Saham

Saham WIKA: Sejarah dan Pertumbuhannya di Indonesia

saham wika

Ajaib.co.id –Bagi kamu yang ingin mengenal lebih jauh saham WIKA, ada baiknya kamu menyimak ulasan berikut ini. Pasalnya, redaksi Ajaib akan menjabarkan lengkap mengenai saham WIKA beserta sejarah dan pertumbuhannya di Indonesia. Disimak ya!

Banyak ketakutan dalam memulai investasi. Apakah akan mengalami kerugian? Apakah instrumen investasi yang dipilih tepat? Mana yang baik antara instrumen dengan keuntungan tinggi risiko tinggi atau keuntungan sedikit risiko rendah? Sebenarnya, tidak ada jawaban yang pasti untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Satu hal yang pasti harus dilakukan dalam memulai investasi adalah belajar mengetahui seluk beluk mengenai investasi itu sendiri. Mulai dari instrumen yang ada, isu terkini, hingga cara mulai berinvestasi. Dengan semakin banyaknya cara investasi yang ada, kaum milenial seperti kamu biasanya akan semakin kritis. Seperti adanya pilihan cara investasi online dan offline, apa kekurangan dan kelebihan keduanya? Mengapa kamu harus investasi online atau mengapa kamu harus investasi offline?

Jika kamu telah mengetahui jawabannya dan memilih untuk melakukan investasi online, setidaknya kamu harus mengetahui cara membeli dan menjual saham pada aplikasi online. Berikut penjelasannya:

Cara Membeli Saham Online

  1. Tentukan saham yang ingin dibeli dan ingat kodenya.
  2. Pada saat melakukan pembelian saham, kamu akan diminta untuk menentukan di harga berapa kamu akan membeli saham tersebut. Dalam aplikasi akan tertera harga penawaran (bid) dan harga penjualan (offer).
  3. Setelah transaksi berhasil, kamu bisa langsung cek bagian portofolio yang tertera pada aplikasi. Akan terlihat semua catatan transaksi yang telah kamu lakukan, termasuk jumlah lembar saham dan nilai investasi saham.

Cara Menjual Saham Online

  1. Pilih saham yang ingin kamu jual. Tentukan harga jual dan jumlah lembar saham yang akan kamu jual.
  2. Penentuan harga jual akan menentukan seberapa cepat transaksi bisa dilakukan. Jika kamu ingin menjual saham dengan cepat, kamu bisa pasang harga beli terendah yang berlaku di pasar saat itu. Namun jika kamu menginginkan hasil penjualan yang lebih besar, maka kamu bisa pasang di harga jual yang lebih tinggi. Namun konsekuensinya, bisa jadi tidak ada yang membeli sahammu karena harga yang kamu pasang terlalu tinggi dan jauh dari harga pasar saat itu.

Setelah mengetahui cara transaksi saham pada aplikasi online, kini kamu bisa mulai untuk mempelajari saham mana yang ingin kamu beli. Kamu perlu melakukan riset untuk mengetahui kode saham mana yang memiliki potensi besar untuk memberikan kamu keuntungan. Ada banyak kode saham yang tersedia di pasar, salah satunya adalah WIKA.

Saham WIKA

WIKA adalah kode saham untuk PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang bergerak dalam penyediaan jasa konstruksi dan berbasis di Indonesia. Bisnisnya diklasifikasikan ke dalam lima segmen; konstruksi, real estate, pertambangan, industri mesin, dan listrik. Segmen konstruksinya terdiri dari konstruksi sipil, termasuk jalan, bandar udara, jembatan, pelabuhan dan bendungan, serta konstruksi bangunan, termasuk perniagaan dan bangunan perumahan. Segmen konstruksinya terdiri dari produksi beton pracetak industri dan pabrikasi baja. Segmen real estate mencakup pengembangan bangunan perumahan dan bangunan komersial, pengelolaan properti, dan penyediaan jasa konstruksi. Segmen pertambangannya dijalankan melalui PT Sarana Karya, yang bergerak dalam pertambangan aspal di Pulau Buton, Indonesia. Segmen mesin dan listrik terdiri dari dua unit bisnis; energi, yang terdiri dari penyediaan jasa rekayasa, pengadaan, dan konstruksi (engineering, procurement and construction/EPC) serta investasi pada pembangkit listrik serta pabrik industri.

Memang sangat banyak bidang yang dikelola oleh perusahaan satu ini. Dalam pasar saham pun WIKA masuk ke dalam kategori Industri Konstruksi dan Engineering, Pengelolaan dan Penyewaan Gedung/Kawasan Niaga Terpadu, Industri Pendukung Konstruksi Bangunan Gedung, Jasa Pemborongan, Perdagangan dan Pemeliharaan Peralatan serta Material Konstruksi, Investasi, Realti dan Properti, Penyediaan Ruang (Space Provider) dan Pembangunan serta Pengembangan Kawasan (City Builder).

Sejarah WIKA

Perusahaan dengan kode WIKA ini adalah salah satu perusahaan BUMN konstruksi di Indonesia. WIKA merupakan hasil dari nasionalisasi perusahaan Belanda, yaitu Naamloze Vennotschap Technische Handel Maatschappij en Bouwbedijf Vis en Co atau NV Vis en Co. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 2 Tahun 1960 dan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik (PUTL) No. 5 tanggal 11 Maret 1960, WIKA akhirnya lahir dengan nama “Perusahaan Negara Bangunan Widjaja Karja”. Memulai perjalanannya dengan menjadi sub-kontraktor, pada akhir 1960-an WIKA pun berkembang menjadi pemborong pemasangan jaringan listrik tegangan rendah, menengah, dan tinggi. Pada awal 1970, WIKA memperluas usahanya menjadi perusahaan kontraktor sipil dan bangunan perumahan.

WIKA memasuki babak baru pada 20 Desember 1972. Melalui Akta No. 110, perusahaan berubah status menjadi Perseroan Terbatas Wijaya Karya (Persero). WIKA pun terus berevolusi dan akhirnya menjadi perusahaan infrastruktur yang terintegrasi melalui pengembangan sejumlah anak perusahaan, diantaranya WIKA Beton, WIKA Intrade, dan WIKA Realty.

Pertumbuhan WIKA sebagai perusahaan infrastruktur terintegrasi yang kuat semakin mendapatkan pengakuan dari berbagai pihak. Perusahaan sukses melaksanakan penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) sebanyak 35% kepada publik pada 29 Oktober 2007. Setelah IPO, pemerintah Republik Indonesia memegang saham WIKA sebesar 68,4%, sementara sisanya dimiliki oleh masyarakat, termasuk karyawan. Hingga saat ini, WIKA memiliki 6 Strategic Business Unit (SBU) yang meliputi konstruksi sipil dan bangunan gedung, mekanikal elektrikal, industri beton pra cetak, real estate, serta Industri lainnya yang ke depannya akan semakin terintegrasi menjadi perusahaan Engineering Procurement Construction (EPC) dan investasi.

Setelah memahami saham WIKA, kini kamu bisa mencari informasi mengenai saham lainnya sehingga kamu dapat memutuskan untuk menanam saham di mana. Jangan lupa, cari tahu juga kelebihan instrumen investasi lainnya, seperti emas atau properti. Tidak hanya saham, instrumen investasi tersebut juga populer di kalangan kaum milenial. Siapa tahu kamu juga tertarik untuk berinvestasi di sana. Selamat belajar!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Artikel Terkait