Ide Bisnis Kreatif Ini Bisa Jadi Uang Jajan Bagi Mahasiswa

Sebagai mahasiswa, tentu ada kalanya kamu merasa butuh uang pemasukan tambahan, baik itu untuk jajan, maupun untuk keperluan pokok. Untuk memenuhinya, kamu perlu putar otak demi mendapatkan ide bisnis kreatif yang bisa kamu coba. Ide bisnis kreatif akan sangat membantu menambah pemasukan loh, apalagi ketika kamu belum bisa memiliki pekerjaan tetap.

Nah, untuk itu, ada beberapa tips ide bisnis kreatif yang bisa kamu coba sebagai mahasiswa.

Menawarkan Jasa Penulisan

Tugas mahasiswa yang begitu menumpuk membuat kamu terlatih untuk menulis, bukan? Jika menulis memang merupakan kewajiban yang berkembang menjadi minat atau passion, tak ada salahnya untuk coba menawarkan jasa penulisan.

Jenis penulisan seperti apa sih yang bisa kamu tawarkan? Jawabannya ada banyak! Mulai dari penulisan artikel online, penulisan sosial media, ataupun media cetak. Biasanya, kamu akan diminta mengirimkan portofolio berupa contoh tulisan. Kamu bisa membuat mockup artikel, ataupun tunjukkan saja artikel blog pribadi yang menarik.

Jika kamu memang tertarik, ini bisa jadi ide bisnis kreatif yang bisa kamu terus kembangkan loh!

Makan Siang Bisa Jadi Peluang

Sebagai mahasiswa yang belajar, mengerjakan tugas dan beraktivitas penuh setiap harinya, tentu kamu memerlukan energi yang cukup. Sayangnya, kamu perlu mencari pilihan makan siang yang pas di kantong.

Melihat keresahan ini, tidak ada salahnya untuk belajar memasak atau membuat cemilan murah meriah yang bisa kamu tawarkan ke teman-teman. Pilihlah menu dengan nama menarik yang membuat teman-teman penasaran untuk mencoba. Dan yang terpenting, tentukan harga yang cocok untuk teman-temanmu ya!

Ajak Teman Untuk Buka Bimbel

Tidak ada salahnya loh untuk membagikan ilmu yang kamu dapatkan di bangku kuliah. Di waktu luang, kamu bisa ajak temanmu untuk membuka bimbel kecil-kecilan untuk anak sekolah. Tawarkan jasa untuk membantu mengerjakan tugas sekolah, mempersiapkan ujian, ataupun memahami pelajaran sekolah.

Berikan pendekatan yang kasual, karena biasanya, ketika belajar dengan orang yang masih muda, pelajar akan merasa lebih santai dan tidak tegang.

Belajar Desain Sebagai Dasar Bisnis

Di jaman serba digital, kemampuan visual begitu penting. Belajar desain akan membantu kamu tidak hanya untuk menghasilkan desain yang bisa kamu tawarkan, namun juga membantu bisnismu. Kemampuan dan selera desain akan lebih mudah menarik orang terhadap bisnis yang kamu lakukan.

Belajar secara otodidak maupun mengikuti kelas desain akan sangat berguna loh!

Nah, untuk mahasiswa desain tentu saja bisa menjadikan bisnis desain sebagai peluang besar. Dengan kemampuan yang dipelajari, kamu bisa membuka bisnis jasa kreatif desain, mengajarkan ilmu desain, ataupun mendesain pakaian serta produk yang bisa kamu jual.

Ada banyak sekali ide kreatif untuk menjalankan bisnis yang bisa kamu coba sebagai mahasiswa. Teruslah belajar dan perdalam minatmu yang bisa dikembangkan untuk berbisnis. Kamu juga bisa mengikuti seminar, workshop atau kelas online yang akan membuka peluang bisnis.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait