Bisnis & Kerja Sampingan, Investor Pemula

5 Ide Bisnis Kreatif yang Minim Kompetitor

ide-bisnis-kreatif

Ada banyak sekali ide bisnis kreatif yang sudah dipraktikkan para pebisnis skala kecil maupun besar. Ide kreatif bisnis semacam kerajinan, kuliner, desain, sampai souvenir sudah barang tentu banyak pesaing atau kompetitor. Jalan keluarnya adalah memikirkan nilai tambah pada produk dan jasa yang benar-benar unik dan menguntungkan.

Solusi lainnya, pilihlah jenis usaha yang belum pernah ada atau masih sangat jarang ditemui. Mungkin pada awalnya masyarakat masih penasaran dan sedikit meragukan ide-idemu. Namun, asal produk dan jasamu unik dan bermanfaat, suatu saat akan banyak yang mencarimu.

Berikut ide bisnis kreatif yang jarang ditemui dan bisa kamu coba:

3D Printing

Di masa kini, urusan cetak-mencetak tak berhenti di bentuk dua dimensi, tetapi juga merambah tiga dimensi. Tidak cuma bisa mencetak gambar di secarik kertas, kini kamu juga bisa mencetak wujud benda, misalnya patung. Bahkan, mesin cetak 3D ini dapat dirancang untuk mencetak kue juga, lho.

Kompor Alternatif

Dari masa ke masa, sarana memasak terus mengalami perubahan. Dari awalnya menggunakan tungku kayu, tungku arang, kompor minyak tanah, kompor gas, hingga kompor listrik. Setiap kemajuan kompor menawarkan keamanan, kepraktisan, serta efisiensi dalam memasak. Kamu bisa mencoba menawarkan alternatif baru kompor minyak nabati yang konon lebih murah dan tak kalah dari kompor gas.

Ide usaha ini menjadi salah satu peluang bisnis yang baik karena hingga sekarang masih banyak orang yang ketergantungan menggunakan kompor gas ataupun kompor listrik.

Jual-beli Barang Antik

Barang antik tidak ada gunanya? Tunggu dulu! Banyak lho peminat barang antik di luar sana. Kalau sudah memegang pasarnya, untung bakal berlipat dari harga barang antik yang tak murah. Mudah saja, bisnis semacam ini dapat dimulai dengan mencari rumah-rumah kuno yang hendak dirobohkan. Dari situ, kamu bisa membeli murah kayu-kayu jati bekas, ubin kuno, dan material antik lainnya. Material-material tersebut masih banyak diburu oleh pecinta rumah unik.

Kuliner Unik

Betul! Bisnis kuliner bisa dibilang adalah yang paling ketat persaingannya. Setiap orang butuh makan bukan? Namun yang terjun ke bisnis ini pun tak terhitung jumlahnya. Kuncinya, ciptakan kreasi seunik mungkin dan bikin konsumen mau lagi dan lagi. Tak harus memulai dengan makanan-makanan yang belum pernah ada, lho. Kamu bisa coba makanan yang sudah ada dan dikenal, tetapi berikan perbedaan, misalnya nasi goreng tetapi dipepes bersama ikan dan dibakar dalam daun pisang.

Bisnis Jasa Konten

Pada era di mana segala informasi dapat diakses melalui internet, konten adalah salah satu pemain utama. Konten dapat berupa artikel, gambar, video, dan semacamnya yang berfungsi memberikan informasi maupun hiburan. Pihak yang membutuhkan konten adalah perusahaan yang ingin memasarkan produk atau jasa, pedagang, hingga perusahaan media. Kamu bisa mulai dengan mengajak sejumlah kawan yang mampu menulis atau memproduksi video kemudian menawarkan jasa kepada pihak yang membutuhkan.

Itu tadi ide bisnis kreatif yang masih jarang ditemui. Apakah kamu juga punya ide kreatif bisnis lainnya? Semangat berkreasi!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait