Ajaib.co.id – Setelah memiliki nama yang bermakna, selanjutnya sebuah brand perlu menempuh proses bikin logo. Mengapa? Karena brand ibarat seorang manusia, punya nama, punya sifat, dan tentunya punya wajah. Peran logo bagi brand sama dengan peran wajah bagi manusia, yaitu sebagai identitas visual. Logo sebuah brand secara visual akan mengisyaratkan prinsip dan nilai yang dimiliki brand tersebut, dengan menggunakan prinsip dan teknik desain komunikasi visual.
Jenis-Jenis Logo
- Logotype: logo yang memakai wordmark (pengolahan kata/nama dengan typography).
- Logogram: logo yang menggunakan ikon bentuk atau inisial
- Mixed: gabungan komplit antara kedua jenis di atas.
Aspek Pertimbangan Dalam Proses Bikin Logo
Menurut David E. Carter terdapat beberapa aspek yang harus dipertimbangkan ketika kamu ingin membuat sebuah logo bagi perusahaan.
a. Original dan unik – berciri khas, jelas berbeda dari logo lain.
b. Legible – mempunyai tingkat keterbacaan tinggi ketika diaplikasikan dalam bermacam ukuran.
c. Simple – mudah dan cepat dipahami.
d. Memorable – mudah teringat dalam periode yang panjang.
e. Easy associated with the company – langsung mengingatkan pada jenis usaha, produk atau jasanya.
f. Easily adabtable for all graphic media – Mudah diaplikasikan ke berbagai jenis media tanpa mengalami kesulitan fisik bentuk, warna maupun konfigurasi logo – Kusrianto, 2006: 234.
Aspek Elemen Desain
Sedangkan menurut Safanayong, terdapat beberapa aspek elemen desain yang harus diperhatikan dalam proses membuat logo misalnya:
a. Typography – pemilihan jenis huruf serif (berkait)/sans serif (tidak berkait) atau jenis huruf lain, untuk menegaskan karakter logo brand.
b. Warna – gunakan Teori Psikologi Warna untuk menentukan warna yang tepat bagi karakter logo brand. Perhatikan kepraktisan teknis pengaplikasiannya pada berbagai media.
c. Bentuk – gunakan Teori Garis & Bentuk untuk menentukan bentuk yang tepat bagi karakter logo brand.
d. Keseimbangan – keseimbangan “berat” desain logo brand dari berbagai sudut.
Obyektivitas vs Subyektivitas
Meskipun tersedia teori lengkap tentang cara bikin logo brand & korporasi, tetap saja ada 2 faktor penentu yang sulit dinetralkan, yaitu selera dan tren. Meskipun disiplin ilmu komunikasi visual tidak mendorong penggunaan selera pribadi atau tren sebagai satu-satunya parameter, nyatanya hal ini bisa sangat mendominasi pengambilan keputusan desain dalam proses bikin logo.
Metode Pengujian
a. Riset kuantitatif dan kualitatif
Riset adalah aspek paling penting dalam pembuatan logo untuk memperoleh penilaian yang obyektif. Riset memerlukan waktu yang panjang dan logistik yang banyak. Desainer harus memahami perspektif seluruh stake holder yang berkepentingan, termasuk si pemesan desain. Cari data akurat tentang perusahaan atau brand tersebut serta studi kasus yang relevan, sebelum mulai bikin logo.
b. Opini
Bukalah akses selebar-lebarnya bagi opini berbagai kalangan yang relevan untuk mempertajam ketepatan desain logo.
c. Usia hidup sebuah logo
Meskipun tingkat memorability (mudah teringat untuk periode yang panjang) menjadi salah satu aspek keunggulan dalam proses bikin logo – seperti layaknya wajah seorang manusia – ia pun akan mengalami perubahan fase hidup mulai dari muda – dewasa – menua.
