Dunia Kerja

Pengertian dan Perbedan Misi Visi Adalah Sebagai Berikut

visi adalah

Ajaib.co.id – Misi dan Visi adalah dua hal yang sering kita dengar dalam sebuah organisasi. Padahal, visi dan misi tidak hanya diterapkan dalam organisasi saja. Pada dasarnya, setiap individu juga pastinya memiliki visi dan misi masing-masing dalam menjalani kehidupan.

Namun demikian, visi dan misi memang lebih sering didapati dipaparkan secara gamblang pada sebuah perusahaan atau lembaga.

Hingga saat ini, masih banyak orang yang bingung membedakan antara visi dan misi. Oleh karena itu, berikut ini kita akan membahas mengenai pengertian serta perbedaan keduanya.

Apa itu Visi dan Misi Organisasi?

Visi adalah sebuah pandangan jauh ke depan yang bisa juga diartikan sebagai tujuan di masa depan. Dalam visi terdapat langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuannya tersebut. Visi tidak dapat dipaparkan dengan terperinci karena situasi di masa yang akan datang sulit diprediksi dalam jangka waktu yang panjang.

Berikut ini beberapa persyaratan yang terdapat dalam sebuah visi:

a. Harus merupakan sebuah pernyataan yang berorientasi ke depan dan jangka panjang

b. Tidak dibuat hanya berdasarkan kondisi saat ini

c. Mengekspresikan kreativitas

d. Berdasarkan pada value yang mengandung penghargaan bagi masyarakat

e. Dapat dibayangkan dan dicapai

Sedangkan, misi adalah suatu pernyataan yang berisi mengenai apa yang harus dikerjakan oleh perusahaan untuk mewujudkan sebuah visi. Bisa diartikan juga sebagai sebuah tujuan dan alasan-alasan terciptanya sebuah perusahaan. Misi juga merupakan alasan atas usaha dan tindakan-tindakan yang dilakukan perusahaan.

Dengan demikian, misi harus bisa memberikan arah, sekaligus menjadi batasan-batasan dalam proses untuk mencapai tujuan. Misi juga harus menjadi acuan dalam melaksanakan tugas dan mengambil keputusan sehari-hari.

Perbedaan Visi dan Misi

Dari paparan pengertian visi dan misi di atas, maka bisa dilihat bahwa misi dan visi adalah dua hal yang berbeda. Perbedaan keduanya dapat dijelaskan sebagai berikut :

Visi adalah gambaran masa depan, sedangkan misi adalah strategi untuk mencapai visi tersebut. Visi dibuat menjadi tujuan perusahaan di masa yang akan datang. Visi merupakan apa yang kita percayai akan kita tuju di masa depan. Sehingga visi akan menentukan tujuan dan cita-cita yang ingin dicapai.

Sementara misi menjabarkan apa saja yang dapat dilakukan untuk mencapai visi, dalam artian langkah, cara atau strategi yang lebih kongkrit untuk mencapai visi. Misi merupakan apa yang yang kita percayai dapat kita lakukan dan menjadi tujuan jangka pendek.

Dengan demikian, dapat dipahami misi merupakan langkah-langkah untuk mencapai visi. Ada kalanya, misi akan mengalami perubahan seiring kondisi dan situasi untuk mencapai sebuah visi. Khususnya berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang.

Lain halnya dengan visi yang sudah ajeg, konsisten, tidak berubah sejak awalnya didirikan sebuah perusahaan atau lembaga. Perubahan visi bisa jadi perombakan besar-besaran dalam sebuah struktur dan cara kerja sebuah lembaga.

Sebuah lembaga non profit, maka akan memiliki visi yang sangat jauh berbeda dengan perusahaan komersial. Apabila suatu saat lembaga tersebut berganti haluan menjadi lembaga komersil, maka perubahan visi adalah hal yang pertama kali harus dilakukan perusahaan.

Tujuan Visi dan Misi

Dalam membuat sebuah perusahaan, sebuah organisasi diharuskan membuat visi dan misi sebagai salah satu tujuan perusahaan di masa depan. Di bawah ini adalah beberapa tujuan visi dan misi dibuat baik untuk internal maupun eksternal perusahaan.

1. Tujuan Internal Visi dan Misi

  • Membimbing pemikiran menajemen pada isu strategis, terutama pada perubahan signifikan.
  • Mempermudah perusahaan dalam menentukan standar kinerja perusahaan.
  • Menginspirasi karyawan untuk bekerja lebih produktif dengan memberikan fokus dan tujuan umum perusahaan.
  • Panduan pengambilan keputusan oleh karyawan.
  • Membantu membentuk kerangka kerja untuk perilaku etis.

2. Tujuan Eksternal Visi dan Misi

  • Mintalah dukungan eksternal
  • Menciptakan hubungan lebih dekat dan komunikasi yang lebih baik dengan pelanggan, supplier, ataupun rekan kerja lainnya.
  • Berfungsi sebagai alat hubungan masyarakat.

Contoh Visi dan Misi

Nah, bagi kamu yang masih belum bisa membuat visi dan misi sebagai salah satu tujuan organisasi. Di bawah ini Ajaib akan memberikan beberapa contoh visi dan misi.

1. Contoh Visi

  • Menjadikan perusahaan sebagai salah satu perusahaan terbaik di industrinya.

2. Contoh Misi

  • Meningkatkan pendapatan perusahaan dengan menambah produksi.
  • Meningkatkan layanan dan produk yang dipasarkan perusahaan.
  • Meningkatkan minat pelanggan untuk mencoba seluruh produk yang dipasarkan.
  • Menumbuhkan kesadaran bahwa produk yang dimiliki perusahaan memiliki kualitas terbaik.

Manfaat Visi dan Misi

Nah, pasti kamu sering bertanya-tanya bukan kenapa harus membuat visi misi? Tidak dapat dipungkiri bahwa visi dan misi perusahaan memiliki peran penting. Berikut ini adalah beberapa manfaat visi dan misi dalam organisasi maupun perusahaan.

1. Manfaat Visi

Dengan memiliki visi yang kuat, ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan seperti:

  • Menjembatani kondisi perusahaan saat ini dan di masa depan
  • Meningkatkan standar kerja yang lebih baik
  • Menumbuhkan rasa memiliki terhadap organisasi dan perusahaan
  • Menumbuhkan dan meningkatkan tanggung jawab dan etos kerja karyawan

2. Manfaat Misi

  • Menentukan tujuan dasar sebuah perusahaan
  • Menciptakan kondisi organisasi yang sehat
  • Menjadi pedoman dalam membuat rencana bisnis
  • Membantu perusahaan untuk mengidentifikasi tujuan organisasi
  • Memacu organisasi untuk berinovasi untuk menghadapi persaingan
  • Membantu individu maupun organisasi dalam mengambil keputusan yang sesuai visi organisasi
  • Memberikan dan menterjemahkan tujuan dasar organisasi sehingga parameter waktu, biaya, dan kinerja dapat dikontrol dan dievaluasi

Itulah beberapa hal tentang visi dan misi yang perlu kamu ketahui. Jadi, bagi kamu yang memiliki perusahaan atau organisasi, pastikan kamu membuat dan memiliki visi dan misi yang kuat ya!

Pastikan kamu memiliki visi yang besar dan luas. Sehingga, kamu bisa termotivasi dalam mengembangkan dan menjalankan bisnis. Selain sebagai motivasi, dengan adanya visi dan misi, kamu juga bisa lebih fokus dalam menjalankan suatu bisnis maupun organisasi. Jadi, mulai buat visi misimu mulai sekarang!

Artikel Terkait