Harga Saham LPPF Turun di Agustus, Bagaimana Bisa?

Agustus 2019 Jadi Bulan Kelabu untuk Saham LPPF, Bagaimana Bisa?

Harga saham LPPF milik Matahari Departement Store Tbk terus melemah hingga periode 20 Agustus 2019. Bahkan, para investor yang gemar meracik di lantai saham disarankan untuk tahan atau hold.  Tercatat pada 20 Agustus lalu, Matahari Department Store bersama dengan Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL), dan Adaro Energy Tbk (ADRO) berada di posisi tiga pertama daftar saham LQ45 dengan PER positif terkecil secara berurutan yaitu 3,9 kali, 3,91 kali, dan 4,93 kali. Tentunya, hal itu menjadi bulan kelabu untuk LPPF.

Selain itu, berdasarkan laporan keuangan, pendapatan bersih yang berhasil diraup perseroan di kuartal II-2019 naik 0,6% yoy menjadi Rp5,95 triliun.   Sayangnya, emiten juga mencatatkan kenaikan beban keuangan menjadi Rp 25,182 miliar atau sebanyak 61,31%. Dengan begitu, laba komprehensif yang dapat diatribusikan kepada perusahaan induk menjadi turun 13,43% menjadi Rp 1,61 triliun. 

Pertumbuhan Toko LPPF Meningkat?

Meskipun begitu, Analis Mirae Asset Sekuritas Christine Natasya mengungkapkan bahwa pertumbuhan penjualan toko yang sama (same store sales growth/SSSG) di sepanjang kuartal II-2019 cenderung positif dengan kenaikan 1,7%, dibandingkan kuartal I-2019 yang justru turun 1,7%.

LPPF juga menggunakan kasnya untuk membeli toko di Tasikmalaya sebagai investasi senilai Rp41 Miliar.  Perusahaan mengklaim bahwa investasi tersebut memiliki internal rate of return (IRR) sekitar 20%, dengan produktivitas penjualan yang lebih baik dibandingkan toko lainnya.

Informasi LPPF

PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) memiliki sejarah yang panjang dalam dunia ritel Indonesia. Memulai perjalanan pada tanggal 24 Oktober 1958 dengan membuka gerai pertamanya berupa toko fashion anak-anak di daerah Pasar Baru Jakarta. 

Matahari terus berkembang dengan membuka department store modern pertamanya di Indonesia pada tahun 1972. Sejak itu Matahari menjadikan dirinya sebagai merek asli nasional.

Dengan perjalanan usaha yang telah dibangun selama 60 tahun, Matahari senantiasa menyediakan pilihan fashion dengan tren terkini untuk kategori pakaian dan mode, serta produk-produk kecantikan dan barang-barang keperluan rumah tangga lainnya yang ditampilkan dalam gerai modern serta Matahari.com. 

Matahari sangat bangga atas dukungannya terhadap perekonomian Indonesia dengan mempekerjakan lebih dari 40.000 karyawan dan berpartner dengan sekitar 850 pemasok lokal serta pemasok internasional.

Merek Matahari Terpilih Sebagai Merek Fashion Favorit

Merek-merek eksklusif Matahari berulangkali terpilih sebagai merek fashion favorit di Indonesia dan hanya dijual di gerai Matahari dan MatahariStore.com. Perseroan juga telah berulangkali meraih penghargaan baik nasional maupun internasional dalam segala aspek bisnisnya, yang menunjukkan reputasi baik Perseroan sebagai salah satu perusahaan yang dinamis, dan terpercaya. 

Penghargaan tersebut antara lain peringkat ketiga di antara peritel Indonesia dalam Top 500 Retail Asia Pacific (Retail Asia, Euromonitor, & KPMG); dan Brand Asia 2017 sebagai Top 3 Most Powerful Retail Brand in Indonesia (Nikkei BP Consulting, Inc).


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait