Hindari 4 Kesalahan Umum Investor Pemula di Investasi Reksa Dana

Hindari 4 Kesalahan Umum Investor Pemula di Investasi Reksa Dana

Saat ini untuk berinvestasi sudah bukan menjadi barang mahal lagi, yang hanya bisa dimiliki oleh kalangan ekonomi berada saja. Mengapa? Perkembangan investasi saat ini dapat dikatakan lebih merakyat atau siapa pun bisa memilikinya. Bagaimana perkembangan investasi di kalangan generasi milenial?

Salah satu kebiasaan anak muda milenial saat ini adalah semua ingin serba cepat dan mudah. Itulah mengapa platform investasi online kini hadir. Untuk menjangkau anak-anak muda Indonesia agar berinvestasi sejak dini. Selain itu, hadirnya platform investasi online, juga mendorong minat anak muda untuk melek investasi.

Tetapi tidak semua generasi milenial berani mengambil keputusan dalam memilih investasi. Hal ini wajar saja terjadi dikarenakan mereka takut gagal ketika berinvestasi.  Salah satu produk investasi yang menarik minat dan antusiasme generasi milenial saat ini, adalah investasi reksa dana.

Apa pun produk reksa dananya yang kamu pilih saat ini pasti tetap memiliki risiko kerugian. Nah, berikut ini Ajaib ingin membahas 4 kesalahan investor pemula ketika berinvestasi reksa dana untuk yang bisa kamu hindari.

1. Tidak Ada Tujuan Finansial yang Jelas

Ketika kita masih mudah, tentu saja tindakan dalam mengambil sebuah keputusan memang bukanlah hal yang mudah. Termasuk ketika menjadi investor pemula. Mengapa? Kamu harus memikirkan segala sesuatu dari berbagai sudut pandang yang berbeda-beda.

Dan memiliki pendirian terkait apa yang nanti akan diputuskan. Ini menjadi kesalahan umum yang biasa terjadi bagi investor pemula pada reksa dana. Pikirkanlah matang-matang terlebih dahulu terkait tujuan investasi dan finansial kamu. Mengapa harus berinvestasi di reksa dana?

Tujuan finansial biasanya bisa berupa jangka waktu investasi dan hasil investasi reksa dananya ingin dipakai untuk apa. Itulah gambaran secara garis besar untuk menentukan tujuan finansial investasi reksa dana kamu.

2. Gegabah Memilih Jenis Reksa Dana

Dikarenakan masih minim pengalaman. Ketika terjun berinvestasi di reksa dana, kamu memilih jenis reksa dana secara acak atau asal-asalan saja. Tentu saja, kamu pasti tahu apa yang akan kamu dapatkan jika memilih jenis investasi secara asal-asalan. Yap, benar sekali kegagalan atau kerugian menjadi taruhannya!

Tetapi saat ini, kamu tidak perlu terlalu khawatir terkait hal tersebut melalui aplikasi Ajaib, pengalaman investasi reksa dana akan menjadi lebih mudah dengan fitur pengecekan profil risiko. Fitur ini akan menunjukkan jenis reksa dana apa yang cocok dengan profil risiko kamu nantinya.

3. Minim Pengetahuan Terkait Risiko Investasi Reksa Dana

Seperti yang diketahui jika kita membicarakan perihal produk investasi, apa yang kamu harapkan dari investasi kamu tersebut? Sudah pasti keuntungan yang ingin kamu dapatkan tetapi investasi bukan hanya berbicara mengenai keuntungan semata. Terdapat poin kerugian yang perlu kamu pahami.

Setiap jenis reksa dana memiliki karateristik masing-masing. Jika kamu ingin mendapatkan high return, cocok untuk memilihreksa dana saham. Tetapi jangka waktunya tidak sebentar, yaitu bisa lebih dari 5 tahun.

Tentu dalam perjalanan 5 tahun tersebut pergerakan harga saham pasti akan naik-turun. Dan kamu tak perlu khawatir memang seperti itu skema investasi reksa dana saham.

4. Menaruh Uang Kamu di Satu Tempat Saja

Memiliki berbagai macam jenis reksa dana sangat disarankan untuk mengurangi risiko kerugian. Investasi selalu diikuti dengan kemungkinan risiko kegagalan, oleh karena itu investasikan dana investasi ke berbagai instrumen reksa dana yang tersedia. Sehingga kamu memiliki investasi cadangan jika sewaktu-waktu salah satu instrumen reksa dana kamu mengalami kerugian.

Investasi reksa dana memang diperuntukkan dan cocok bagi kamu investor pemula, 4 kesalahan umum di atas kerap kali terjadi kepada para investor pemula. Jadi, untuk mendapatkan jenis reksa dana terbaik, kamu tidak boleh hanya melihat dari besarnya tingkat pengembalian saja. Melainkan melihat sepak terjang dalam beberapa tahun terakhir dari reksa dana tersebut.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Share to :
Tags: , ,
Artikel Terkait