Tak dipungkiri lagi Facebook dikenal sebagai raja dari berbagai platform sosial media yang kini beredar di masyarakat. Di Indonesia saja, layanan sosial media Facebook menjadi platform yang paling banyak diminati. Dikutip dari Katadata, jumlah pengguna aktif Facebook di Indonesia meningkat sebanyak 20% di tahun 2019 hingga mencapai 150 juta pengguna. Hal ini membuat Indonesia masuk ke jajaran 5 lima besar sebagai negara dengan pengguna aktif Facebook terbanyak di dunia.
Memang pada awal kemunculannya sosial media Facebook hanya digunakan sebagai alat komunikasi atau chatting dengan teman, saudara, keluarga tercinta, dan lain sebagainya. Namun seiring dengan semakin derasnya arus teknologi informasi di mana sebelumnya era globalisasi kini kita telah memasuki era baru yakni digitalisasi.
Di mana banyak perusahaan dan layanan publik yang turut bertransformasi dari konvensional ke digital seperti banyaknya bermunculan startup-startup digital dan layanan digital berbasis aplikasi.
Selain itu cara berbisnis kini juga sudah lebih modern dengan dibantu teknologi periklanan sebut saja Facebook Ads, Facebook Bussines Manager, Google Ads, dan sebagainya.
Bagi kamu yang masih penasaran dan bertanya-tanya, apakah Facebook saat ini bukan hanya sekedar sebagai aplikasi chatting saja, melainkan dapat dimanfaatkan untuk menunjang aktivitas bisnis kamu? Berikut ini ulasan menariknya yang sayang banget jika kamu lewatkan!
Facebook Bukan Hanya untuk Chatting Saja
Kini banyak sekali baik itu perusahaan rintisan ataupun perusahaan konvensional memanfaatkan Facebook untuk lebih mendekatkan profil, produk dan sebagainya kepada masyarakat secara luas melalui iklan berbayar Facebook ataupun melakukan posting secara berkala di Fanpage.
Biasanya kampanye marketing melalui Facebook ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness, visitor kunjungan ke website, mendekatkan produk yang ingin dijual kepada pembeli potensial melalui target audiens yang dituju, hingga melakukan akuisisi pelanggan untuk mengikuti halaman Facebook kita. Semua manfaat-manfaat tersebut bisa didapatkan melalui Facebook untuk bisnis saat ini.
Selain itu, jika Facebook digunakan untuk aktivitas bisnis, kamu juga saling berinteraksi dengan pelanggan potensial melalui komentar, like, hingga postingan kamu dibagikan oleh pengguna aktif Facebook lainnya. Yang membuat brand dari produk kamu semakin dikenal secara luas.
Pemasaran Bisnis atau Produk Lewat Facebook “Low Budget High Impact”
Jika kamu melakukan pemasaran melalui Facebook juga dikenal dengan istilah “low budget high impact”. Mengapa? Umumnya aktivitas pemasaran produk yang kamu lakukan di Facebook hanya memerlukan biaya yang tidak begitu besar tergantung dari jangkauan audiens yang ingin ditarget seperti Facebook Ads. Bahkan juga ada yang gratis seperti membuat akun Fanpage, kamu bisa mengundang teman atau pelanggan potensial untuk bergabung dengan halaman Facebook kamu tersebut dengan beragam postingan menarik tentunya secara berkala.
Fitur Baru Milik Facebook Mempermudah Pengelolaan Bisnis
Saat ini, jika kamu memang fokus untuk membesarkan bisnis kamu melalui channel sosial media. Kamu bisa memanfaatkan fitur Facebook Business Manager, yang mana kamu dengan mudah mengelola akun bisnis kamu tersebut sehingga kamu memiliki akun bisnis sendiri dengan berbagai macam login untuk karyawan ataupun kamu sendiri. Sehingga kamu tidak perlu dicurigai melakukan login keluar masuk dari akun kamu tersebut.
Facebook Business Manager merupakan fitur baru di Facebook yang memungkinkan kamu dapat mengelola akun ads secara mudah dan praktis seperti kampanye Facebook Ads dan Facebook Page. Bukan hanya itu saja, kamu juga akan memiliki satu akun sumber dana untuk metode pembayaran.
Demikianlah ulasan menarik dari Ajaib terkait apakah benar Facebook bisa membantu bisnis yang kamu jalankan. Setelah membaca ulasan artikel ini, terbukti bukan? Facebook bukan hanya sebagai aplikasi chatting semata saja melainkan memiliki manfaat lainnya jika kamu gunakan secara bijak, terutama untuk meningkatkan bisnis kamu.
Selain Facebook, kamu juga bisa memanfaatkan Instagram bisnis maupun WhatsApp bisnis. Di mana kedua platform ini juga membantu kamu dalam mengelola dan memasarkan bisnis. Apalagi, saat ini banyak target konsumen yang sering berselancar di dunia maya seperti Facebook.
Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.