Demi menjaga kekuatan eksistensinya, setelah 3-5 tahun, sebuah logo juga harus menempuh proses peremajaan atau face lift, tanpa mengubah karakter aslinya. Proses ini akan membuat sebuah logo brand atau korporasi tampak “segar kembali”, relevan dengan jamannya dantidak kalah bagus dari para kompetitornya. Dengan begitu, brand tersebut akan tetap terus terasa aspirasional oleh para konsumennya, hingga mereka tak bisa pindah ke lain hati!
Aplikasi Membuat Logo Perusahaan
Bagi kamu yang ingin membuat logo sendiri, kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi desain logo online di internet. Berikut Logo Maker untuk membuat logo secara online dan gratis yang bisa kamu manfaatkan.
1. Zyro Logo Maker
Tidak hanya menjadi salah satu tool terbaik untuk membuat logo online secara gratis, aplikasi ini jugasangat user-friendly dan mudah digunakan. Dengan tool ini, kamu tidak perlu menjadi web designer profesional untuk desain logo yang cantik. Kamu hanua perlu mengklik tombol Buat Logo dan kamu akan diarahkan ke halaman template. Situs ini juga memiliki pengaturan yang mudah dipahami dan ribuan ikon premade yang bisa kamu pilih.
Untuk membuat logo bisnis dengan tool ini sangat fleksibel karena kamu bisa memilih tampilan logo hanya dengan mengetikkan nama bentuk atau gambar yang diinginkan. Selain itu, kamu juga bisa mengatur posisi desain logo dengan mengklik empat ikon yang berderet di sebelah Layout. Setelah berhasil membuat logo yang diinginkan, kamu bisa langsung mendownload logo yang akan tersimpan dalam format PNG.
2. Visme
Dengan aplikasi ini, kamu bisa menemukan beberapa template logo yang siap dikustomisasikan sesuai kebutuhan desain logo kamu. Proses editing logo dengan tool ini juga sangat mudah, misalnya kamu bisa mengatur grafis, warna, font, dan lain-lain.
Opsi autosave yang dimiliki oleh aplikasi ini juga memberikan tambahan keamanan bagi proyek logo. Tersedia juga daftar riwayat yang menampilkan semua layer dan elemen yang bisa kamu gunakan untuk mendesain logo.
Meskipun biaya pendaftarannya gratis, untuk menggunakan fitur dan template premium, kamu harus berlangganan layanan dengan mengupgrade paket Basic ke Standard atau Complete.
Hanya dengan satu kali klik saja, kamu bisa melihat pratinjau, membagikan, atau mengunduh logo. Kamu juga bisa membagikan logo melalui Google atau dalam bentuk link (tautan). Apabila kamu belum siap memamerkan logo yang dibuat, kamu bisa membagikannya secara private dengan cara mengunduhnya dalam bentuk gambar berformat JPEG, PNG, atau PDF.
3. Canva
Canva memiliki beragam template profesional yang bisa kamu gunakan untuk berbagai macam proyek apapun mulai dari resume, postingan media sosial, kartu nama, hingga membuat logo.
Di Canva, kamu juga dapat membuat logo dengan mudah. Kamu bisa mengecek koleksi desain template mereka dan klik yang kamu suka. Setelah itu, edit desain sesuai keinginan dan ubah latar belakang, tambahkan teks, unggah gambar, dan lain-lain.
Untuk menggunakan tool gratis ini, kamu hanya perlu membuat akun terlebih dulu. Jika kamu merasa layanan yang ada di paket gratis sangatlah terbatas, maka kamu bisa berlangganan paket berbayar. Dengan paket tersebut, kamu bisa lebih leluasa dalam memilih layout dan juga elemen desain lainnya.
Desain logo secara otomatis akan tersimpan di akun kamu, dan kamu bisa mengaksesnya kembali di lain waktu. Setelah berhasil membuat logo, kamu bisa mendownload logo dalam format PNG, JPG, dan PDF.
Itulah beberapa hal penting terkait membuat logo bisnis. Jika dirasa tidak memiliki keahlian, kamu bisa meminta bantuan design grafis yang bisa menuangkan segala aspek bisnismu ke dalam sebuah logo. Karena logo termasuk jantung kehidupan bisnis, kamu tidak boleh sembarangan menentukannya!