Investasi, Investor Pemula

Ini Cara Berinvestasi di Bursa Efek Agar Keuntungan Optimal

berinvestasi di bursa efek

Berinvestasi di bursa efek bisa jadi alternatif untuk mendapatkan keuntungan besar. Namun bagaimana caranya? Untuk mengetahuinya, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Apa yang kamu ketahui tentang bursa efek? Bagi masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan sudah tahu mengenai investasi yang satu ini. Namun, masih banyak orang yang enggan berinvestasi di bursa efek karena risiko kehilangan uang yang besar. Akan tetapi bursa efek bisa jadi alternatif investasi yang menguntungkan apabila kamu paham caranya dengan lebih bijak dan tepat.

Apa yang Dimaksud Bursa Efek?

Bursa efek adalah pasar yang terorganisir, dimana para pialang melakukan transaksi jual beli saham atau surat berharga melalui sejumlah aturan perangkat yang ditetapkan pada bursa efek itu sendiri. Jika berdasarkan UU Nomor 8 Tahun 1995 Bab 1 Pasal 5 menyebutkan bahwa bursa efek adalah surat berharga, surat pengakuan utang, saham, obligasi, unit penyertaan kontrak investasi kolektif, tanda bukti utang, dan lain-lain. Jadi, dengan kata bursa efek berarti sama artinya dengan bursa saham.

Bursa efek bisa berarti sebuah pasar yang menjadi sumber pendapatan eksternal bagi para investor untuk membeli atau menjual saham serta instrument keuangan lainnya kepada individu, dan juga pemerintah. Biasanya saham yang sudah tercatat di bursa efek telah dinyatakan go public, dimana proses jual beli sahamnya melalui pialang atau broker sebagai perantara antara investor dengan perusahaan. Hal ini membuat proses jual belinya menjadi lebih mudah.

Bagaimana Cara Kerja Bursa Efek?

Bursa efek hadir sebagai landasan bagi perusahaan untuk mengumpulkan modal yang diperlukan demi mewujudkan tujuan perusahaan. Maka tak heran jika saat ini ada beberapa perusahaan yang tengah mendominasi pasar global, seperti Google, Facebook, Apple, dan sebagainya yang menjual sahamnya pada bursa efek.

Langkah pertama adalah perusahaan menjual sahamnya di bursa efek, dan dari penjualan itu perusahaan mampu meningkatkan kualitasnya dan juga sumber daya yang diperlukan agar bisa memperbesar skalanya. Sementara investor yang membeli salah satu saham dari perusahaan yang ada di bursa efek, otomatis akan jadi bagian salah satu pemilik atau mitra perusahaan. Hal ini karena investor dianggap sudah berpartisipasi terhadap perusahaan dalam mendatangkan keuntungan.

Saham Pada Bursa Efek

Istilah saham pada bursa efek merupakan bagian dari perusahaan yang dijual berupa lembaran kertas yang diterbitkan oleh perusahaan. Dalam lembaran kertas tersebut tercantum nama pemilik perusahaan berdasarkan jumlah saham yang dibeli.

Setiap investor berhak memperoleh keuntungan dari perusahaan sesuai dengan jumlah saham yang dibeli. Jadi, semakin besar investasi saham di suatu perusahaan, maka makin besar pula keuntungan yang didapat.

Cara Berinvestasi di Bursa Efek

Buka Rekening Saham

Sebelum membeli saham di bursa efek, kamu diharuskan untuk membuka rekening saham pada salah satu perusahaan sekuritas. Sekarang ini banyak perusahaan sekuritas yang menawarkan investasi saham dengan modal tidak terlalu besar, sekitar Rp 1 juta. Tetapi kamu juga bisa menghubungi langsung pihak perusahaan untuk mengetahui pasti berapa minimal saldo awal untuk membuat rekening saham.

Data-data yang dibutuhkan untuk membuka rekening saham tidak banyak, yaitu fotokopi KTP, fotokopi buku rekening tabungan, info alamat tempat tinggal, pekerjaan atau usaha, serta info ahli waris. Setelah bisa membuka rekening saham, setorkan dana awal yang ditetapkan perusahaan sekuritas tersebut.

Pilih Saham

Selanjutnya adalah mulai untuk bertransaksi saham. Akan tetapi, sebelum itu pilih dan analisa terlebih dahulu kondisi dari perusahaan yang hendak kamu beli sahamnya. Hal ini supaya kamu memperoleh keuntungan besar dari investasi saham yang kamu tanamkan.

Beli Saham

Setelah kamu melakukan riset mengenai saham yang ingin dibeli dan yakin dengan hasil analisa kamu, langkah selanjutnya yaitu beli saham tersebut. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan dalam membeli saham.

Saham bisa dibeli melalui pialang atau broker dengan menghubunginya langsung.

Bisa juga membeli saham lewat online trading. Biasanya para broker menyediakan fasilitas online untuk para investor dengan menginput langsung order beli ataupun jual saham. Fasilitas ini umumnya berupa software yang perlu kamu instal lebih dulu pada gadget kamu.

Jual Saham

Jika kamu sudah memutuskan mana saham yang ingin dibeli, selanjutnya yaitu menjual saham tersebut. Namun, kamu perlu memantau terus pergerakan harga serta grafik dari sejumlah saham yang sudah kamu beli. Apabila harganya lebih tinggi dari harga beli sahamnya, kamu bisa menjualnya untuk mendapatkan keuntungan atau sering disebut Take Profit.

kamu juga bisa membeli dan menjual saham sekaligus pada hari yang sama, atau menunggu satu hingga dua minggu. Nanti, hasil dari jual saham tersebut akan secara otomatis masuk ke rekening saham yang sudah kamu buat.

Kekurangan dan Keuntungan Berinvestasi di Bursa Efek

Kekurangan investasi di bursa efek:

  • Pasar saham relatif tidak stabil dan bisa berubah sewaktu-waktu sesuai situasi politik dan ekonomi negara serta global.
  • Investor diharuskan punya pengetahuan dan informasi tentang kondisi ekonomi, keuangan, serta politik negara.
  • Investasi saham dianggap penuh dengan risiko, dimana tidak ada jaminan pengembalian dana jika salah dalam mengambil keputusan.

Keuntungan berinvestasi di bursa efek:

  • Modal investasi awal tidak perlu dana besar.
  • Tidak ada masa tenor untuk bisa menarik keuntungan dari tiap transaksi jual beli saham.
  • Keamanan transaksi di bursa efek dijamin oleh broker.
  • Investor bisa mendapatkan keuntungan besar di bursa efek.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait