Ide Usaha Sampingan dengan Modal Kecil & Untung Besar

Ide Usaha Sampingan yang Bisa Dilakukan Pemula dengan Modal Kecil
Ide Usaha Sampingan yang Bisa Dilakukan Pemula dengan Modal Kecil

Memiliki pekerjaan sebagai karyawan kantoran merupakan hal yang menyenangkan karena selain setiap bulan mendapatkan gaji tetap dan jaminan kesehatan, menjadi karyawan kantoran juga terbilang memiliki waktu luang yang cukup. Tetapi terkadang penghasilan yang didapat tidak selalu seimbang dengan pengeluaran yang semakin bertambah setiap bulannya, sedangkan jika ingin meminta kenaikan gaji, seorang karyawan harus melalui beberapa proses tahapan terlebih dahulu. Inilah yang membuat orang membuka usaha sampingan.

Namun, yang seperti ini juga menjadi alasan bagi karyawan memutuskan untuk resign dan pindah ke kantor baru agar mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Namun sebenarnya hal seperti itu tidak perlu terjadi jika kamu bisa memanfaatkan waktu luang dengan baik, salah satu caranya adalah dengan membuka bisnis atau usaha sampingan.

Usaha sampingan saat ini merupakan hal yang umum dilakukan oleh orang-orang di luar pekerjaan utama mereka selama tidak bertentangan dengan peraturan atau bisnis dari perusahaan. Usaha sampingan apabila dilakukan dengan tekun dan giat hasilnya bahkan bisa melampaui penghasilan utama sehingga bisa dikembangkan menjadi lebih besar.

Dalam menjalankan usaha sampingan tentu saja harus bersiap dengan segala risiko dan tantangan yang ada selain itu yang terpenting adalah memiliki modal yang cukup untuk memulainya. Banyak yang beranggapan tanpa modal yang kuat dan besar maka usaha sampingan tidak akan terjadi apalagi jika memiliki gaji pas-pasan sebagai karyawan sehingga modal selalu menjadi kendala utama mengapa banyak karyawan mengurungkan niat untuk memulai usaha sampingan. Tetapi ternyata ada usaha sampingan yang hanya membutuhkan modal kecil. Berikut adalah beberapa contoh bentuk usaha sampingan yang bisa anda coba sebagai penambah sumber pendapatan.

Reseller

Menjadi reseller merupakan peluang usaha sampingan karyawan yang tidak membutuhkan modal dana karena kamu akan menjual barang-barang milik distributor atau orang lain. Usaha jenis ini cocok untuk kamu yang suka berkomunikasi dan memiliki jaringan yang luas. Pekerjaan ini dapat dilakukan melalui sosial media milikmu atau e-commerce dengan membuka toko online.

Dalam pekerjaan ini, baju, perlengkapan make up dan aksesori menjadi barang yang paling laris dijual secara online. Kamu dapat meng-update barang dagang dan membalas chat konsumen sebelum berangkat kantor, pada saat jam makan siang, atau setelah pulang dari kantor sehingga pekerjaanmu sebagai karyawan tidak terganggu.

Berjualan Makanan untuk Sarapan

Jika memiliki keterampilan dalam memasak, kamu dapat memulai usaha sampingan kecil-kecilan ini. Kesibukan masyarakat terlebih karyawan di pagi hari saat ini sudah semakin luar biasa sehingga terkadang sarapan pagi sampai terlewatkan. Hal ini dapat kamu manfaatkan sebagai sumber penghasilan tambahan. Tidak perlu memasak sesuatu yang rumit, cukup masakan sederhana yang memiliki nilai jual tinggi. Tetapi, dalam usaha sampingan seperti ini kamu juga harus kreatif dan pintar melihat peluang hal yang booming saat ini karena banyaknya kompetitor yang harus dihadapi.

Menjual Barang Bekas

Usaha menjual produk yang satu ini tidak lah sulit dan tidak pernah sepi peminat. Hal ini dikarenakan barang asli terlebih branded cukup mahal, ide untuk menjual barang bekas yang masih layak pakai dan branded milikmu atau dari orang yang sudah bosan dan tidak butuh dapat menjadi usaha sampingan yang baik. Billy Mardyono merupakan salah seorang pebisnis yang sukes dalam bidang ini.

Dalam menjual barang bekas, media yang digunakan mudah saja bisa melalui media sosial atau membuat toko online di situs e-commerce. Namun dikarenakan mudah, usaha seperti ini cukup banyak kompetitornya sehingga kamu harus mempunyai tagline yang menarik, menguasai media sosial dan paham mengenai marketing serta mau berusaha.

Menjadi Penerjemah

Jika kamu menguasai bahasa asing, manfaatkan keahlian tersebut dengan menawarkan atau membuka jasa penerjemahan. Usaha sampingan ini dapat memberikan hasil yang cukup berarti dengan modal yang dibutuhkan relatif murah dan mudah, cukup dengan laptop dan koneksi internet. Lokasi kerjanya pun fleksibel sehingga kamu dapat mengerjakannya di kantor, kafe, atau rumah dengan catatan pekerjaan utamamu harus sudah selesai. Beberapa marketplace yang digunakan untuk menjual jasa ini adalah freelancer.co.id dan sribulancer.

Menjadi Seorang Blogger

Hobi menulis dan ingin menghasilkan uang dengan mudah, kapan dan di mana saja? Kamu bisa mulai dengan membuat website dan menjadi seorang blogger. Di awal perjalanan kamu membuat blog kamu dituntut untuk konsisten dalam menulis demi memperkenalkan blog kamu ke orang lain. Tidak bisa cepat, namun ketika sudah terkenal dan memiliki banyak trafiic akan ada keuntungan hingga puluhan juta rupiah.

Kamu bisa membuat blog secara gratisan melalui wordpress atau blogspot.com, namun alangkah baiknya juka kamu membeli domain sendiri, sehingga kredibilitas blog kamu bisa meningkat. Setelahnya, kamu bisa mulai menulis beberapa artikel yang informatif atau pengalaman tentang hidup kamu yang berguna bagi pembaca. Misalnya, membuat blog mengenai traveling, review makanan, tips parenting, dan sebagainya. Semuanya bisa disesuaikan dengan ketertarikan kamu.

Untuk memudahkan pengguna mencemukan blog kamu, cobalah mulai dengan mengpromosikan blog kamu ke sosial media atau teman-teman. Nah, juka sudah meningkat, kamu bisa mulai memasang iklan di blog tersebut melalui Google Adsense. Sehingga, setiap pengunjung yang mengklik iklan dari blog tersebut, kamu bisa menerima uang. Bukan hanya itu, ketika blog kamu semakin populer, tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapatkan proyek menulis dari perusahaan dan bisa menghasilkan uang yang cukup banyak.

Usaha di Bidang Entertainment

Usaha ini tidak akan pernah ada habisnya bahkan cenderung terus meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekarang. Salah satu contoh usaha di bidang entertainmentadalah membuka jasa manajemen atau event organizer; baik itu acara pesta ulang tahun kecil-kecilan, menyediakan hiburan pada pesta resepsi pernikahan, atau membuat acara musik. Tidak hanya menjadi usaha sampingan, apabila usaha ini sukses maka dapat menjadi pekerjaan utama. Pekerjaan satu ini cocok untuk kamu yang menyukai hal-hal seperti berkomunikasi dengan banyak orang, membuat konsep dan suatu ide, serta memiliki kreativitas yang tinggi.

Pulsa Elektrik

Saat ini gadget dan Internet sudah menjadi satu kesatuan yang dibutuhkan oleh banyak orang, mulai dari anak sekolah, kuliah, karyawan, ibu rumah tangga, pengusaha, dan sebagainya. Nah, menjual pulsa secara elektrik menjadi salah satu kesempatan buat kamu memulai bisnis sampingan..

Kamu hanya perlu mencari distributor yang menjual pulsa dan menyimpan deposito di sana. Biasanya modalnya pun bermacam-macam, mulai dari Rp100 ribu hingga jutaan rupiah. Untuk keuntungannya pun sebenarnya relatif kecil, namun semakin banyaknya pelanggan, semakin besar juga keuntungan. Misalnya saja, untuk penjualan pulsa berdenominasi Rp50.000, kamu bisa menjualnya Rp52.000. Berapa banyak yang bisa kamu hasilkan jika dalam 1 bulan bisa mendapatkan pelanggan ratusan?

Omzet dari bisnis ini bisa mencapai Rp20 triliun setahun. Angka itu berdasarkan dari data pebisnis pulsa skala besar di Jakarta. Kamu bisa mulai menjualnya di rumah, teman kantor, teman kos, tetangga, saudara, dan seluruh temanmu yang berada di seluruh Indonesia.

Menawarkan Jasa Desain Grafis

Tidak lagi zaman desain gratis, saat ini kemampuan dan keterampilanmu di bidang desain bisa menghasilkan uang yang cukup banyak. Untuk memulainya pun mudaj, kamu bisa menjual jasa ini ke beberapa temanmu atau mencari klien melalui beberapa website freelancer seperti Sribu.com dan Projects.co.id.

Kamu hanya perlu mengisi seluruh informasi pribadi, CV, portfolio, dan sebagainya. Semakin bagus informasi yang kamu tampilkan, kamu bisa mendapatkan pekerjaan desain lebih mudah, mulai dari desain kartu nama, logo perusahaan, gambar di baju, maskot, poster, booth, interior, dan banyak lagi. Pekerjaan ini memiliki bayaran yang bervariasi, semuanya tergantung kesepakatan kamu dan klien. Modalnya pun cukup mudah dan biasa kamu gunakan sehari-hari seperti laptop/komputer dan internet.

Les Privat

Punya kemampuan studi yang cukup bangus dan ingin terus mengasahnya? Kamu tetap bisa belajar dan mendapatkan penghasilan. Untuk memulainya, cobalah tanya kepada diri kamu sendiri, keahlian apa yang kamu miliki dan bisa dibagikan kepada sesama? Biasanya orang membutuhkan jasa les privat untuk bahasa asing, bermain musik, matematika, dan masih banyak lagi.

Modal penting ketik kamu ingin memulai bisnis ini adalah kemampuan kamu dan peralatan yang mendukung kelas privat tersebut, misalnya buku, pena, pensil, ataupun instrumen musik jika kamu ingin menjadi guru les musik. Selain modal skill, kamu juga harus bisa memastikan bahwa tarif yang kamu kenakan dapat disesuaikan dengan kondisi ekonomi daerah tersebut dan perhatikan kemampuan target pasar Anda.

Jasa Influencer Social Media

Kamu hobi berseluncur di dunia maya seperti social media? Nah, hobi ini tidak bisa dianggap remeh, karena kamu bisa mendapatkan keuntungan dan pendapatan yang cukup besar ketika memanfaatkan social mediamu dengan benar. Bagaimana caranya? Kamu bisa menawarkan diri menjadi seorang influencer.

Hanya bermodalkan akun social media, internet, followers, dan konten yang instagramable, kamu bisa menjadi seorang influencer. Kini banyak sosial media influencer yang pekerjaan tetapnya memproduksi konten di channel sosial media, baik video di youtube, foto-foto di Instagram ataupun konten lainnya.

Untuk memulai usaha ini, kamu harus memastikan followers dan engagement atau interaksi di social media kamu cukup baik. Kamu bisa mulai menentukan konten yang ingin diciptakan, apakah itu video tentang travel atau foto makanan, review tentang game, dan banyak pilihan lainnya. Ini semua harus kamu tentukan di awal dan pastikan kamu memilih konten sesuai dengan hobi dan kesukaan kamu. Untuk meningkatkan followers dan engagement, kamu harus aktif menciptakan konten yang berkualitas dan informatif sehingga jumlah followers kamu bisa terus berkembang.

Setelah followers yang kamu miliki cukup banyak, kamu bisa mulai menawarkan jasa influencer kepada perusahaan-perusahaan yang sesuai dengan konten kamu. Di awal perjalanan bisnis ini, pastikan kamu memiliki attitude dan kualitas yang baik. Ini menjadi first impression kamu di mata calon klien.

Usaha Laundry

Ide usaha lainnya yang bisa kamu lakukan adalah membuka jasa laundry, sebagai salah satu usaha yang menguntungkan. Dalam menjalankan usaha ini, kamu bisa mulai dengan membuka atau menyewa tempat di sekitaran kampus, komplek karyawan, perkantoran, atau di pusat keramaian. Kenapa? Kesibukan yang padat di area-area tersebut banyak orang yang malas dan tidak memiliki waktu untuk mencuci atau menggosok.

Untuk memulainya pun tidak begitu rumit, kamu bisa mulai dengan modal sekitar 5-10 juta rupiah, itu sudah termasuk gaji karyawan. Kamu juga bisa memberikan jasa untuk mengirim dan mengambil cucian secara langsung, sehingga pelanggan tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk datang ke lokasi kamu untuk menaruh baju kotor mereka. Ini juga bisa menjadi nilai tambah bagi pelanggan.

Jasa Cuci Motor dan Mobil

Usaha sampingan ini tidak pernah sepi peminat, apalagi di musim hujan seperti saat ini. Bagi pemula, kamu bisa memulainya dari membuka jasa cuci motor, kenapa? Karena peralatan yang dibutuhkan lebih murah. Di musim penghujan seperti saat ini, bisnis ini bisa meningkat hingga 2 kali lipat, kamu bisa mulai di malam hari setelah pulang bekerja.

Namun, jika usaha ini dinilai cukup dan menarik, kamu juga bisa menyewa jasa karyawan untuk membantu kamu mengelola bisnis ini. Jangan lupa juga untuk memberikan kenyamanan bagi pelanggan, terutama ketika mereka sedang menunggu.

Menjual Souvenir Pernikahan

Setiap bulannya pasti ada saja pasangan yang melangsungkan pernikahan. Hal ini bisa memberikan peluang besar bagi kamu yang ingin memulai bisnis. Biasanya, untuk melangsungkan pesta pernikahan, pengantin selalu memberikan souvenir atau buah tangan sebagai ucapan terima kasih bagi seluruh tamu undangan yang hadir.

Untuk mendapatkan keuntungan yang besar, kamu bisa memulai untuk menjual souvenir pernikahan dengan mencari ide melalui internet atau bertanya langsung kepada calon pengantin. Mulailah dengan mengadakan survei kecil-kecilan melalui Instagram atau social media lainnya. Jika sudah ditentukan souvenir apa yang ingin kamu tawarkan, kamu bisa memasarkannya kembali melalui social media.

Poin-poin di atas merupakan sebagain kecil dari ide usaha sampingan yang berkembang dan popular beberapa tahun belakangan ini. Apapun usaha sampingan yang kamu pilih semuanya membutuhkan riset dan analisa. Cermati baik-baik minat kamu dan sesuaikan dengan keahlian yang kamu miliki kemudian temukan target marketnya lalu lakukan prakteknya.

Terlepas dari hal tersebut, ada baiknya semua orang menumbuhkan jiwa enterpreneurship pada dirinya karena selain menambah penghasilan utama kamu juga dapat ikut serta menjadi tombak dalam memakmurkan negara dan memberikan kesempatan untuk bekerja dengan semakin banyaknya lapangan kerja yang tersedia sehingga meningkatkan harapan kesejahteraan bagi penduduk dan negara.

Bacaan menarik lainnya:

Lupiyodadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Ketiga. Salemba Empat. Jakarta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait