Bisnis & Kerja Sampingan, Dunia Kerja, milenial

Ini Manfaat Media Sosial Linkedin untuk Pebisnis Digital

Sebagian besar dari kamu pasti sudah tidak asing dengan yang namanya Linkedin kan. Media sosial ini memberi kemudahan bagi para profesional untuk mencari atau mendapatkan suatu pekerjaan. Tak hanya itu, jejaring sosial yang satu ini juga berguna bagi pebisnis dan juga CEO untuk mencari calon karyawan yang berpotensial.

Bagi yang baru pertama kali mendengar pasti bingung apa sih itu Linkedin? Berbeda dengan media sosial seperti Facebook atau Twitter yang membangun pertemanan, Linkedin ini lebih menyasar ke kalangan para pekerja, profesional hingga pebisnis. Bisa dibilang fungsinya lebih mirip seperti CV Online.

Nah, buat kamu pebisnis digital menggunakan media sosial ini memberikan manfaat yang banyak loh. Mau tau? Baca ulasannya berikut ini:

Merekrut Karyawan Terbaik

Media sosial yang satu ini sangat membantu buat pebisnis dalam merekrut karyawan sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan. Menemukan karyawan yang berkualitas tidak sulit, Linkedin akan memberikan memberikan informasi dan referensinya untuk kamu seleksi. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan jaringan mereka untuk menemukan kandidat terbaik.

Sumber Informasi Mencari Calon Karyawan

Sebelum merekrut pekerja, mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari calon kandidat tentu hal yang sangat penting. Linkedin memiliki fungsi memperlihatkan data profil atau resume online yang bisa dilihat dengan mudah. Biasanya para pekerja profesional akan menyertakan latar belakang pendidikan, kompetensi, keahlian, serta pengalaman kerja.

Kamu bisa dengan cepat dan mudah mencari tahu profil calon karyawan terlebih dahulu di media sosial ini. Ini jadi salah satu cara terbaik dalam merekrut karyawan yang berkualitas dengan berbagai macam pengalaman dan kompetensinya.

Perluas Network

Di media sosial yang didirikan pada tahun 2003 silam ini, kamu pun bisa memperluas network dengan memanfaatkan beragam jaringan profesional yang ada. Di situ kamu bisa terkoneksi dengan berbagai macam spesialis di bidangnya dan menemukan prospek bisnis yang baru.

Cara Termudah Mendapatkan Referensi

Linkedin memberi manfaat bagi kamu para pebisnis untuk mencari referensi calon karyawan dengan mudah. Dengan referensi tersebut kamu bisa melihat apakah orang tersebut punya kinerja dan etos kerja yang sesuai kualifikasi kamu di perusahaan tempat ia bekerja sebelumnya.

Tidak Buang-Buang Waktu

Jika selama ini kamu membuang terlalu lama waktumu untuk menemukan pakar pada suatu bidang tertentu, maka di Linkedin hal itu tidak akan kamu alami. Karena media sosial untuk profesional ini punya direktori pasar yang sangat luas. Kamu bisa dengan cepat menemukan baragam pakar di berbagai bidang ilmu. Linkedin memiliki fitur pencarian tingkat lanjut untuk mencari referensi dengan keahlian tertentu atau bisa juga melakukan riset pasar yang juga mudah.

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan fitur chit-chat atau tanya jawab dengan Linkedin untuk mendapatkan semua informasi yang ingin dikumpulkan. Masih ada fitur InMail yang memungkinkan kamu menghubungi siapa saja secara langsung.

Setelah kamu membacanya, ternyata cukup banyak kan manfaat dari Linkedin untuk membantu para pebisnis. Media sosial ini jadi cara yang paling mudah untuk menjaga hubungan antara profesional dan pebisnis dengan efektif dan juga efisien. Fitur-fitur yang dihadirkan Linkedin pun cukup lengkap dan saat ini sudah bisa mendukung 17 bahasa.

Tak hanya untuk mencari calon karyawan saja, Linkedin juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan marketing atau beriklan kepada target yang diinginkan. Sebab Linkedin memiliki banyak audience yang lebih spesifik. jadi sangat membantu para pebisnis.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait