Investasi, Milenial

Wow! Segini Penghasilan BTS, Artis Big Hit Entertainment

Ajaib.co.id – Perkembangan dunia hiburan di Korea Selatan memang sangat pesat. Drama atau film Korea selalu memberikan cerita menarik untuk disimak, begitu juga dengan musiknya yang telah mendunia lewat beberapa Boy Band, Girl Band, dan juga solois yang membuat dunia mengenal music K-Pop. Salah satu Boy Band yang paling banyak penggemarnya adalah Bangtan Boys atau BTS. Keduanya adalah boy band sekaligus artis Big Hit Entertainment yang tenar dan memiliki banyak penggemar di Indonesia.

Mengenal Big Hit Entertainment

Big Hit Entertainment merupakan agensi yang menaungi BTS sejak tahun 2013. Walaupun pada saat itu agensi ini hanya menaungi satu grup dan banyak investor yang masih ragu untuk berinvestasi di agensi tersebut, ternyata tidak disangka kini saham Big Hit Entertainmentmampu mengalahkan saham agensi-agensi besar lainnya seperti SM Entertainment, JYP Entertainment, dan YG Entertainment. Bagi kamu penggemar K-Pop atau dunia entertainment berikut sepenggal cerita perjalanan dari Big Hit Entertainment dan BTS hingga meraih sukses yang mungkin akan memberi inspirasi buat kamu.

Penghasilan BTS Artis Big Hit Entertainment Paling Tinggi

Popularitas K-pop di dunia berhasil mengantar BTS (Beyond the Scene) menjadi grup yang paling sukses di Korea Selatan. Penghasilan BTS pun mengalahkan Bruno Mars, Ariana Grande, hingga Guns N’ Roses.

Dilaporkan Forbes, BTS menghasilkan USD 57 juta atau setara dengan Rp 801 miliar selama satu tahun belakangan. Grup yang dipimpin Kim Nam Joon ini ada di posisi 43 daftar ‘The World’s Highest-Paid Celebrities’ versi Forbes.

Di bawah peringkat BTS, ada Bruno Mars di peringkat 54 dengan pendapatan Rp 717 miliar. Ada juga Ariana Grande di peringkat 62 yang meraup Rp 675 miliar.

Guns N’ Roses berada di posisi 71 dengan penghasilan Rp 618 miliar. Band asal Los Angeles ini mendapat penghasilan besar dari tur reuni mereka bertajuk Not in This Lifetime… Tour.

Saat ini BTS sedang menikmati puncak kejayaan di Amerika Serikat dan Eropa. Manajemen mereka, Big Hit Entertainment, berhasil mengantar grup ini ke acara TV terkenal seperti American Music Awards dan The Ellen Show.

Big Hit Entertainment pun turut menikmati popularitas BTS. Tercatat, mereka meraup 214 miliar won atau Rp 2,5 triliun pada setahun ini dan berhasil mengalahkan agensi lain seperti SM, YG, dan JYP.

Penghasilan BTS cukup bervariasi, selain penjualan lagu dan konser, grup ini memiliki aplikasi gim dan kontrak bersama Uniqlo untuk merilis koleksi t-shirt.

Jungkook BTS seringkali membuktikan bagaimana dirinya begitu dicintai oleh para fans-nya. Baru-baru ini, member termuda dari BTS tersebut kembali menceritakan soal item favoritnya.

Kali ini, Jungkook BTS menyebutkan sebuah brand wine yang menjadi favoritnya. Tentu saja, minuman kesukaan Jungkook itu pun langsung menarik perhatian para ARMY.

Mereka pun lantas mencari informasi soal minuman wine bermerek ‘Merlot March by Umani Ronchi Vigor Sangiovese’ tersebut. Hanya dalam waktu satu hari saja, para ARMY langsung memborong wine tersebut.

Stok dari minuman anggur tersebut langsung habis ludes di Korea hanya dalam waktu satu hari saja. Pada Januari lalu ia juga membuat sebuah brand pelembut pakaian ludes terjual. 

Dalam salah satu obrolan dengan para ARMY, Jungkook BTS sempat curhat kalau Downy merupakan brand pelembut pakaian yang jadi kesukaan-nya. Selanjutnya, stok dua bulan dari item tersebut langsung habis terjual hanya dalam waktu satu hari saja

Tanggal rilis film terbaru BTS bertajuk Bring the Soul: The Movie, telah dikonfirmasi untuk tayang pada 7 Agustus 2019. Bersamaan dengan pengumuman ini, poster resmi dari film tersebut sudah bisa dilihat.

Bring the Soul: The Movie adalah film ketiga BTS setelah perilisan Burn the Stage the Movie pada 2018 dengan lalu. Film tersebut meraih pendapatan box office sebesar USD 18,5 juta.

Film kedua tersebut dicap sebagai film event di bioskop terlaris sepanjang masa, bersamaan dengan Love Yourself in Seoul pada 2019. Bahkan, film Burn the Stage membuat para penggemar BTS kembali merayakan konser yang paling dinanti pada 2018 itu.

Kembali ke Bring the Soul: The Movie, film ini akan bercerita tentang akhir tur Love Yourself mereka di Eropa, setelah perjalanan yang penuh energi dan semangat melalui 24 konser di 12 kota. Dari Seoul menuju Paris, BTS memulai pesta kecil mereka, berbagi cerita sendiri yang belum pernah terdengar sebelumnya. 

Kepopuleran BTS Mendongkrak Saham Big Hit Entertainment

Berkat ketenaran yang diraih BTS, Big Hit Entertainment turut mendapatkan hasilnya. Kini agensi ini telah menjadi raksasa baru-baru yang bisa bersanding, bahkan mampu melampaui pendapatan ketiga agensi besar sebelumnya. Agensi yang didirikan oleh Bang Si Hyuk di tahun 2005 silam ini mendadak menjadi salah satu agensi kaya di Korea.

Big Hit Entertainment mengungkapkan pendapatannya untuk paruh pertama tahun 2019 di sebuah acara yang disebut “Big Hit Corporate Briefing With the Community” yang diadakan di Seoul. Dalam acara tersebut perusahaan itu melaporkan telah membukukan rekor pendapatan US$166,3 juta (lebih dari Rp2 triliun). Namun angka ini turun sekitar US$12 juta dari pendapatannya tahun 2018., menurut analisis oleh Music Business Worldwide. Laba operasinya sekitar $33 juta, sedangkan tahun lalu adalah $53 juta.

Kabar Terbaru Saham Big Hit Entertainment

Ban Jun-Hyuk, miliader asal Korea Selatan (Korsel) yang memiliki perusahaan Netmarble tertarik membeli 26% saham Big Hit Entertainment, pemegang label rekaman boy band ternama Korea, BTS. Dengan kerja sama ini Netmarble meluncurkan sebuah permainan bertajuk BTS World. Permainan ini membuat para Army (julukan fans BTS) dapat menjadi manajer kelompok musik itu.

Perusahaan permainan ternama asal negeri ginseng, Netmarble, menjadi pengembang BTS World. Permainan ini sejatinya menawarkan simulasi berbasis cerita yang membawa para pemainnya ke dalam petualangan interaktif. Jalan ceritanya dimulai ketika, BTS memulai debutnya dan mengangkat seorang manajer. Tugas utamanya adalah membawa grup musik ini menjadi terkenal. Didalamnya juga terdapat berbagai lagu terbaru dari BTS, dan juga tembang-tembang yang dinyanyikan secara solo oleh para anggota grup musik ini, seperti Jin, Jimin, dan Jung Kok. Selain itu, tersedia pula 100 ribu lagu video klip dan 10 ribu foto-foto tentang BTS.

Kesuksesan Big Hit Entertainment memberikan gambaran bahwa industri hiburan di Korea Selatan digarap dengan sangat serius. Seperti layaknya perusahaan besar Big Hit entertaiment tidak berhenti memberikan inovasi. Itu sebabnya saham Big Hit telah melampaui target dan terus membekukan rekor beberapa tahun belakangan ini. Semoga ini memberi inspirasi untuk para Army dan juga para investor muda untuk serius dalam menggarap investasinya.

Artikel Terkait