Langkah Mudah Jualan Online Bagi Pebisnis Pemula

langkah mudah jualan online
langkah mudah jualan online

Jualan online sedang menjadi bisnis populer di kalangan generasi milenial, terutama bagi milenial yang hobi berselancar di Internet. Pasalnya, bisnis ini bisa dilakukan di mana saja, bahkan di rumah sekalipun. Bukan hanya itu, kebanyakan dari mereka memilih bisnis ini dikarenakan modal yang sangat minim, bahkan ketika mereka memilih bisnis dropship, mereka bisa menjalankan bisnis tanpa modal 1 persen pun. Melakukan kegiatan jualan online membutuhkan internet sebagai modal utama. Internet saat ini mampu mendorong kamu untuk melakukan bisnis dengan cepat dan dijadikan sumber utama penghasilan. Lalu adakah langkah mudah jualan online? Simak ulasan berikut ini.

5 Langkah Berjualan Online

Meski terbilang mudah dan bisa dilakukan di mana saja, namun saat ini banyak orang yang beralih melakukan penjualan secara online. Hal ini tentu membuat pengsuaha baru yang terjun di dunia online menjadi sedikit sulit karena banyaknya persaingan yang ada. Lalu, bagaimana langkah mudah jualan online bagi pemula? Berikut ini adalah beberapa langkah mudah jualan online yang bisa diterapkan bagi pebisnis pemula yang ingin memulai usaha:

1. Luruskan Niat, Miliki Mindset Bisnis yang Benar

Ya, temukan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, maupun orang-orang di sekitar kita. Ketahui apa yang menjadi kesulitan mereka, dan hal-hal lain yang mungkin bisa menjadikan hidup mereka lebih baik.

Tawarkan solusi, dan dapatkan imbalan atas solusi yang kamu berikan. Prinsip ini adalah hal yang penting di dalam berbisnis. Apalagi untuk masa-masa awal memulai.

Mungkin untuk tips ini terdengar agak melenceng dengan prinsip: Temukan Passion di pembahasan sebelumnya. Namun passion bukanlah hal pertama yang pertama dicari, setidaknya dalam berbisnis. Melainkan solusi lah yang dibutuhkan.

2. Putuskan Apa yang Mau Kamu Jual

Langkah kedua, adalah putuskan apa yang mau kamu jual. Sebelum benar-benar menjalani suatu siklus bisnis, kamu harus berlatih menjual lewat internet terlebih dahulu.

Ini adalah beberapa tips cara menemukan produk yang akan dijual:

a. Carilah apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dan carilah apa yang dibutuhkan oleh orang-orang di sekitar kamu.

b. Kamu adalah problem solver, jadi kamu adalah pemberi solusi dari permasalahan orang-orang.

c. Tukar manfaat yang bisa kamu berikan, menjadi sebuah bentuk transaksi yang saling menguntungkan.

Setelah memutuskan apa yang ingin kamu jual, pastikan juga kualitas produk kamu. Mungkin mudah mendapatkan pelanggan untuk pertama kalinya, namun apakah mereka bisa loyal pada produk dan bisnis kamu? Tentu akan sulit jika produk yang kamu miliki tidak berkualitas, atau mungkin layanan yang kamu berikan kurang baik. Jadi untuk memastikan pelanggan membeli produk kamu secara. terus menerus, cobalah buat produk kamu lebih berkualitas dan berikan layanan terbaik untuk mereka.

3. Buat Website Jualan Maupun Toko Online

Tahapan ketiga adalah membuat website jualan maupun toko online bisa juga kita sebut sebagai lapak online. Nantinya, website ini kamu gunakan sebagai tempat jualan online atau berpromosi di internet. Kalau kamu flashback ke langkah sebelumnya, kamu harus memutuskan produk-jasa apa yang mau kita jual. Bahasa mudahnya, apa yang mau kita tawarkan kepada pelanggan.

Nah, jika sudah ketemu, selanjutnya kamu harus mempromosikan supaya orang lain tahu, dan menjualnya agar kamu mendapatkan penghasilan. Untuk itu, kamu membutuhan sarana, atau dengan kata lain tempat untuk berjualan.

Namun, jika dirasa kamu belum mampu untuk membuat website. Kamu bisa mencoba memanfaatkan marketplace atau ecommerce yang saat ini mudah untuk ditemukan oleh calon pembeli, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, JD.id, Zalora, dan sebagainya.

Selain murah, kamu bisa memulai bisnis dengan mudah. Hanya perlu memasukkan produk yang ingin kamu jual, menuliskan deskripsi, dan informasi lainnya, kamu sudah bisa berjualan. Mudah bukan?

4. Lakukan Promosi Melalui Website dan Social Media

Ya, kalau konten website sudah ada, apalagi selanjutnya kalau bukan mempromosikan website bisnis kamu. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kunjungan atau trafik ke website milik kamu.

Kamu bisa memulainya dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan situs social media lain yang kamu paham.Ini adalah cara tercepat untuk menyebarluaskan informasi bisnis kamu. Apalagi jika kamu mempunyai jumlah teman / follower yang sudah cukup banyak, itu akan sangat membantu.

Nah, dalam promosi ini, yang terpenting adalah konten didalamnya. Sebelum kamu melakukan promosi dan membuat konten. Kamu bisa mulai merencanakan konten apa yang ingin kamu buat dengan melihat siapa target audience kamu, apakah laki-laki atau perempuan, apakah ibu-ibu, remaja, atau, anak kecil, berapa rentan usianya, bagaimana behaviournya, dan sebagainya.

Setelah itu, coba cari sisi unik dari produk yang ingin kamu pasarkan, kemudian sambungkan dengan target audience.

Misalnya, ketika kamu memiliki produk baju anak, kemudian target audience kamu adalah ibu muda. Kamu bisa membuat konten yang menarik mereka, seperti membuat tips memilih baju anak, fakta mengenai warna baju favorit anak, dan sebagainya. Dengan begitu, konten dalam social media kamu lebih bervariasi, tidak melulu soal jualan. Sehingga kamu bisa menarik hati para ibu dan target audience kamu lebih mudah.

Setelah membuat konten, kamu juga bisa mempromosikannya dengan meminta bantuan selebgram atau influencer. Namun, pastikan influencer yang kamu pilih sesuai dengan target audience kamu ya. Untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas, kamu juga bisa mengiklankan produk kamu melalui Facebook Ads, Instagram Ads, dan sebagainya.

Langkah mudah jualan online ini bila dilakukan dengan sungguh-sungguh akan memiliki prospek yang menjanjikan. Jadi, sudah siap bisnis online? Untuk menjadi pengusaha online yang sukses memang tidak mudah, butuh jangka panjang untuk meraih kesuksesan tersebut. Namun langkah yang tepat untuk memulai bisnis, kamu bisa dengan mudah mencapai kesuksesan tersebut.

5. Manfaatkan word of mouth marketing

Ketika bisnis kamu baru berjalan, mungkin kamu belum bisa melakukan promosi dengan budget yang tinggi. Jangan khawatir dan berkecil hati. Kamu bisa melakukan promosi secara word of mouth atau promosi dari mulut ke mulut. Faktanya, WOM marketing ini sangat memengaruhi keberhasilan bisnis, terutama di Indonesia. Di mana, behaviour orang Indonesia masih sering percaya kata orang dan mencari testimoni atau review dari orang terdekat maupun dari review yang tersedia di market place.

Jika bisnis kamu sudah berkembang, kamu juga bisa memanfaatkan selebgram, influencer, atay key opinion leader yang membantu bisnis kamu lebih dikenal oleh masyarakat luas, minimal oleh followers mereka. Biasanya ini merupakan strategi paling bekerja dan sering dilakukan bisnis lainnya. Meski tidak langsung menambah pendapatan bisnis, setidaknya produk kamu lebih dikenal oleh orang lain. Kamu mungkin juga bisa memberikan promosi, misalnya memasukkan kode promo selebgram tersebut. Sehingga, kamu pun bisa melihat sebera berimpact kah selebgram ini untuk bisnis kamu. Misalnya, kamu memberikan kode promo BUZ2 untuk selebgram A dan BUZ5 untuk selebgram B. Di akhir promo nanti kamu bisa melihat berapa banyak pelanggan yang datang dari selebgram A dan B.

Selain membantu kamu memantau selebgram yang berfungsi, kamu juga bisa medapat penghasilan dari sana. Namun, jika budget yang kamu miliki tidak masuk untuk membayar selebgram, kamu bisa meminta pelanggan untuk meninggalkan review di dalam ecommerce atau website kamu. Di awal, cobalah beri iming-iming misalnya, potongan Rp10 ribu untuk pembelian berikutnya.

Dengan review inilah, calon pelanggan bisa menilai kualitas barang serta pelayanan bisnis kamu. Cara seperti ini bisa memperlihatkan ke pelanggan bahwa kamu cukup fair dan transparan soal bisnis. Di saat yang sama, kamu bissa meyakinkan calon pelanggan bahwa praktik bisnis kamu nyata dan bukan penipuan, juga memiliki kualitas tepercaya.

Kunci Sukses yang Harus Ditamankan untuk Raih Kesuksesan

1. Siap Hadapi Kondisi Keuangan yang Tidak Menentu

Untuk menjadi pengusaha yang sukses, cobalah untuk siap menghadapi arus keuangan bisnis yang tidak menentu. Ketika kamu adalah seorang karyawan, kamu akan mendapatkan gaji dan penghasilan sesuai dengan kontrak perjanjian, juga dapat menerima uang lembur jika melewati jam kerja. Namun, ketika kamu menjadi pengusaha, kamu harus siap menghadapi kondisi keuangan yang tidak menentu, juga harus mempersiapkan keuangan dengan baik untuk memberikan gaji kepada karyawan kamu.

2. Bertanggungjawab atas Keputusan yang Diambil

Kunci sukses selanjutnya adalah pengusaha harus bertanggung jawab atas keputusan yang akan diambilnya. Ketika kamu salah mengambil keputusan, akan ada risiko yang harus kamu terima di kemudian hari. Namun, ketika kamu salah mengambil keputusan, jangan pernah menyerah, ambil kesalahan tersebut sebagai salah satu pembelajaran yang bisa kamu hindari di kemudian hari.

3. Berwawasan Luas

Seorang pengusaha juga harus memiliki wawasan yang luas. Dengan wawasan luas, kamu bisa lebih mudah melihat peluang dan celah didepannya, juga mampu membawa arah bisnis mau dibawa kemana, serta lebih cepat memutuskan langkah untuk mengembangkan bisnisnya.

4. Menganalisis Setiap Kejadian

Pengusaha yang baik harus bisa menganalisis peluang dan ancaman yang mungkin akan terjadi. Pola pikir seperti inilah harus dimiliki pengusaha agar dapat terhindar dari kesulitan atau dengan analisisnya terhadap peluang akan membuat usaha yang dimilikinya menciptakan peluang nantinya.

5. Memiliki Visi yang Jelas

Seorang pengusaha yang baik harus memiliki visi dan misi yang jelas demi mencapai tujuan bisnis, dan mengembangkan bisnis dalam jangka waktu dekat dan panjang. Dengan visi misi yang jelas, kamu bisa lebih mudah menentukan rencana yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

6. Fleksibel dan Tidak Kaku

Seorang pengusaha juga harus memiliki pola pikir yang fleksibel dan tidak kaku. Dengan begitu, kamu bisa mampu mengikuti perkembangan zaman sehingga mempermudah kamu untuk beradaptasi terhadap perkembangan zaman.

7. Pantang Menyerah

Tidak ada pengusaha yang sukses tanpa pernah mengalami kegagalan dalam bisnis. Namun, mereka bangkit dan terus berusaha. Hal inilah yang membuat pengusaha bisa sukses menjalankan bisnisnya. Jadi, ketika kamu ingin mencapai kesuksesan, kamu harus memiliki pola pikir dan semangat pantang menyerah meski sering mengalami kegagalan.

Itulah beberapa langkah dan kunci sukses yang harus kamu lakukan dan tanamkan dalam diri untuk mencari dan menggapai kesuksesan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait