Pengertian dan Perbedan Misi Visi Adalah Sebagai Berikut

visi adalah
visi adalah

Misi dan Visi adalah dua hal yang sering kita dengar dalam sebuah organisasi. Padahal, visi dan misi tidak hanya diterapkan dalam organisasi saja. Pada dasarnya, setiap individu juga pastinya memiliki visi dan misi masing-masing dalam menjalani kehidupan.

Namun demikian, visi dan misi memang lebih sering didapati dipaparkan secara gamblang pada sebuah perusahaan atau lembaga.

Hingga saat ini, masih banyak orang yang bingung membedakan antara visi dan misi. Oleh karena itu, berikut ini kita akan membahas mengenai pengertian serta perbedaan keduanya.

Pengertian Visi

Visi adalah sebuah pandangan jauh ke depan yang bisa juga diartikan sebagai tujuan di masa depan. Dalam visi terdapat langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuannya tersebut. Visi tidak dapat dipaparkan dengan terperinci karena situasi di masa yang akan datang sulit diprediksi dalam jangka waktu yang panjang.

Berikut ini beberapa persyaratan yang terdapat dalam sebuah visi:

  • Harus merupakan sebuah pernyataan yang berorientasi ke depan, jangka panjang dan
  • Tidak dibuat hanya berdasarkan kondisi saat ini
  • Mengekspresikan kreativitas
  • Berdasarkan pada value yang mengandung penghargaan bagi masyrakat
  • Dapat dibayangkan dan dicapai

Pengertian Misi

Misi adalah suatu pernyataan yang berisi mengenai apa yang harus dikerjakan oleh perusahaan untuk mewujudkan sebuah visi. Bisa diartikan juga sebagai sebuah tujuan dan alasan-alasan terciptanya sebuah perusahaan. Misi juga merupakan alasan atas usaha dan tindakan-tindakan yang dilakukan perusahaan.

Dengan demikian, misi harus bisa memberikan arah, sekaligus menjadi batasan-batasan dalam proses untuk mencapai tujuan. Misi juga harus menjadi acuan dalam melaksanakan tugas dan mengambil keputusan sehari-hari.

Perbedaan Visi dan Misi

Dari paparan pengertian visi dan misi di atas, maka bisa dilihat bahwa misi dan visi adalah dua hal yang berbeda. Perbedaan keduanya dapat dijelaskan sebagai berikut :

Visi adalah gambaran masa depan, mau jadi apa perusahaan di masa yang akan datang. Visi merupakan apa yang kita percayai akan kita tuju di masa depan. Sehingga visi akan menentukan tujuan dan cita-cita yang ingin dicapai.

Sementara misi menjabarkan apa saja yang dapat dilakukan untuk mencapai visi, dalam artian langkah, cara atau strategi yang lebih kongkrit untuk mencapai visi. Misi merupakan apa yang yang kita percayai dapat kita lakukan.

Dengan demikian, dapat dipahami misi merupakan langkah-langkah untuk mencapai visi. Ada kalanya, misi akan mengalami perubahan seiring kondisi dan situasi untuk mencapai sebuah visi. Khususnya berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang.

Lain halnya dengan visi yang sudah ajeg, konsisten, tidak berubah sejak awalnya didirikan sebuah perusahaan atau lembaga. Perubahan visi bisa jadi perombakan besar-besaran dalam sebuah struktur dan cara kerja sebuah lembaga.

Sebuah lembaga non profit, maka akan memiliki visi yang sangat jauh berbeda dengan perusahaan komersial. Apabila suatu saat lembaga tersebut berganti haluan menjadi lembaga komersil, maka perubahan visi adalah hal yang pertama kali harus dilakukan perusahaan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait