Cara-cara untuk Membuat Diri Kamu Memulai Berinvestasi

memulai berinvestasi
memulai berinvestasi

Belum memiliki keinginan untuk memulai berinvestasi? Berikut cara-cara untuk membuat kamu agar ingin memulai berinvestasi sekarang juga.

Kemauan keras untuk membuat diri kamu memulai berinvestasi dari sekarang bukan hanya dipengaruhi oleh orang-orang di sekitarmu saja. Mengapa? Karena keinginan untuk berinvestasi sebenarnya berasal dari diri sendiri, saat ini kamu bisa memanfaatkan media atau internet untuk mencari tahu tentang artikel-artikel investasi sebanyak mungkin bisa menjadi suatu hal yang bermanfaatnya untuk menimbulkan rasa ketertarikan kamu terhadap dunia investasi, dan mengetahui seberapa penting investasi untuk hidup kamu nantinya.

Salah satu alasan yang menghambat banyak orang untuk berinvestasi yakni kurangnya pengetahuan dalam berinvestasi alias takut berinvestasi. Karena, mereka menganggap bahwa investasi itu butuh waktu yang lama dan panjang sehingga menimbulkan rasa takut jika sewaktu-waktu uang yang diinvestasikan tersebut akan lenyap begitu saja.

Walaupun sebenarnya, pemilihan jangka waktu dalam berinvestasi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan finansialmu. Sebab, investasi merupakan keputusan finansial yang diambil berdasarkan atau sesuai dengan tujuan finansialmu nantinya.

Jadi, jika ada persepsi bahwa investasi itu harus selalu dalam kurun waktu jangka panjang, hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena kamu juga harus melihat tujuan finansial apa yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu misalnya 1-3 tahun, 3-5 tahun, hingga lebih dari 10 tahun. Semua itu disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan finansialmu. Selain itu, pemilihan jenis intrumen investasi yang ingin diinvestasikan juga perlu kamu perhatikan sesuai dengan jangka waktu dan tujuan finansial.

Nah berikut cara-cara untuk membuat diri kamu ingin memulai berinvestasi dari sekarang:

Membaca Buku atau Referensi Mengenai Investasi

Salah satu cara untuk membuat diri kamu ingin berinvestasi adalah dengan cara membaca buku “Rich Dad, Poor Dad” karya Robert Kiyosaki ataupun artikel tentang bagaimana cara memulai investasi. Jika kamu orang yang tidak suka membaca buku, kamu bisa memilih untuk mencari referensi atau artikel dari internet mengenai dunia investasi seperti pada website Investopedia.

Di mana, di website tersebut banyak sekali kumpulan artikel-artikel atau publikasi yang membahas mengenai dunia investasi serta produk investasi apa saja yang bisa kamu pertimbangkan secara mendalam. Selain melalui publikasi baik itu buku dan artikel di internet, jika kamu merasa bosan dengan melihat sekumpulan teks saja saat mempelajari seluk-beluk investasi, kamu bisa juga melihat informasi tentang investasi dalam bentuk video yang tersedia secara gratis di Youtube. Intinya, disesuaikan saja dengan teknik pembelajaran yang dianggap cocok dengan kamu.

Berpikir Masa Depan

Investasi memang identik dengan suatu pemikiran tentang besaran biaya hidup yang perlu ditanggung oleh kamu setelah pensiun kerja nanti. Mungkin saat ini, hal ini masih belum terpikirkan oleh kamu. Tetapi bagaimana jika kamu tidak berinvestasi untuk hari tuamu nanti? Apakah kamu yakin bahwa dana pensiunmu tersebut sanggup untuk mencukupi biaya hidupmu hingga 20 tahun kedepan sejak kamu pensiun? Ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan kepada anak-anak muda saat ini yang masih memiliki waktu sekitar 20-30 tahun kedepan untuk mempersiapkan hari tuanya nanti.

Bila kamu saat ini sudah memikirkan masa depanmu kelak, keinginan untuk berinvestasi pasti akan bergejolak di dalam dirimu dan akan segera mengambil keputusan investasi. Jadi, walaupun usia kamu saat ini masih tergolong muda, jangan takut untuk berpikir tentang masa depanmu nanti. Karena, pada dasarnya setiap invidu atau pribadi ingin mengubah hidupnya untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Fokus Pada Tujuan

 Untuk mencapai tujuan finansialmu yang besar di masa depan, kamu juga perlu memiliki komitmen yang kuat dan berfokus pada tujuanmu. Pernahkah kamu melihat pengorbanan orang tuamu hingga banting tulang bekerja keras hanya untuk melihat anaknya bisa sukses di kemudian hari? Itulah tujuan dan komitmen dari seorang Ibu dan Bapak yang rela kesusahan agar anaknya bisa bekerja di perusahaan besar suatu hari nanti.

Hal ini sama dengan kamu yang ingin berinvestasi mulai sekarang, yang mana jika kamu tidak memiliki pengorbanan atau tujuan mengapa kamu berinvestasi, hal ini tidak akan pernah mendorong kamu untuk segera mulai berinvestasi. Mengapa?

Karena, kamu tidak memiliki rencana jangka panjang yang ingin dicapai ketika kamu susah payah berinvestasi, yang mana kamu pasti lebih memilih untuk menghabiskan uangmu dengan hal-hal yang konsumtif. Jadi, memiliki komitmen dan fokus pada tujuan merupakan cara untuk membuat atau mendorong diri kamu untuk berinvestasi mulai dari sekarang.

Coba-coba Dulu dengan Investasi Bermodal Kecil

Pernahkah kamu mendengar istilah learning by doing? Jika pernah pasti kamu sudah familiar bukan dengan istilah ini. Di mana, kamu belajar sambil mengerjakan suatu pekerjaan.

Bila kamu merupakan sosok yang gemar melakukan hal tersebut, kamu juga bisa memulai investasi dari nominal kecil terlebih dahulu melalui reksa dana online bersama Ajaib.

Bermodalkan hanya Rp10 ribu saja, kamu sudah bisa memulai investasi reksa danamu di Ajaib. Hal ini bisa dijadikan pengalaman atau pelajaran berharga bagi kamu untuk mengetahui seluk-beluk dalam dunia investasi. Jika sudah merasa tertarik kamu bisa terus berinvestasi reksa dana melalui Ajaib secara rutin setiap bulannya untuk mendapatkan keuntungan atau hasil investaasi yang lebih maksimal.

Hal ini dikarenakan, platform investasi reksa dana Ajaib dengan sangat bangga ingin membantu para kaum milenial yang ingin memulai investasi pertamanya dan ingin belajar mengenai dunia investasi secara mendalam. Bukan hal yang mustahil, pengalaman pertamamu saat terjun berinvestasi di reksa dana mampu menginspirasi banyak orang khususnya anak muda di luar sana yang belum memulai investasi dari sekarang.

Itulah cara-cara untuk membuat diri kamu ingin berinvestasi dari sekarang! Ketika referensi pengetahuan tentang investasi saat ini sudah mudah diakses dan juga penawaran modal awal investasi yang tergolong kecil sudah tersedia. Apakah kamu masih belum memiliki keinginan untuk berinvestasi mulai dari sekarang?

Bacaan menarik lainnya:

Fahmi, I., & Hadi, Y. L. (2009). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Bandung: Alfabeta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait