Belajar Internet Marketing ala Anne Ahira yang Bisa Diikuti

internet marketing
internet marketing

Anne Ahira dikenal sebagai wanita yang sukses di bidang internet marketing yang ketika itu internet marketing bahkan belum sepopuler dan dimanfaatkan secara luas seperti sekarang. Dengan blog pribadinya, wanita tersebut bisa mendapatkan pundi-pundi uang dengan memanfaatkan AdSense yang terpasang.

Saat itu belum ada yang namanya YouTuber, belum ada yang namanya influencer, belum ada orang yang memanfaatkan Instagram untuk endorse, tapi Anne Ahira sudah bisa melihat potensi media sosial untuk dijadikan sebagai media internet marketing.

Sekarang mungkin website Anne Ahira itu sudah menghilang karena hal yang tidak diketahui, tapi karena ia pernah membuka kelas internet marketing, kamu perlu mengetahui hal-hal yang bisa kamu manfaatkan agar promosi yang kamu lakukan melalui internet marketing berjalan dengan sukses.

Jika kamu perhatikan brand-brand besar sekarang memanfaatkan berbagai macam cara agar masyarakat aware terhadap nama brand mereka. Sekarang membuat iklan tidak lagi hanya memanfaatkan televisi, tapi promosi melalui internet juga sangat menghasilkan. Apalagi kamu tidak perlu memiliki produk sendiri, kamu bisa memanfaatkan produk orang lain dan membantu produk itu terjual habis.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan dalam internet marketing ini. Inilah cara-cara yang Anne Ahira lakukan yang bisa kamu jadikan pedoman dalam memanfaatkan internet untuk promosi.

Memiliki Website yang Punya Domain

Jika kamu perhatikan sekarang, perusahaan-perusahaan besar sudah memiliki website sendiri yang diberi nama persis seperti nama perusahaannya. Keberadaan website ini tidak hanya penting untuk promosi, tapi juga sebagai identitas. Ketika seseorang ingin mengetahui perusahaan apakah itu, mereka pasti akan mencarinya terlebih dahulu melalui website.

Nah, kamu bisa memanfaatkan hal itu juga untuk branding dirimu sendiri. Melalui website yang punya domain sendiri. Website dengan domain ini tentunya berbayar, dan biasanya memiliki paketnya sendiri yang bisa dibayar per bulan atau per tahun. Untuk membuat website-nya, kamu bisa membuat website yang paling sederhana, tidak perlu rumit seperti website-website yang dimiliki oleh perusahaan besar.

Website ini bisa dipasangi AdSense atau iklan berbayar yang kamu bisa mendapatkan pundi-pundi, setiap kali orang mengklik iklan tersebut. Namun, memang agar bisa dipasang iklan ini ada syarat yang harus dipenuhi.

Kamu harus rajin update website dengan tulisan aslinmu. Tulisan asli, bukan saduran, apalagi tulisan yang menyontek karya orang lain. Minimal kamu harus update setiap hari. Dan jika kamu memiliki pengunjung yang setia, kamu bisa saja dikontak oleh perusahaan untuk membantu promosi produk mereka.

Membuat Kata Kunci Tersendiri

Kata kunci ini bukan semacam password atau hal lain yang harus disembunyikan. Justru kata kunci ini harus terlihat dan membuat produk yang kamu tawarkan jadi lebih dikenal. Pastikan kata kunci ini menunjukkan ciri khasmu. Kita lihat saja dengan Gojek yang punya kata kunci #PastiAdaJalan, kamu bisa memulainya dengan menggunakan kata kunci yang kamu inginkan. Memang untuk menghadirkan kata kunci sederhana, tapi langsung bisa membuatmu lebih dikenal ini agak susah, harus dipikirkan agak lama. Namun, ketika kamu menemukan kata kunci ini, kamu bisa menggunakannya sebagai hastag yang akan membuat publik di internet mengenalimu.

Memanfaatkan Media Sosial

Promosi di media sosial ini memang gampang-gampang susah. Namun, kamu harus mengingat bahwa banyak sekali bisnis-bisnis sukses yang memulai bisnisnya dari media sosial. Contohnya saja Vanilla Hijab yang sekarang menjadi usaha yang besar dan sekali mengeluarkan produk terbaru, produknya biasanya akan ludes dalam waktu beberapa menit saja.

Mereka memulai bisnis dari Instagram, dan pengguna Instagram di Indonesia itu cukup banyak dan dari berbagai macam umur. Kamu juga bisa memanfaatkan Facebook Page untuk melakukan bisnis, dan ada cara atau strategi yang bisa kamu pelajari agar kampanye promosi yang kamu lakukan sukses besar.

Ketika melakukan promosi di Instagram maupun Facebook, tidak masalah untuk pertama, kamu mengeluarkan uang, alias berbayar. Hal ini bisa cukup membantumu dalam membangun bisnis di awal-awal. Baru setelah kamu sudah punya pelanggan setia, untuk promosi berbayar ini bisa kamu lakukan hanya sesekali.

Memanfaatkan Marketplace untuk Berjualan

Jika kamu tidak sempat untuk mengurus website sendiri, dan buatmu untuk promosi di media sosial itu tidak cukup, kamu bisa memanfaatkan marketplace untuk berjualan. Marketplace sekarang sudah ada cukup banyak di Indonesia. Sebut saja Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, dan lainnya.

Coba kamu perhatikan, brand-brand besar saja membuka usaha mereka di marketplace yang disebutkan di atas agar bisa semakin mudah dijangkau oleh masyarakat. Namun, kamu jangan khawatir bersaing dengan brand-brand besar karena banyak usaha-usaha kecil pun tetap eksis, bahkan orderan melimpah ketika mereka masuk ke markertplace.

Jika kamu ingin menjual produkmu dalam skala internasional, kamu bisa mengandalkan marketplace yang lebih global seperti Alibaba dan Amazon. Pokoknya inti dari berusaha ini adalah kamu jangan takut untuk mencoba.

Untuk membuat promosi di internet sekarang banyak hal yang harus kamu pelajari. Dan yang terpenting setelah kamu belajar, kamu harus berani mempraktikannya secara langsung karena dari sana kamu akan mendapatkan pengalaman yang berharga.

Anne Ahira dahulu memulai semuanya sendiri dan belajar secara otodidak. Ia menemukan formula internet marketing sendiri, dan menyebarkannya kepada banyak orang. Dulu bahkan belum ada yang tahu formula internet marketing itu seperti apa. Sekarang kamu bisa mendapatkan ilmu internet marketing dari internet itu sendiri. Karena itu selamat mencoba ya.

Bacaan menarik lainnya:

Prentice Hall. Kurtz, D. & L.E. Boone. (2006). Principles of Marketing. London: Thomson


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait