Pengertian Konsep Bisnis yang Harus Dipahami Entrepreneur

pengertian konsep bisnis
pengertian konsep bisnis

Sebagai entrepreneur muda yang masih minim pengalaman dan pengetahuan perihal bagaimana cara memulai dan menjalankan bisnis agar nantinya bisa memperoleh cuan. Kamu disarankan perlu memahami pengertian konsep bisnis itu sendiri beserta konsep dasar dari fungsi bisnis.

Yang mana setidaknya ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan ketika memutuskan untuk terjun langsung sebagai entrepreneur muda, tak dipungkiri bahwa model atau konsep suatu bisnis menjadi fondasi utama atau perencanaan yang sangat penting untuk kelangsungan suatu bisnis.

Ajaib yakin pasti saat ini kamu memiliki banyak sekali ide-ide bisnis kreatif yang ingin ditularkan dalam bisnismu nanti, tetapi kamu masih bingung konsep apa yang sesuai dengan ide bisnis kamu seperti dari sisi pemasaran, lokasi dan berbagai hal lainnya.

Nah berikut ini Ajaib sudah menyiapkan informasi pengertian konsep bisnis yang dirasa bisa membantu kamu untuk menentukan konsep bisnis yang cocok untuk usahamu kedepannya.

Pengertian Konsep Pemasaran

Jika kita membicarakan bisnis, tentu saja aktivitas pemasaran tidak bisa lepas dari kelangsungan suatu bisnis. Mengapa? Hal ini akan menyangkut bagaimana bisnis kamu bisa menjadi lebih unggul dibanding dengan kompetitor lainnya.

Konsep pemasaran saat ini bisa dijalankan secara online dan offline bahkan menggabungkan keduanya atau disebut ritel omnichannel.

Omnichannel adalah suatu aktivitas pemasaran yang melibatkan lebih dari satu saluran pemasaran yang dijalankan seperti toko fisik, sosial media, SEO dll.

Konsep pemasaran adalah sebuah rangka dalam membangun bisnis seperti mengidentifikasi pelanggan, menganalisa pelanggan, hingga mengambil keputusan untuk memahami apa yang pasar inginkan.

Lokasi

Lokasi menjadi suatu hal penting untuk membuka suatu usaha, dimana lokasi yang strategis memang menjadi idaman bagi para pengusaha sehingga berpotensi ramai dikunjungi oleh pembeli.

Dan, jangan lupa untuk membuat lokasi digital dari bisnis kamu melalui Google Business. Hal ini berguna untuk mendapatkan feedback dari pelanggan serta mempermudah calon pembeli untuk mengunjungi tempat bisnis kamu tersebut.

Konsep Bisnis

Pengertian konsep bisnis secara sederhana dapat dirumuskan untuk dari siapa?, oleh siapa?, untuk siapa? Ini merupakan konsep bisnis yang perlu kamu rumuskan ke dalam bisnismu nantinya.

Jenis Konsep Bisnis:

  • Online to offline (O2O), konsep bisnis ini memungkinkan pelanggan kamu bisa membeli secara online dan mengembalikan secara offline. Bahkan sebaliknya.
  • Business to business (B2B), jika kamu menjual jasa/produk perusahaan ke perusahaan lainnya.
  • Business to Customer, kamu menjual jasa/produk milik perusahaan kepada pelanggan akhir.
  • Customer to Customer (C2C), bisnis kamu berkonsep jasa/produk yang kamu jual dan tawarkan dari pelanggan ke pelanggan lainnya.

Itulah pengertian konsep bisnis dan beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan dan pahami sebelum terjun dalam dunia bisnis. Dan, jangan lupa action itu lebih penting ketimbang kamu lebih banyak berbicara dan tidak ada kata terlambat untuk memulai bisnis kamu dari sekarang!

“Kepada pengusaha mana pun: jika ingin kamu ingin melakukannya, lakukanlah sekarang juga. Jika tidak, kamu akan menyesalinya,” – Pandangan Bisnis menurut Catherine Cook, co-founder MyYearbook.

Bacaan menarik lainnya:

Coulter, M. (2002). Strategic Management in Action.SecondEdition. New Jersey :Prentice-Hall


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait