Cara Berjualan Online Lewat Instagram untuk Pemula

Cara Berjualan Online Lewat Instagram

Berjualan online sebenarnya mudah saja dilakukan jika kamu tahu cara berjualan online dengan tepat. Berjualan online saat ini menjadi alternatif bagi mereka yang ingin berjualan, tapi cukup berat menyediakan tempat berjualan karena bakal menambah biaya pengeluaran. Namun, berkat keberadaan internet yang sekarang menjadi bagian hidup dari orang-orang, berjualan pun sekarang bisa hanya dengan mengandalkan internet.

Tentu kamu memiliki akun media sosial Instagram bukan? Kamu bisa memanfaatkannya untuk berjualan tanpa harus memiliki toko fisik yang menambah beban modalmu. Lalu bagaimana cara berjualan online dengan Instagram bagi kamu yang belum pernah melakukannya? Yuk, disimak cara-cara berikut ini.

Tekad kuat

Tumbuhkan tekad yang kuat untuk berjualan online. Ini penting agar kegiatan berjualan kamu tidak berhenti di tengah jalan. Tekad menjadi pondasi utama agar kamu terus semangat melakukan jualan online tanpa takut gagal. Gali dari dalam dirimu untuk menumbuhkan tekad ini.

Memiliki produk untuk dijual

Cara berjualan online selanjutnya adalah, kamu tentu saja harus memiliki produk yang dijual. Produk ini tidak harus kamu buat sendiri, tapi bisa juga didapat dari produk yang awalnya dijual orang lain.

Namun, produk yang dihasilkan dari kreativitasmu sendiri terbilang lebih menjanjikan, karena itu akan menjadi ciri khas tokomu. Berjualan online bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar untukmu karena itu jangan ragu tunjukkan kreativitasmu.

Mendaftar di Instagram

Instagram menjadi media yang tepat untuk berjualan online karena pengguna dari Indonesia dilansir menjadi ke-4 terbanyak di dunia. Tentu saja kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.

Mendaftar di Instagram pun tidak memerlukan biaya, alias gratis. Yang penting kamu memiliki koneksi internet yang bagus. Beri nama di Instagram milikmu itu sesuai dengan nama toko yang kamu inginkan. Ini juga hanya butuh waktu beberapa menit saja.

Mengaktifkan fitur bisnis Instagram

Cara berjualan online berikutnya adalah mengaktifkan fitur bisnis di Instagram milikmu. Untuk mengaktifkan fitur bisnis, kamu membutuhkan Halaman Facebook atau Facebook Page yang dibuat khusus untuk toko online-mu.

Halaman Facebook ini akan dihubungkan dengan akun Instagram milikmu, dan kamu pun bisa melakukan promosi. Jangan lupa cantumkan kontak yang bisa dihubungi berupa email dan nomor telepon.

Posting produk di feed Instagram

Sekarang, kamu bisa mem-posting foto-foto produk di akun Instagram milikmu. Ada baiknya foto produkmu terlebih dahulu dipercantik dengan bantuan software photo editing. Jangan lupa beri deskripsi setiap mem-posting foto produkmu. Biasanya calon pembeli penasaran dengan harga.

Lakukan promosi berbayar

Setelah fitur bisnis di Instagram aktif, maka kamu pun akan bebas melakukan promosi. Manfaatkan fitur promosi di Instagram untuk mengiklankan produk-produkmu. Biaya promosi bisa kamu sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Ada fitur lokasi, waktu, dan target pembeli yang bisa kamu tentukan. Fitur ini sangat berguna. Fitur ini akan memudahkan algoritme Instagram mendekatkan calon pembeli ke akun Instagram bisnismu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait