7 Cara Terbaik Wujudkan Liburan Impian Kamu!

Pemandangan mobil vw combi yang digunakan selama merayakan liburan impian di pantai
Mobil VW Combi yang terparkir di pinggir pantai sangat cocok menggambarkan liburan impian di musim panas
Definisi liburan impian tentu saja berbeda-beda bagi setiap orang. Sering kali kualitas liburan ditentukan dari destinasi yang akan dituju. Meskipun begitu, banyak juga orang-orang yang melihat nilai penting liburan dari segi teman berlibur.
 
Siapa sih yang tidak suka berlibur? Merencanakan liburan selalu menjadi agenda paling menyenangkan, apalagi ketika kita sudah sangat penat dengan tugas kuliah atau pekerjaan kantor.
 
Dalam menentukan destinasi liburan, kamu tipe yang seperti apa sih? Apakah kamu tipe orang yang memilih menunggu untuk dapat pergi ke destinasi liburan impian kamu atau tipe orang yang tidak mempermasalahkan tempat liburannya, asalkan bersama orang-orang yang dapat membuat nyaman?
 
Tipe yang mana pun kamu, jangan sampai kamu salah langkah dalam merencanakan liburan. Perencanaan liburan yang buruk bisa berujung malapetaka juga loh bagi agenda istimewamu ini.
 
Salah satu aspek yang paling penting untuk diperhatikan, ke mana pun destinasi liburan dan bersama siapa pun kamu pergi adalah perencanaan keuangan dan penganggaran yang matang.
 
Jangan sampai kamu kebelet liburan tanpa mempedulikan bahwa dompetmu sedang tiris. Ingat, liburan impian terealisasi ketika kamu bisa mendanai semua kebutuhanmu sendiri selama berlibur. Ini artinya, kamu tidak perlu bergantung kepada orang lain untuk bersenang-senang.
 
Mau beli barang apa pun, bersenang-senang ke tempat wisata seperti apa pun, bisa saja! Karena ada dananya! Asik kan? Mau tahu tips jitu biar liburan impianmu tercapai? Intip dulu nih!
 

Tabung Gaji Kamu Selama Seminggu

Tentu saja menabung adalah syarat pertama untuk dapat mengumpulkan dana berlibur yang ideal. Tapi kamu tidak perlu menyiksa diri dan memiskinkan diri selama menabung kok. Liburan impianmu bisa tercapai hanya dengan menabung gajimu selama seminggu.
 
Sebenarnya, jumlah dana yang harus ditabung akan berbeda-beda sesuai dengan tujuan wisata kamu. Tapi, kalau kamu berencana untuk menghabiskan short weekend getaway ke pulau dewata bali bersama teman-teman, menabung gajimu selama seminggu sudah cukup menjadi solusi finansial.
 
Perlu diperhatikan, kemana pun destinasi liburan kamu, yang terpenting adalah menyesuaikan agenda kegiatan dengan anggaran yang kamu punya. Jika kamu adalah warga Jakarta yang hanya ingin berlibur ke kota Bandung, anggaranmu bisa saja tetap bengkak kalau agenda yang kamu rencanakan adalah shopping frenzy selama dua hari.
 

Garage Sale untuk Dana Liburan Impian

Coba deh iseng-iseng buka lemari bajumu atau lihat baik-baik rak sepatumu. Pasti ada pakaian yang sudah tidak kamu suka lagi warna dan modelnya. Kalung mutiara yang kamu bulan lalu belum pernah kamu pakai sama sekali loh, mungkin kamu hanya impulsif membelinya tapi tidak benar-benar menyukai aksesoris tersebut.
 
Akan selalu ada barang-barang untuk dieliminasi dari lemari. Sambil merencanakan dan menganggarkan liburan, tidak ada salahnya menyortir pakaian dan sepatu yang sudah tidak pernah kamu gunakan lagi dan buka garage sale.
 
Di era digital ini, banyak sekali cara mudah untuk menjual barang-barang pre-loved kamu. Kamu hanya perlu foto barangnya, bisa pakaian, sepatu, tas, aksesoris, hingga perabota rumah tangga yang masih layak pakai, lalu upload fotonya ke sejumlah marketplace. 
 
Nah, jangan lupa berikan deskripsi kalau barang tersebut telah kamu pakai selama jangka waktu tertentu. Cantumkan juga alasan kamu menjual pre-loved item kamu. Salah satu hal terpenting dalam menjual barang bekas adalah mengedepankan kredibilitas. Kamu harus bisa meyakinkan calon pembeli bahwa barang yang kamu jajakan kualitasnya masih bagus.
 
Dengan cara ini, kamu bisa saja memiliki langganan setia jika kamu bermaksud untuk menjual pre-loved items kamu lagi di masa depan. Seru kan!
 

Manfaatkan Hak Cuti

Untuk kamu yang sudah bekerja, pastikan jadwal berlibur kamu sudah disesuaikan dengan hak cuti yang kamu dapatkan dari kantor. Lebih spesifik lagi, pastikan gunakan hak libur berbayar kamu. Dengan cara ini, kamu tidak akan kehilangan pendapatan meskipun kamu sedang berlibur dan tidak datang ke kantor. Liburan impian bisa jadi semakin menyenangkan karena kamu tahu anggaran untuk kebutuhan sehari-hari di bulan selanjutnya tidak terpotong.
 

Pilih Destinasi Liburan Dengan Nilai Tukar Rupiah Tinggi

Jika rencana liburanmu adalah wisata mancanegara, maka salah satu cara untuk mengakali liburan impian agar lebih berkesan adalah memilih destinasi wisata dengan nilai tukar rupiah yang tinggi. Jika kamu memilih negara dengan nilai mata uang di bawah rupiah maka dana liburan yang kamu sisihkan bisa bernilai lebih besar. Sehingga kamu bisa membeli lebih banyak barang tanpa harus menghabiskan lebih banyak uang.  
 

Sewakan Rumah Saat Liburan

Jika kamu menghabiskan liburan impian dengan keluarga, tidak ada salahnya loh menyewakan rumah selama kamu pergi. Selain mendapatkan keuntungan, kamu juga dapat memastikan bahwa rumahmu aman karena ada yang menempati selama kamu tinggalkan. Asalkan kamu sudah terlebih dulu memastikan bahwa orang yang menyewa rumahmu dapat dipercaya. Sekarang ini, kamu bisa upload rumhamu untuk sewa harian di berbagai aplikasi online yang khusus menyediakan penginapan. Nah, uang tambahan dari penyewaan rumah ini juga bisa digunakan untuk menambah anggaran liburanmu kan
 

Mempersiapkan Rekening Liburan

Seperti yang telah dibahas pada poin pertama, liburan impian dapat lebih cepat terwujud jika kamu menabung anggaran untuk liburan. Nah, agar kamu dapat konsisten menabung dan tabungan liburanmu aman alias uangnya tidak terpakai untuk kebutuhan yang lain, ada baiknya loh kamu membuka rekening khusus untuk dana liburanmu. Setelah itu, tentukan transfer otomatis ke dalam rekening tersebut setiap minggu atau setiap kamu baru saja menerima gaji. Degan cara ini, dijamin deh anggaranmu untuk mencapai liburan impian akan segera terpenuhi. Cara lainnya adalah dengan rajin-rajin mencari promo hotel atau penerbangan yang bisa memberikanmu banyak potongan untuk biaya akomodasi dan tempat tinggal selama liburan.
 

Buat Uangmu Bertumbuh Sendiri

Sekarang, kita sampai pada bagian yang penting. Apakah menurut kamu ada cara yang lebih efektif daripada menabung? Tentu saja ada. Untuk tujuan jangka pendek, kamu bisa menginvestasikan uang kamu di reksa dana pasar uang atau pendapatan tetap.
 
Kenapa lebih baik menginvestasikan uang daripada menabung? Karena keuntungan yang kamu dapatkan akan jauh lebih besar! Dalam berinvestasi ada istilah compound interest (bunga berbunga) yang berarti kamu bisa mendapatkan keuntungan dari akumulasi bunga yang telah kamu dapatkan. Dengan kata lain, menginvestasikan uangmu membuat nilainya semakin meningkat.
 
Selain itu, reksa dana adalah salah satu jenis investasi dengan likuiditas yang tinggi. Maksudnya, kamu dapat mencairkan uangmu beserta keuntungan yang kamu dapatkan, kapan saja ketika kamu membutuhkan, Ditambah lagi, untuk tujuan jangka pendek umumnya risiko yang muncul tidak terlalu besar.
 
Berinvestasi reksadana adalah pilihan paling bijaksana dalam merealisasikan liburan impian yang sudah kamu dambakan!

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait