Saham

Suka Produk Indofood? Saatnya Naik Kelas Jadi Investornya

Mengenali Duo Saham Indofood, Saham INDF dan Saham ICBP

Ajaib.co.id – Beberapa waktu lalu jagad sosial media heboh karena selebritis dunia, Kylie Jenner mengunggah foto sedang makan mie instan dengan campuran telur. Netizen percaya jika makanan itu merupakan salah satu produk Indofood yakni varian rasa kari ayam. Produk makanan dari PT Indofood Sukses Makmur Tbk ini memang dicintai banyak kalangan baik di luar maupun dalam negeri. Segmen pasarnya juga amat luas mulai dari anak-anak, orang dewasa sampai orang tua.

Produk Indofood Jadi Favorit Masyarakat Indonesia

Hal ini tak lepas dari berbagai produknya yang diperlukan untuk berbagai aktivitas sehari-hari. Produk terpopuler misalnya produk Indomie yang sudah jadi jimat bagi semua anak indekos. Bahkan varian mie instannya sangat beragam mulai dari Pop Mie, Sakura, Supermi, dan Sarimi.

Ada pula snack seperti Chitato dengan cita rasanya yang khas seperti ayam panggang, minuman ringan seperti Ichi Ocha, Indofood kecap, tempung terigu, minyak kelapa sawit, bumbu racik, susu dan lain-lain. Selain itu, produk Indofood juga banyak digunakan dan pas untuk bahan baku makanan seperti Orchid Butter dan tepung Segitiga Biru untuk membuat kue dan Bimoli sebagai minyak goreng.

Sejumlah produk tersebut juga diproduksi oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk yang notabene merupakan anak perusahaannya. Bisa dikatakan berbagai produk dari duo perusahaan Indofood yang menjadi alasan perusahaan ini menjadi salah satu raksasa pengusaha indusri di dalam negeri.

Indofood Jadi Makanan Favorit Selebriti Dunia

Tak hanya itu, berbagai produknya juga telah mengalami ekspansi. Perusahaan ini mengekspor bahan makanannya hingga Australia, Asia, Afrika dan Eropa. Bukan hanya itu, Indofood diketahui juga memiliki pabrik di berbagai negara seperti Mesir, Serbia, dan Sudan untuk memproduksi komoditas andalannya. Tak heran konsumen produk Indofood sangat luas, hingga kalangan selebritis dunia juga menyukainya.

1. Cardi B

Sebelum Kylie Jenner, artis Hollywood yang diketahui juga menikmati Indomie ialah rapper Cardi B. Terbukti, ia mengunggah foto sedang makan mie instan dengan dilengkapi telur seperti yang kerap dinikmati masyarakat Indonesia. Postingan itu diunggah pada 22 Juni lalu dan sontak jadi perhatian netizen.

2. Bomi APink

Selebritas Korea termasuk yang sudah diketahui luas sebagai penikmat produk Indofood paling terkenal ini. Misalnya saja pentolan girl group APink, Bomi yang bahkan membuat video mukbang Indomie. Menurutnya, Indomie memang terasa asin, tapi juga sangat enak. Jadi bikin lahap makan pakai nasi.

3. Kyuhyun Super Junior

Vokalis ballad dari boyband Super Junior ini jelas merupakan penggemar berat Indomie. Bahkan sudah jadi rahasia umum jika produk Indofoof selalu masuk dalam daftar permintaannya setiap kali manggung di Indonesia. Ia juga diketahui pernah membawa satu kardus mi instan khas Indonesia ini saat pulang ke Korea.

4. Thunder MBLAQ

Anggota grup MBLAQ ini kenal Indomie saat harus syuting program di Bali yang menghabiskan waktu hingga sebulan. Selama proses syuting itu ia kemudian jatuh cinta dengan mie instan ini dan membawanya pulang ke Korea Selatan.

5. Sandara Park

Anggota dari super girlaband, 2NEI ini juga diketahui menyukai Indomie dari unggahannya di sosial media Twitter. Bertahun-tahun lalu, ia posting foto sedang makan Indomie goreng malam-malam. Hal ini kemudian jadi kebiasaannya menyantap mie instan produk Indofood ini.

Suka Produk Indofood, Tertarik Jadi Investornya?

Indofood merupakan salah satu perusahaan bonafide yang sudah sejak lama bergabung dalam Bursa Efek Indonesia (BEI). Bahkan emitennya terbukti menjadi salah satu favorit dari pelaku pasar untuk dimiliki karena nilai investasinya terbilang tinggi. Ada dua emiten Indofood yang tersedia di bursa saham yakni Saham INDF dan Saham ICBP.

Saham INDF dikeluarkan oleh perusahaan PT Indofood Sukses Makmur Tbk sedangkan saham ICBP merupakan kode untuk emiten dari anak perusahaannya yakni PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Kedua saham Indofood tersebut direkomendasikan untuk dimiliki oleh para analis saham karena kinerja perusahaan yang bagus. 

Rekomendasi ini termasuk bagi investor pemula yang ingin mendapatkan pembagian dividen yang rutin. Bisa dikatakan jika saham INDF maupun saham ICBP merupakan emiten yang masuk dalam kategori saham Blue Chip di bursa saham Indonesia.

Kedua perusahaan ini merupakan pemain utama dalam sektor bisnis Food dan Beverage. Terbukti berbagai produknya yang hampir selalu ada di setiap rumah di Indonesia. Kebanyakan masyarakat Indonesia memilih untuk menggunakan produk perusahaan ini yang menjadi salah satu penunjang kinerja produksinya.

Namun, dari segi keuntungan dan pendapatan anak perusahaan yang memegang saham ICBP bisnisnya jauh lebih diunggulkan. Karena itu, harga saham produsen Indomie ini jauh lebih mahal dibandingkan harga saham induk perusahaannya.

Meski demikian, saham INDF lebih direkomendasikan karena valuasinya lebih terjangkau, berkisar Rp9.500. Selain itu, emiten ini juga rajin membagikan dividen bagi pemegang sahamnya, salah satu alasan kuat yang menghasilkan keuntunganmu buatmu kan.

Kemudian, kinerja perusahaan ini di tahun 2020 juga diprediksi akan terus cemerlang. Pasalnya, sejumlah produk perusahaan ini dinilai defensif alias mampu bertahan meskipun kondisi ekonomi lesu. Pasalnya, produk tersebut merupakan kebutuhan masyarakat dan konsumennya terbilang sangat loyal.

Apa Beda Saham INDF dan Saham ICBP?

Ketika kamu mencari tahu soal saham Indofood, mungkin kamu akan mendapatkan informasi bahwa ada dua jenis saham yang tersedia yakni Saham INDF dan Saham ICBP.

Saham INDF ditopang oleh lini bisnis yang bergerak di bidang agribisnis (CPO), konsumsi (ICBP), dan pengemasan, perkapalan serta distribusi. Sejumlah produknya juga menjadi pilihan sebagian besar masyarakat Indonesia. Misalnya saja minyak goreng Bimoli, Palmia, dan margarin Royal Palmia. Selain itu, ada pula bumbu dapur, makanan bayi dan banyak lagi jenis lainnya.

Sementara Saham ICBP merupakan kode dari PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk yang memproduksi berbagai macam makanan olahan seperti makanan ringan, bumbu makanan, makanan cepat saji, susu, biskuit, pasta, dan masih banyak lagi. Yang kamu pasti pernah mengonsumsi adalah mie instan berupa Indomie yang sudah menjadi makanan favorit banyak orang.

Mie instan dinilai berbagai pihak paling banyak membawa keuntungan pada ICBP karena mi instan milik perusahaan yang mengeluarkan saham ICBP ini sudah dijual hingga ke luar negeri. Kontribusi mie instan pada perusahaan menghasilkan pendapatan sebesar 63,1 % dari total pendapatan perusahaan seluruhnya di tahun 2018 kemarin.

Jika menilik dari sejarah kelahiran sahamnya, duo saham Indofood ini punya perbedaan usia yang cukup jauh. Saham INDF pertama kali ditawarkan kepada publik pada tahun 1994. Harga nilai per sahamnya Rp1.000 dan ditawarkan dengan harga Rp6.200.

PT Indofood Sukses Makmur Tbk pernah mengalami masa keemasan di awal tahun 90-an, tapi mengalami kejatuhan di titik terendah ketika krisis moneter melanda Indonesia. Namun, berhasil bangkit lagi hingga sekarang.

Saham Indofood lainnya adalah saham ICBP yang ditawarkan ke publik pertama kali pada tanggal 24 September 2010 dengan nilai harga Rp100, dan ditawarkan kepada publik sebesar Rp5.395 per saham. Umur sahamnya memang jauh lebih muda dibandingkan saham INDF, tapi harganya berhasil melesat naik di atas Rp10.000 dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun.

Saham INDF Lebih Direkomendasikan Para Pakar

Saham INDF lebih direkomendasikan oleh banyak pihak untuk dimiliki terlebih bagi investor pemula dan retail. Pasalnya, induk perusahaan ini disokong oleh berbagai perusahaan dengan sektor yang berbeda. Ketika kinerja sektor agribisnis sedang lesu, maka hal itu akan memengaruhi harga saham INDF secara keseluruhan dan besar kemungkinan terjadinya penurunan harga saham.

Namun hal ini bisa ditanggulangi oleh sektor lainnya yang mendongkrak kinerja perusahaan. Sementara itu kinerja bisnis saham Indofood yang paling stabil adalah ICBP yang menangani produksi mi instan terbesar se-Indonesia. Hanya saja memang harga sahamnya cukup mahal sehingga investor harus mengeluarkan dana yang tak sedikit.

Namun, meskipun seperti itu, kedua saham perusahaan dari Salim Group ini disarankan untuk dimiliki karena punya prospek bagus. Hanya saja untuk memilih mana satu yang akan dimiliki duluan, tentunya kembali pada pertimbangkan investasimu sendiri. Jadi, Saham INDF atau saham ICBP? Apapun saham yang kamu pilih, beli saham tersebut secara mudah, kapan dan di mana saja lewat Ajaib!

Artikel Terkait