Liburan Hemat dan Instagrammable? Ini Tipsnya!

seorang gadis belia di tempat wisata

Liburan hemat yang tetap menyenangkan dan bisa menjadi ajang memenuhi feed instagram dengan foto-foto apik pastinya tidak akan kamu lewatkan, dong! Hmm… tapi tidak semudah itu loh untuk mengatur anggaran agar liburanmu tetap berkesan tanpa menguras kantong. Menurut kamu, apa sih definisi liburan hemat? Bukan berarti kamu pelit kepada dirimu sendiri selama berlibur loh ya! Itu sih, bukannya happy, bisa-bisa kamu malah keki selama liburan. Liburan yang hemat adalah yang anggarannya sudah pasti dan tidak membuat kamu mengeluarkan uang yang seharusnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan lain. Dengan kata lain, liburan hemat adalah yang tidak bikin kamu bokek sepulangnya dari tempat berlibur.

Nah, di bawah ini adalah tips liburan hemat dan seru sama teman-teman. Intip, yuk!

Anggaran Liburan Hemat

Liburan kamu tidak akan pernah terwujud tanpa perencanaan perjalanan yang lengkap dengan rincian dana liburan. Jika kamu benar-benar serius ingin berlibur asik tapi tetap hemat, sangat disarankan untuk menabung dan menyisihkan pengeluaran kamu semenjak jauh-jauh hari, khusus untuk berlibur. Bikin anggaran khusus liburan agar ketika kamu berlibur nanti kamu tidak perlu lagi mengambil dana dari anggaran untuk kebutuhan lain. Ketika menabung untuk anggaran liburan, sangat disarankan kamu membuat rekening terpisah. Menabung sambil berinvestasi itu highly recommended untuk membuat anggaran liburan kamu semakin bertambah tanpa perlu mengeluarkan uang lebih, loh. Kenapa? Karena dengan berinvestasi, uangmu bekerja dan nilainya bertambah untuk kamu!

Selain meningkatkan konsistensi dalam menyiapkan dana liburan, membuat rekening sendiri untuk angggara liburanmu sangat membantu untuk mempertahankan anggaran selama kamu berlibur. Jadi, kamu tidak akan bisa menggunakan uang yang sudah dianggarkan untuk kebutuhan lain karena kamu hanya perlu mengambil uang dari rekening liburan saja.

Meminimalisir Pengeluaran Tiket Pesawat

Salah satu aspek yang memakan biaya terbesar dari budget liburanmu adalah tiket pesawat. Dengan perkembangan teknologi saat ini, lebih mudah untuk mencari tiket promo liburan yang akan membantu kamu berhemat dalam menentukan budget liburan. Memangkas harga tiket pesawat bisa menambah anggaran untuk kebutuhan liburan lainnya, seperti jatah membeli oleh-oleh. Memang sih untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga promo membutuhkan lebih banyak effort, salah satunya adalah dengan terus memantau situs dan aplikasi liburan online yang terkenal rajin menawarkan program promo. Kamu juga harus tahu bulan-bulan terbaik di mana biasanya promo liburan mulai menjamur. Waktu terbaik untuk memesan tiket penerbangan adalah sekitar enam hingga delapan minggu sebelum jadwal keberangkatan kamu, atau sekitar tiga bulan sebelum kamu pergi ke destinasi liburan favorit selama peak season.

Temukan Kupon Promo

Tidak hanya tiket pesawat, sekarang ini banyak sekali situs dan aplikasi yang memudahkan kamu menyiapkan liburan agar semakin seru. Sering kali, situs ini memberikan begitu banyak kode promo untuk tempat penginapan, wisata kuliner, bahkan hingga tiket promo untuk menonton atraksi menarik atau masuk ke tempat-tempat hiburan yang terkenal di destinasi liburanmu. Burulah promo-promo ini supaya liburanmu makin cuan penuh keseruan!

Perhatikan Urusan Administrasi

Beberapa negara tidak memerlukan visa untuk masuk sebagai turis dalam kunjungan jangka pendek, tapi ada pula beberapa negara yang mengenakan biaya bagi wisata mancanegara untuk berkunjung. Jika kamu berencana berlibur ke luar negeri, pastikan bahwa kamu sudah mendapatkan informasi menyeluruh tentang negara destinasi kamu. Beberapa negara bahkan mengharuskan kamu untuk setor sejumlah uang deposit sebagai jaminan selama kamu berkunjung, uang ini nantinya akan dikembalikan setelah kamu keluar dari negara tersebut. Pastikan kamu sudah mengurus dengan baik keperluan-keperluan administrasi semacam ini agar tidak menghambat keseruanmu untuk pergi berlibur.

Berteman Dengan Penduduk Setempat

Tempat yang menarik dan instagrammable adalah salah satu aspek penting yang menentukan kualitas liburan kamu. Sayangnya, tempat-tempat tujuan utama turis terkadang dapat memakan budget liburan yang cukup besar dan menjadi mimpi buruk bagi dompetmu. Nah, agar tetap bisa menikmati liburan hemat dengan banyak spot yang instagrammable, ada baiknya kalau kamu bertanya kepada penduduk setempat. Penduduk setempat biasanya lebih tahu tentang destinasi terpencil yang dapat menjadi permata tersembunyi. Biasanya destinasi semacam ini tempatnya agak jauh dengan akses yang sedikit rumit. Berteman dengan penduduk setempat juga dapat membuat kamu mengetahui alternatif transportasi paling mudah dan murah untuk mencapai tempat tersebut. Tidak perlu deh kamu menghabiskan waktu dan menghabiskan biaya untuk antre di destinasi wisata yang sedang hits tapi mahal. Jadi trend-setter dengan mengunjungi tempat yang belum banyak terekspos!

Kuliner Lokal

Salah satu jurus jitu untuk menikmati liburan hemat yang penuh kenangan adalah dengan berani mencoba makanan-makanan lokal! Untuk urusan yang satu ini, berteman dengan penduduk lokal juga akan sangat membantumu mencicipi kuliner lokal yang kualitasnya sudah tidak usah diragukan lagi. Pastinya, harganya juga sangat terjangkau dan berbeda dengan harga yang biasanya ditawarkan untuk wisatawan. Dewasa ini, sudah banyak juga aplikasi untuk melihat ulasan berbagai restoran sekaligus menu makanan di kota-kota tertentu. Jangan lupa untuk sumbang ulasan selepas mengunjungi tempat makan yang menurutmu patut direkomendasikan, ya!

Bawa Persediaan Obat

Mencoba berbagai makanan lokal yang barangkali belum pernah kamu cicipi sebelumnya, pastinya ada kemungkinan untuk terserang diare. Tidak hanya itu saja, selama berlibur ada baiknya untuk selalu mempersiapkan persediaan liburan obat pribadimu. Pasalnya, mungkin saja kamu akan kesulitan mendapatkan obat yang biasa kamu konsumsi di destinasi liburanmu. Persediaan obat-obatan ini menjadi aspek wajib jika kamu berlibur bersama keluarga, apa lagi jika kamu berlibur bersama anak kecil.

Kartu Untuk Berbelanja

Wisatawan biasanya menahan diri dari membawa banyak uang untuk diri mereka sendiri dan keputusan itu memang benar. Pastikan kartu kreditmu dapat digunakan untuk menarik uang tunai dalam mata uang lokal hampir di mana saja di seluruh dunia. Namun, dengan biaya pengguna 3,5%, disarankan untuk menarik jumlah yang lebih besar dalam sekali penarikan. Tapi jika kamu ingin berbelanja, lebih disarankan untuk menggunakan kartu kredit. Pembelajaan kartu kredit lebih disarankan karena akan lebih mudah untuk membatalkan transaksi jika terjadi masalah pembayaran di toko tempat kamu berbelanja.

Selektif Memilih Oleh-oleh

Jika tujuan utama kamu adalah untuk liburan hemat dengan tetap mendapatkan pengalaman yang instragamable, sebaiknya batasi pembelian oleh-oleh. Jika di akhir waktu liburan kamu masih memiliki waktu senggang dan ingin membelikan oleh-oleh untuk anggota keluarga dan sahabat-sahabat, ada baiknya kamu benar-benar memilih barang yang berarti dan dapat berguna untuk mereka. Selain itu, hindari berbelanja terlalu banyak karena akan membuat koper kamu semakin tebal dan dompet kamu menipis.

Fleksibel dengan Jadwal

Liburan hemat akan semakin meninggalkan kesan berharga jika kamu siap menghadapinya dengan menjadi seorang traveler yang menikmati momen-momen di tempat wisata yang jarang dikunjungi orang orang. Tetap ingat bahwa tujuan utama dari liburan kamu adalah stress relieving dari rutinitas yang padat serta untuk memperkaya pengalaman kamu dengan mengunjungi tempat-tempat baru. Hal yang juga penting adalah untuk mempersiapkan liburan kamu dengan matang dan menghindari pembelian tiket pesawat dengan impulsif, meskipun kamu membeli ketika low season dengan harga yang lebih murah. Jangan lupa untuk cari tahu dengan mendalam mengenai destinasi liburan kamu agar kamu tahu tempat-tempat menarik untuk dikunjungi dan tidak hanya menghabiskan waktu di kamar hotel!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait