Aplikasi Buffer Optimalkan Manajemen Media Sosial

aplikasi buffer
aplikasi buffer

Aplikasi Buffer memungkinkan user menyusun keseluruhan rangkaian jadwal posting konten di semua media sosial. Lalu bagaimana untuk mengoptimalkannya? Simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Sebagai Profesional milenial, media sosial adalah perlengkapan pendukung karir yang sama pentingnya dengan Curriculum Vitae. Jadi, merancang aktivitas semua akun media sosialmu sama pentingnya dengan merancang kualitas materi kontennya. Untuk mengoptimalkannya, diperlukan sebuah manajemen yang siap bekerja 24/7 sebagai asisten terpercaya dalam mencapai kesuksesan personal branding seorang profesional milenial, bernama: Buffer.

Apa itu Buffer?

Dalam ilmu pengetahuan komputer, buffer data (atau biasa disebut sebagai buffer) adalah sebuah area bagian dari sebuah fisik tempat penyimpanan memori, yang digunakan untuk menyimpan data secara sementara, saat sedang dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Sebuah buffer bisa digunakan ketika sedang memindahkan data antara processor-processor di dalam sebuah komputer.

Tapi Buffer yang jadi topik kali ini adalah sebuah aplikasi social media manager yang yang dianggap paling handy (berguna) untuk men-share konten keren ke Twitter, Facebook dan LinkedIn dari manapun, hanya dengan 1 klik, secara gratis maupun berbayar.

Dengan menggunakan aplikasi ini, user akan bisa mengunjungi berbagai website yang disukai dan menjadwalkan postingan konten tersebut, atau konten karya pribadinya sendiri ke Buffer secara langsung maupun dalam antrian, guna jadi postingan selanjutnya di akun-akun media sosialnya.

Buffer terintegrasi langsung ke Facebook.com dan tweetdeck.twitter.com. Tombol share image yang keren juga akan muncul untuk membuat share gambar/foto lebih lancar. Integrasi ini bisa dinonaktifkan di setting page.  

6 Alasan Kuat untuk Memanfaatkan Aplikasi Buffer untuk Mengelola Media Sosial

Jika user seorang profesional milenial yang sibuk, pasti sulit untuk sering-sering meluangkan waktu untuk memposting konten keren demi menjaga rating akun-akun media sosial. Karena itulah ada beberapa alasan mengapa Buffer menjadi pilihan tepat untuk digunakan:

Bisa Mengelola Beberapa Akun Twitter, Facebook, dan LinkedIn Sekaligus

Ini artinya, setiap kali user memposting sebuah update, ia dapat mengaturnya untuk dikirimkan ke salah satu atau semua akun dalam jaringan-jaringan yang berbeda secara berkesinambungan.

Bisa Menyusun Jadwal update

Fitur utama Buffer adalah kemampuan untuk menyusun jadwal tweeting atau update tersendiri untuk masing-masing akun yang dikelola di dalamnya.  Di dalam account setting, user bisa menyusun 1 atau lebih pola buffer untuk beberapa hari berbeda dalam seminggu. Dengan cara ini, user bisa memiliki begitu banyak update dari Senin hingga Jumat, dan menyebarkan beberapa update sepanjang weekend saat tingkat minat visitor berkurang.

Bisa Menambahkan Update dengan Cara Mudah

Begitu sudah memiliki susunan jadwal update di Buffer untuk tiap akun media sosial, user pun bisa dengan mudah menambahkan update-update baru di dalam tampilan interface yang sederhana. Cuma tinggal edit saja updatemu, lalu select media sosial yang diinginkan untuk memuatnya. Buffer akan menempatkan update itu dalam slot waktu yang tersedia berikutnya dalam jadwal update.

Bisa Digunakan dari Mana Pun, Kapan Pun

Buffer menawarkan banyak aplikasi, ekstension dan ekstra, yang memungkinkan user menggunakan Buffer dengan tempat-tempat online berbeda yang variatif.

Mulai dengan install ekstension Buffer untuk Google Chrom, Firefox atau Safari. Berikutnya user akan mendapatkan tombol di sisi atas browser (biasanya sisi kiri atau kanan dari tombol browser’s address – tergantung jenis browser yang digunakan) untuk menambahkan update ke Buffer. Dengan mengklik tombol itu, user bisa mengupdate 1 atau lebih akun sosial media dengan sebuah link laman yang sedang dibrowsing maupun dari jaringan media sosial itu sendiri, men-tweet dari Twitter, Facebook dan network lainnya.

  • Buffer men-tweet menggunakan tombol Twitter Retweet.
  • Buffer juga akan muncul sebagai sebuah pilihan dalam layar dialog tombol retweet.
  • Buffer men-tweet dari Google Reader.

Jika user menggunakan Google Reader untuk mensubscribe blog favoritnya via RSS, maka user bisa menggunakan Buffer untuk menshare postingan yang sedang dibaca dalam Google Reader.

Bisa Digunakan di Smartphone

Para pengguna smartphone juga tak ditinggalkan. User dapat mendownload aplikasi mobile Buffer untuk iPhone dan Android di AppStore dan GooglePlay. User juga memberi bookmark untuk menambahkan update ke Buffer dari browser smartphone.

Bisa Melihat Tweet Mana yang Paling Disukai.

Aspek yang bisa diketahui adalah:

  • Jam berapa tweet user mendapat perhatian tertinggi.
  • Topik apa yang paling disukai.
  • Siapa saja yang berinteraksi dengan tweet user.

Buffer analytics memiliki semua data itu serta analisa tentang tweet mana yang paling banyak dapat retweet, mention, klik, sorotan pembaca potensial dan favorites. Selain itu, Buffer juga menambahkan analisa tambahan untuk share Facebook dan LinkedIn!

Tersedia dalam Berbagai Paket

Buffer mampu mengelola jadwal aktivitas 1 akun Twitter, Facebook (page atau profile) dan LinkedIn dengan 10 updates secara gratis. Atau, bisa juga secara beberapa paket berbayar:

Paket seharga USD 10,-/Rp140.000an per bulan untuk mengatur 12 profil sosial, memposting dalam jumlah tak terbatas di Buffer, bahkan menambah 2 member untuk membantu mengatur semuanya.

3 jenis paket untuk agensi atau perusahaan, yaitu:

  • Small USD 99,-/ Rp1.386.000 per bulan
  • Medium USD 199,-/Rp2.786.000 per bulan
  • Large USD 399,-/ Rp5.586.000 per bulan

Kelebihan Buffer Adalah Kesederhanaan yang Efektif

Dibanding Hootsuite yang generik dan Post Planner yang memfokuskan kualitas konten, keunggulan aplikasi Buffer dari kompetitornya adalah kesederhanaan yang efektif. Buffer  memiliki desain user interface yang terkesan bersih, sederhana dan sangat mudah dimengerti, yang memudahkan user dalam membuat susunan jadwal dan posting konten, memendekkan link yang panjang dan menyediakan analytics bagi akun media sosial:

  • Facebook, Twitter, LinkedIn, Pinterest, Google+.

Buffer juga menawarkan Pablo, yaitu tool untuk keperluan visual, meskipun tidak sekuat dan se-flexible integrasi Canva pada Post Planner.

Jelas ya, ada cukup banyak alasan bagi Profesional milenial untuk menggunakan Buffer guna mengoptimalkan kinerja media sosial dalam mensukseskan personal branding. Tapi jangan lupa untuk mendampingi kesuksesan personal branding di masa depan dengan kesuksesan finansial, yang juga harus dimulai dari sekarang dengan berinvestasi di produk investasi yang fleksibel dan menguntungkan.

Contohnya seperti reksa dana di Ajaib yang dengan minimum modal hanya Rp10.000 dan menyandang status kelulusan dari program pembinaan inkubator startup terkemuka Y Combinator di Silicon Valley, serta pengawasan penuh Otoritas Jasa Keuangan, masih jadi pilihan berinvestasi reksa dana yang cerdas dan berakal sehat untuk kaum milenial!


 Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait