Bisnis & Kerja Sampingan

Daftar Ide Bisnis Rumahan yang Menguntungkan

Daftar Ide Bisnis Rumahan yang Menjanjikan Untung Besar

Ajaib.co.id – Cari ide bisnis rumahan yang menguntungkan? Untuk mencari tambahan penghasilan, biasanya kamu akan memulai suatu bisnis yang mudah untuk dipantau dan dikerjakan. Salah satunya ialah bisnis rumahan. Saat ini, ide untuk memulai bisnis rumahan sangatlah beragam. Dengan beragamnya ide bisnis, terkadang ada yang menjalankan beberapa bisnis secara bersamaan. Apalagi, bisnis rumahan menjadi salah satu bisnis yang menggiurkan. Bahkan, ada beberapa yang menjadikan bisnis rumahan yang dijalaninya sebagai penghasilan utama. 

Tidak bisa dipungkiri, dalam menjalankan suatu bisnis pasti mengharapkan bisa meraih keuntungan yang menjanjikan. Berikut ini daftar beberapa ide bisnis rumahan yang menguntungkan dan bisa kamu lakukan.

Katering rumahan

Ini adalah bisnis rumahan yang menguntungkan dan paling mudah sepertinya. Saat kamu memiliki hobi memasak, tidak ada salahnya untuk membuka bisnis katering. Untuk memulainya, kamu tidak perlu memikirkan tempat untuk membuka bisnisnya. Karena kamu bisa mengerjakan bisnis tersebut di rumahmu sendiri.

Untuk pemasarannya, kamu dapat memanfaatkan media sosial dan beberapa platform yang menyediakan delivery order seperti GO-JEK atau Grab. Selain itu, kamu juga bisa menawarkan makanan-makanan yang kamu jual kepada teman atau tetanggamu.

Laundry kiloan

Jika lingkungan tempat tinggalmu banyak kos-kosan, tidak ada salahnya untuk memulai bisnis laundry kiloan. Biasanya, penghuni kos-kosan lebih mengandalkan untuk menggunakan jasa pencuci pakaian atau laundry

Terlebih jika penghuninya kebanyakan pekerja atau anak kuliahan. Pasti mereka enggan mencuci pakaian sendiri karena sudah capek bekerja dan kuliah. Dengan begitu, kamu bisa meraup keuntungan sesuai atau bahkan lebih dari ekspektasi.

Air isi ulang

Saat ini, sudah banyak orang yang lebih memilih mengonsumsi air isi ulang karena lebih praktis. Tidak hanya rumahan, di perkantoran juga dipastikan menggunakan air isi ulang atau air galon. Untuk memulainya, kamu bisa memanfaatkan garasi atau teras rumah yang tidak terpakai untuk memasang alat air isi ulangnya. Modal awal yang dibutuhkan ialah sekitar Rp15 juta-Rp30 juta rupiah.

Frozen food

Salah satu usaha kuliner selain katering ialah berjualan frozen food. Saat ini, frozen food bisa dikatakan menjadi pilihan banyak orang karena praktis dan memudahkan orang-orang yang tidak memiliki waktu untuk belanja. Jenis frozen food yang bisa kamu jual antara lain nugget, bakso, fish stick, sosis, tempura, salmon roll, dan sebagainya.

Jualan sayur dan buah

Bisnis rumahan yang bisa kamu jalankan selanjutnya ialah jualan sayur dan buah. Memang bisnis ini terlihat seperti usaha biasa. Bahkan bisa dianggap kurang menguntungkan. Namun, nyatanya usaha ini bisa memberi penghasilan hingga Rp2 juta per hari loh. Sangat menjanjikan bukan?

Jual nasi keliling

Nah bagi kamu yang hobi memasak dan ingin menjemput keuntungan. Kamu bisa mencoba peluang bisnis dengan menjual nasi keliling. Kamu bisa membuka stand di mana pun yang mempermudah pelanggan untuk menemukan bisnis tersebut. Misalnya di daerah yang macet dan sering dilewati banyak pengendara. Ada baiknya, kamu menjajakan bisnis ini di pagi hari, ketika pengguna jalan sedang ingin berangkat ke kantor ataupun kerja. Sehingga, peluang keuntungan bisnis kamu bisa lebih besar dibanding berjualan di satu tempat.

Les private

Kamu hobi belajar dan membaca? Mungkin kamu bisa menawarkan jasa les private ke orang yang membutuhkan. Siapa saja? Tentu banyak, apalagi orang tua yang menginginkan anaknya bisa mengejar keterlambatan pelajaran di sekolah atau ketika orang tua ingin memasukkan anaknya ke sekolah terbaik. Bukan hanya fleksibel dalam waktu, usaha sampingan ini juga tidak membutuhkan modal banyak dan cocok untuk kamu yang membutuhkan uang tambahan ataupun cocok untuk mahasiswa.

Membuat kerajinan tangan

Bagi kamu ibu rumah tangga yang ingin menjadi pengusaha sukses dan memiliki keterampilan lebih, kamu bisa mulai membuka peluang usaha rumahan seperti membuat kerajinan tangan. Bisnis ini merupakan salah satu bisnis yang sedang tren di berbagai kalangan. Bahkan ada beberapa bisnis kerajinan tangan yang sudah mendunia dan bisa memberikan keuntungan cukup besar.

Kos-Kosan

Bisnis ini menjadi salah satu bisnis yang paling menjanjikan dan paling dicari banyak orang, etrutam di daerah perkotaan ataupun di sekitar kampus. Meski modalnya cukup besar, namu bisnis ini bisa menjadi investasi jangka panjang yang tidak akan ada matinya. Meski begitu, kamu tetap bisa kembali modal hanya dalam waktu 1 tahun. Nah, bagi kamu yang memiliki rumah dengan kamar kosong, kamu bisa menggunakan kamar tersebut tanp harus membangun bangunan baru. Kamu juga bisa menawarkan jasa catering atau cuci bagi penghuni kos, sehingga keuntunganmu pun bisa berkali-kali lipat.

Bisnis online

Saat ini banyak orang yang memanfaatkan teknologi seperti ecommerce dan social media untuk memulai bisnis online. Apa saja sekarang bisa dijual melalui online, mulai dari baju, makanan ringan, pernak-pernik, elektronik, dan masih banyak lagi. Ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang bisa membantu kamu mendapatkan keuntungan besar.

Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper dan memasarkan bisnis secara online. Dengan menjadi dropshipper kamu tidak perlu menyimpan barang dan hanya perlu memasarkan bisnis, sedangkan dengan menjadi reseller kamu diharuskan membeli stok barang yang ingin kamu jual.

Bisnis makanan kekinian

Saat ini banyak makanan yang unik dan menjadi tren, misalnya saja bakso mercon dengan isi cabai rawit yang banyak, bakso isi keju, seblak, ceker hot, dan masih banyak lagi. Nah, ini juga menjadi salah satu peluang bisnis yang bisa kamu tiru dan lakukan. Kamu hanya perlu memerhatikan pasar dan cek bisnis makanan seperti apa yang sedang tren.

Namun, ketika kamu memilih bisnis ini pastikan makanan yang kamu jual tidak mudah dilupakan dan hilang di pasar. Jadikan bisnis kamu awet sepanjang masa dengan melakukan inovasi. Misalnya, ketika kamu memutuskan untuk menjual bakso, kamu harus terus berinovasi. Mungkin saat ini bakso rawit sedang tren, namun siapa tahu jenis bakso lain yang akan tren di kemudian hari. Kamu pun harus mengubah menu bakso tersebut atau menambahkan menu bakso yang kamu jual.

Es krim gelato

Banyak orang yang suka es krim, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga orang yang sudah tua. Nah, saat ini es krim gelatolah yang sedang tren di Indonesia. Es krim ini agak sedikit berbeda dengan es krim pada umumnya, di mana, gelato menjadi jenis es krim tersendiri yang dibuat dari susu, gula, kuning telur, dan air.

Gelato bersifat ‘home made’ dalam hal bahan bakunya. Beberapa juru masak menciptakan gelato dengan tambahan kacang, dan ada juga yang menghilangkan unsur kuning telur atau susu. Gelato diaduk dengan kecepatan pelan dan teksturnya lebih padat. Setelah itu dibekukun pada suhu yang lebih panas, sekitar minus 10 derajat celcius.

Jasa penitipan motor

Kamu pasti sering melihat bukan usaha jasa penitipan motor? Biasanya usaha ini sering ditemukan di sekitar mall, stasiun, perkantoran, dan tempat strategis lainnya. Nah, bagi kamu yang memiliki rumah di sekitar lokasi strategis tersebut, kamu bisa memanfaatkan lahan kosong di rumahmu untuk membantu pekerja mendapatkan lahan parkir dengan mudah. Biasanya, bisnis ini bisa menghasilkan banyak keuntungan. Anggap saja satu motor Rp5000 per hari, dan rumahmu bisa menampung 20 motor. Berapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dalam 1 bulan? Tentu cukup banyak bukan?

Jasa menjahit

Bagi kamu yang suka menjahit, kau bisa memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan penghaslan lebih. Namun, jika kamu tidak memiliki keterampilan ini, kamu bisa memulai kursus menjahit dalam beberapa bulan, dan jika dirasa sudah memiliki skill yang cukup, kamu bisa mulai membuka bisnis ini.

Untuk menjalankan bisnis ini, kamu hanya memerlukan mesin jahit dan keterampilan dalam jahit menjahit. Dengan menjalankan bisnis ini, kamu bisa mendapat keuntungan yang terus menerus, di mana, kebutuhan sandang pakaian terus meningkat setiap tahun, dan kamu bisa menerima jasa pembuatan seragam sekolah, gorden, pembuatan baju hamil, pembuatan baju adat, dan sebagainya. Jika kamu memahami desain pakaian, kamu bisa membuka butik sendiri dan mengembangkan ide-ide desain pakaian yang unik dan bagus untuk kamu jual dengan brand sendiri.

Toko Sembako

Usaha yang satu ini cocok bagi kamu para ibu rumah tangga yang menginginkan kegiatan di rumah tanpa terlalu menghabiskan banyak waktu. Anda bisa mulai membuka usaha toko sembako atau kelontong di rumah dengan menyediakan bahan pokok yang dibutuhkan rumah tangga. Untuk modalnya pun bermacam-macam dan bisa disesuaikan dengan barang apa saja yang ingin kamu beli, misalnya beras, minyak, telur, mie, makanan ringan, dan bumbu-bumbu masakan instan.

Setelah usaha mulai berkembang dan modal sudah kembali, kamu bisa melengkapi kebutuhan rumah tangga dan menjual jajanan dan minuman dingin untuk anak-anak sekitar. Usaha yang satu ini tidak akan pernah mati. Apalagi jika dalam satu kompleks rumah kamu belum ada yang membuka usaha ini.

Itulah beberapa bisnis rumahan yang menguntungkan dan bisa kamu lakukan di rumah. Sebenarnya, bisnis apapun yang kamu pilih pasti bisa menjanjikan dan menjadi peluang bisnis yang baik, asal kamu siap untuk menjalankannya dengan penuh kesabaran dan konsistensi. Jangan lupa untuk selalu berinovasi agar tidak kalah saing dan bisa menjaring pelanggan lebih banyak lagi. Selamat menjalankan usaha.

Setelah usahamu berjalan dengan lancar, kamu juga bisa mulai berinvestasi untuk mendapatkan tambahan keuntungan tanpa harus bekerja. Dengan investasi, uangmu yang akan bekerja dan memberi keuntungan bagimu. Coba investasi di Ajaib sekarang dan dapatkan keuntungan berlimpah.


Artikel Terkait