yang bisa kamu beli dengan uang yang dimiliki. Dan dalam kasus saham WIKA, tentunya harga per lembarnya relatif tidak murah.

Ketika kamu mengevaluasi saham, mengetahui harga dari saham dan sejarahnya akan membantu kamu lebih bijak ketika membeli.

Pertumbuhan pendapatan

saham WIKA yang baru saja meneken kontrak di kuartal pertama tentunya punya potensi untuk memberikan keuntungan. Ini karena, sebuah harga saham umumnya akan meningkat naik seiring dengan perkembangan perusahaan. Dan salah satu cara untuk perusahaan mencapai hal tersebut adalah meningkatkan pendapatan mereka. Pendapatan sebuah perusahaan biasanya indikator utama apakah perusahaan tersebut sukses atau tidak. Tapi, kamu juga harus jeli melihat peningkatan dan penurunan dari satu kuartal ke kuartal lainnya. Jika grafik cenderung naik seperti yang terjadi dengan saham WIKA, maka harga sahamnya tentu positif, dan sebaliknya, jika grafik datar atau menurun, gali lebih dalam informasi sebelum melakukan investasi.

Pendapatan per lembar saham

Berapa banyak uang yang perusahaan tinggalkan di tiap akhir kuartal? Jika kamu berhasil mendapatkanya, maka angka tersebut tinggal dibagi dengan jumlah saham yang telah terjual, dan kamu akan mendapatkan angka pendapatan per lembar saham. kamu bisa mulai menerapkan ini kepada saham WIKA.

Dividen

Banyak perusahaan akan mengembalikan sedikit porsi dari pendapatan mereka kepada pemegang saham. Investor bisa mendapatkan keuntungan dari saham yang mereka miliki, atau dikenal juga dengan istilah dividen. Banyak perusahaan sehat, seperti Wijaya Karya dengan saham WIKA-nya, akan mengeluarkan dividen yang sepadan setiap kuartalnya, dan pendapatan dari dividen ini mungkin bisa mengalahkan bunga dari akun bank yang kamu miliki. Itu kenapa, saham dividen sangat populer di antara investor yang mencari pendapatan tambahan, selain dari pertumbuhan saham itu sendiri.

Apa yang terjadi dengan saham WIKA tentunya merupakan ciri saham layak beli. Untuk topik terkait investasi lainnya bisa kamu baca di blog Ajaib.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang. 

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait