Ide Usaha Sampingan yang Bisa Dilakukan Pemula dengan Modal Kecil

Ide Usaha Sampingan yang Bisa Dilakukan Pemula dengan Modal Kecil
Ide Usaha Sampingan yang Bisa Dilakukan Pemula dengan Modal Kecil

Memiliki pekerjaan sebagai karyawan kantoran merupakan hal yang menyenangkan karena selain setiap bulan mendapatkan gaji tetap dan jaminan kesehatan, menjadi karyawan kantoran juga terbilang memiliki waktu luang yang cukup. Tetapi terkadang penghasilan yang didapat tidak selalu seimbang dengan pengeluaran yang semakin bertambah setiap bulannya, sedangkan jika ingin meminta kenaikan gaji, seorang karyawan harus melalui beberapa proses tahapan terlebih dahulu.

Hal seperti ini menjadi alasan bagi karyawan memutuskan untuk resign dan pindah ke kantor baru agar mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Namun sebenarnya hal seperti itu tidak perlu terjadi jika kamu bisa memanfaatkan waktu luang dengan baik, salah satu caranya adalah dengan membuka bisnis atau usaha sampingan.

Usaha sampingan saat ini merupakan hal yang umum dilakukan oleh orang-orang di luar pekerjaan utama mereka selama tidak bertentangan dengan peraturan atau bisnis dari perusahaan. Usaha sampingan apabila dilakukan dengan tekun dan giat hasilnya bahkan bisa melampaui penghasilan utama sehingga bisa dikembangkan menjadi lebih besar.

Dalam menjalankan usaha sampingan tentu saja harus bersiap dengan segala risiko dan tantangan yang ada selain itu yang terpenting adalah memiliki modal yang cukup untuk memulainya. Banyak yang beranggapan tanpa modal yang kuat dan besar maka usaha sampingan tidak akan terjadi apalagi jika memiliki gaji pas-pasan sebagai karyawan sehingga modal selalu menjadi kendala utama mengapa banyak karyawan mengurungkan niat untuk memulai usaha sampingan. Tetapi ternyata ada usaha sampingan yang hanya membutuhkan modal kecil. Berikut adalah beberapa contoh bentuk usaha sampingan yang bisa anda coba sebagai penambah sumber pendapatan.

Reseller

Menjadi reseller merupakan peluang usaha sampingan karyawan yang tidak membutuhkan modal dana karena kamu akan menjual barang-barang milik distributor atau orang lain. Usaha jenis ini cocok untuk kamu yang suka berkomunikasi dan memiliki jaringan yang luas. Pekerjaan ini dapat dilakukan melalui sosial media milikmu atau e-commerce dengan membuka toko online.

Dalam pekerjaan ini, baju, perlengkapan make up dan aksesori menjadi barang yang paling laris dijual secara online. Kamu dapat meng-update barang dagang dan membalas chat konsumen sebelum berangkat kantor, pada saat jam makan siang, atau setelah pulang dari kantor sehingga pekerjaanmu sebagai karyawan tidak terganggu.

Berjualan Makanan untuk Sarapan

Jika memiliki keterampilan dalam memasak, kamu dapat memulai usaha sampingan kecil-kecilan ini. Kesibukan masyarakat terlebih karyawan di pagi hari saat ini sudah semakin luar biasa sehingga terkadang sarapan pagi sampai terlewatkan. Hal ini dapat kamu manfaatkan sebagai sumber penghasilan tambahan. Tidak perlu memasak sesuatu yang rumit, cukup masakan sederhana yang memiliki nilai jual tinggi. Tetapi, dalam usaha sampingan seperti ini kamu juga harus kreatif dan pintar melihat peluang hal yang booming saat ini karena banyaknya kompetitor yang harus dihadapi.

Menjual Barang Bekas

Usaha sampingan satu ini tidak pernah sepi peminat. Hal ini dikarenakan barang asli terlebih branded cukup mahal, ide untuk menjual barang bekas yang masih layak pakai dan branded milikmu atau dari orang yang sudah bosan dan tidak butuh dapat menjadi usaha sampingan yang baik. Billy Mardyono merupakan salah seorang pebisnis yang sukes dalam bidang ini.

Dalam menjual barang bekas, media yang digunakan mudah saja bisa melalui media sosial atau membuat toko online di situs e-commerce. Namun dikarenakan mudah, usaha seperti ini cukup banyak kompetitornya sehingga kamu harus mempunyai tagline yang menarik, menguasai media sosial dan paham mengenai marketing serta mau berusaha.

Menjadi Penerjemah

Jika kamu menguasai bahasa asing, manfaatkan keahlian tersebut dengan menawarkan atau membuka jasa penerjemahan. Usaha sampingan ini dapat memberikan hasil yang cukup berarti dengan modal yang relatif murah dan mudah, cukup dengan laptop dan koneksi internet. Lokasi kerjanya pun fleksibel sehingga kamu dapat mengerjakannya di kantor, kafe, atau rumah dengan catatan pekerjaan utamamu harus sudah selesai. Beberapa marketplace yang digunakan untuk menjual jasa ini adalah freelancer.co.id dan sribulancer.

Usaha di Bidang Entertainment

Usaha sampingan ini tidak akan pernah ada habisnya bahkan cenderung terus meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekarang. Salah satu contoh usaha sampingan di bidang entertainment adalah membuka jasa manajemen atau event organizer; baik itu acara pesta ulang tahun kecil-kecilan, menyediakan hiburan pada pesta resepsi pernikahan, atau membuat acara musik. Tidak hanya menjadi usaha sampingan, apabila usaha ini sukses maka dapat menjadi pekerjaan utama. Pekerjaan satu ini cocok untuk kamu yang menyukai hal-hal seperti berkomunikasi dengan banyak orang, membuat konsep dan suatu ide, serta memiliki kreativitas yang tinggi.

Poin-poin di atas merupakan sebagain kecil dari ide usaha sampingan yang berkembang dan popular beberapa tahun belakangan ini. Apapun usaha sampingan yang kamu pilih semuanya membutuhkan riset dan analisa. Cermati baik-baik minat kamu dan sesuaikan dengan keahlian yang kamu miliki kemudian temukan target marketnya lalu lakukan prakteknya.

Terlepas dari hal tersebut, ada baiknya semua orang menumbuhkan jiwa enterpreneurship pada dirinya karena selain menambah penghasilan utama kamu juga dapat ikut serta menjadi tombak dalam memakmurkan negara dan memberikan kesempatan untuk bekerja dengan semakin banyaknya lapangan kerja yang tersedia sehingga meningkatkan harapan kesejahteraan bagi penduduk dan negara.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait