Prospek Cerah, Harga Saham WIKA Terus Meningkat

Prospek Cerah, Saham WIKA Laris Manis di Pasar Indonesia
Prospek Cerah, Saham WIKA Laris Manis di Pasar Indonesia

Saham WIKA atau yang dikenal sebagai PT Wijaya Karta Tbk menjadi salah satu perusahaan yang paling diburu investor sejak awal Agustus 2019. Investor asing melakukan pembelian saham WIKA mencapai 15,28 juta lembar.

Kenapa Saham WIKA Laris di Pasaran?

Alasan utama harga saham WIKA laris di pasaran karena mereka mempunyai prospek yang sangat cerah. Pasalnya, kinerja saham anak usaha WIKA, yakni PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) meroket pada bulan lalu.

PT WEGE ini mampu melakukan volume transaksi hingga 32 juta unit senilai Rp10,1 miliar. Kinerja WEGE sepanjang tahun ini bisa dikatakan cukup impresif, dengan membukukan kenaikan harga saham WIKA sebesar 32,5%.

Investor asing pun terlihat masih betah berinvestasi pada saham yang berfokus kepada konstruksi bangunan gedung tersebut. Di mana, beli bersih (net buy) saham ini bisa mencapai angka Rp200 Miliar pada saham tersebut.

Mengutip dari CNBC Indonesia, laba bersih WEGE pada kuartal I-2019 meningkat hanya 3,25% menjadi Rp77,7 Miliar, meningkat Rp2,45 Miliar dari laba kuartal I-2018 yang sebesar Rp75,27.

Target Saham WIKA

PT Wijaya Karta Tbk masih optimis bisa mendapatkan dan membukukan laba sebesar Rp533 miliar atau naik 19,9% di tahun 2019 ini. Lebih tinggi dibanding laba yang diraih perusahaan pada tahun 2018 pada angka Rp444,49. 

Target laba bersih tersebut naik seiring dengan kontrak baru yang diproyeksi tumbuh 37,4% menjadi Rp22,78 triliun dari tahun lalu yang terdiri dari kontrak baru dan carry over. 

Untuk kontrak baru, WIKA menargetkan di angka Rp11,98 triliun, sedangkan carry over diraih sebesar Rp10,80 triliun. Pendapatan perusahaan di tahun 2019 ini diharapkan dapat diraih pada angka Rp7,72 triliun, naik dari Rp5,82 triliun di sepanjang 2018.

Proyek Saham WIKA

Mereka juga punya dua proyek terdekat yang sedang dibidik perusahaan yakni pengembangan proyek pengembangan Bandara Hang Nadim di Kepulauan Riau dan Bandara komodo di Nusa Tenggara Timur, yang merupakan bagian dari pengembangan konsesi miliknya. 

Bicara soal saham WIKA, bila diawal disebutkan investor asing membeli saham mereka 15,28 juta lembar pada awal Agustus. Volume transaksi itu terus meningkat hingga 19 Agustus 2019, yakni sudah mencapai 274,5 juta lembar.

Informasi PT WIKA

WIKA dibentuk dari proses nasionalisasi perusahaan Belanda dengan nama Naamloze Vennotschap Technische Handel Maatschappij en Bouwbedijf Vis en Co. atau NV Vis en Co. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 2 tahun 1960 dan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik (PUTL) No. 5 tanggal 11 Maret 1960, dengan nama Perusahaan Negara Bangunan Widjaja Karja. 

Kegiatan usaha perusahaan ini pada awalnya hanyalah pekerjaan instalasi listrik dan pipa air. Namun, pada awal dasawarsa 1960-an, WIKA turut berperan serta dalam proyek pembangunan Gelanggang Olahraga Bung Karno dalam rangka penyelenggaraan Games of the New Emerging Forces (GANEFO) dan Asian Games ke-4 di Jakarta.

Seiring berjalannya waktu dan semakin berkembangnya Perseroan semakin tinggi pula tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kemampuan Perseroan. Hal ini tercermin dari keberhasilan WIKA melakukan penawaran saham perdana (Initial Public Offering/IPO) pada tanggal 27 Oktober 2007 di Bursa Efek Indonesia (saat itu bernama Bursa Efek Jakarta).

Pada IPO tersebut, WIKA berhasil melepas 28,46% sahamnya ke publik, sehingga pemerintah Republik Indonesia memegang 68,42% saham, sedangkan sisanya dimiliki oleh masyarakat, termasuk karyawan, melalui Employee/Management Stock Option Program (E/MSOP), dan Employee Stock Allocation (ESA).


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait