Tips Meningkatkan Saldo Tabungan Millenial dengan Cepat

Tips Meningkatkan Saldo Tabungan Millenial dengan Cepat
Tips Meningkatkan Saldo Tabungan Millenial dengan Cepat

Generasi millennial diklaim sulit menabung meski sudah memiliki penghasilan tetap dan karir yang bagus. Pengetahuan keuangan yang baik tidak berarti bijak mengelola keuangannya. Salah satu sebabnya ialah biaya gaya hidup dan konsumerisme yang tinggi sebagai dampak dari media sosial. 

Meski anggapan itu tak selalu benar, harus diakui banyak generasi muda yang sulit meningkatkan saldo tabungannya. Salah satu sebabnya ialah pengeluaran yang tinggi meskipun pemasukannya semakin baik seiring dengan jenjang karier. Melansir dari Forbes, David Rae,seorang Personal Finance terkemuka di Amerika mengatakan idealnya seseorang sudah memiliki tabungan yang setara dengan gajinya setahun ketika mencapai usia 30 tahun.

Apakah kamu termasuk orang-orang itu? Jika bukan, Ajaib akan memberikan sejumlah tips yang bisa membantu kamu meningkatkan tabungan millenial. Tentunya, cara ini membutuhkan penyesuaian di sana-sini pada gaya hidup menabungmu sekarang. 

Bawa Bekal Makanan

Survey Huffinton Post menunjukkan millenial Asia kini lebih banyak makan di luar rumah. Selain karena anggapan bahwa sajian di restoran lebih sehat dan mudah, sekali lagi ini adalah imbas sosial media. Demi konten yang wah, pertimbangan makanan yang photogenic lebih dipikirkan dibandingkan kesehatan atau kebersihannya.

Mengubah kebiasaan makan di luar dengan berlangganan katering atau memasak sendiri bisa menghemat pengeluaranmu lumayan banyak. Cobalah membawa bekal makanan ke kantor atau setiap kali bepergian agar uang yang ditabung bisa lebih banyak.

Hentikan Berlangganan

Era serba digital dan online ini memastikan hampir setiap milenial dibebani dengan tagihan berlangganan bulanan. Paling tidak ada dana yang dikeluarkan untuk membayar biaya langganan Spotify, Netflix, atau gim. Coba periksa lagi tagihan bulananmu dan pastikan apakah kamu benar-benar butuh langganan itu. Mungkin saja kamu masih terus membayar biaya langganan yang layanannya sendiri sudah terlupakan dan tidak berguna lagi. 

Salah satunya, kamu bisa menghentikan biaya langganan gim dan berolahraga dengan jogging di sekitar kompleks dan taman. Lebih murah dan tetap sehat tanpa harus keluar uang. Jumlahnya mungkin tidak seberapa namun bila disisihkan bisa digunakan untuk menabung dan menambah saldo tabunganmu setiap bulan.

Kurangi Coffee Shop

Coffeshop menjamur beberapa tahun belakangan ini. Di mana, kopi kini tak lagi sekedar jenis minuman, namun juga penanda eksistensi. Generasi millenial bisa menghabiskan dana cukup besar setiap bulannya hanya untuk pergi ke coffee shop seperti Starbucks. Padahal banyak yang tidak bisa membedakan rasa kopi Starbucks yang Rp50.000 segelas itu dengan Kapal Api yang hanya Rp1000 per sachet. Beberapa hanya membeli demi unggahan di Instagram agar tampak keren.

Sebaiknya simpan uangmu untuk kebutuhan lain yang lebih penting atau ditabung. Jika merasa penggila kopi, ada banyak opsi kopi lokal yang rasanya tidak kalah. Kamu juga bisa googling resep untuk membuat kopi ala coffee shop dengan murah meriah. 

Hindari Kartu Kredit

Meski dibilang hanya sebagai dana darurat ketika kamu tidak memiliki uang, ternyata kartu kredit sangat berbahaya. Di mana dengan memilik kartu kredit, kamu bisa saja khilaf dan tergiur akan diskon yang diberikan. Belum lagi iming-iming pembayaran minimal. Ini biasanya justru membuatmu rugi karena besarnya bunga yang harus kamu bayar.

Tips di atas adalah tiga cara paling mudah menghemat uangmu dan mengalihkannya ke tabungan di usia millenial. Kamu juga bisa berinvestasi dengan dana hasil berhemat ini dan mendapatkan keuntungan. Aplikasi Ajaib akan membantumu memilih investasi reksa dana terbaik dengan dana dan risiko minimal. Bukan tidak mungkin keuntungan investasi ini bisa digunakan untuk membeli tanah dan properti yang katanya sulit dimiliki millenial.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait