7 Cara Make Money Melalui Internet, Mau Coba?

Cara Make Money Cepat Kaya

Make money atau menghasilkan uang secara online bisa dilakukan di jaman sekarang. Hampir semua orang sudah ketergantungan dengan internet. Internet telah membuka begitu banyak kemungkinan bagi orang-orang tanpa memandang usia, lokasi, atau latar belakang untuk membangun bisnis online atau proyek sampingan yang berkelanjutan yang dapat menghasilkan uang tambahan secara online setiap bulannya.

Dengan lebih dari 3,2 miliar orang yang sekarang aktif menggunakan internet, Anda mempunyai peluang besar untuk menghasilkan uang dan membangun bisnis secara online.

Ada berbagai cara pintar untuk menghasilkan uang secara online. Mulai dari survei online, menyewa atau menjual pakaian lama Anda, membuat video tutorial di YouTube, dan bahkan membeli produk murah secara lokal, hanya untuk menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi di situs jual-beli atau media sosial.

Begitu banyak cara untuk make money di internet. Berikut beberapa ide yang mungkin bisa Anda terapkan

Bangun Blog Sesuai Minat Anda

Jika ada yang Anda minati dan mampu menuliskannya dalam bentuk cerita, membangun blog pribadi adalah salah satu pilihan untuk make money. Dari cerita yang Anda bagikan di blog nantinya akan banyak mendatangkan pembaca yang mengunjungi blog Anda, dan pada akhirnya akan mendatangkan iklan untuk menempelkan produk atau jasa mereka di blog Anda.

Ini salah satu cara yang asyik untuk menghasilkan uang secara online. Hobi bercerita mampu mendatangkan uang.

Membangun dan Mengembangkan Startup

Apakah Anda memiliki mimpi menjalankan bisnis Anda sendiri suatu hari? Membangun dan mengembangkan startup adalah salah satu ide terbaik untuk saat ini. Walaupun ini salah satu cara yang sulit, namun sisi positifnya ini merupakan bisnis paling potensial akhir-akhir ini.

Jika dapat berhasil membuat layanan online, alat, atau memenuhi kebutuhan yang berkembang pesat di pasar, Anda bisa berada di jalur untuk menciptakan bisnis yang sangat bernilai tinggi melalui startup. Namun, tidak diragukan lagi akan membutuhkan dedikasi yang kuat, dari mulai waktu, upaya, hingga sumber daya keuangan yang mumpuni.

Membangun E-Commerce dan Jual Produk Fisik

Jika Anda memiliki solusi yang lebih baik untuk masalah yang tidak dimiliki ratusan atau ribuan orang saat ini, terutama di bidang jual beli, Anda mungkin lebih baik mendirikan toko virtual dan menjual barang-barang fisik.

Ini mungkin salah satu cara tertua untuk make money. Banyak pengusaha digital telah menciptakan bisnis melalui e-commerce. Tapi mungkin saja Anda mempunyai ide baru di bidang e-commerce dan belum ada saat ini, maka tidak salah jika Anda mencobanya

Menjadi Freelancer dan Menjual Jasa Anda

Jika Anda memiliki keterampilan yang dapat dipasarkan, seperti menulis, mendesain, pengembangan web, pemasaran, manajemen proyek, atau apapun, salah satu cara termudah untuk menghasilkan uang adalah menjadi pekerja lepas (freelancer).

Meskipun freelancer penghasilannya mungkin tidak sebesar, namun tidak jarang memiliki penghasilan seperti orang kantoran tanpa harus datang ke kantor.

Buka Kursus Online

Membuka kursus online dan mengajarkan ilmu pengetahuan yang Anda kuasai. Jika Anda sudah menjadi ahli dalam suatu topik atau ilmu pengetahuan, Anda dapat mengemas ilmu itu ke dalam kursus bernilai tinggi dan menjualnya untuk yang membutuhkannya.

Menjual Jasa Desain Grafis Pada Bisnis Baru

Ketika Anda berselancar di internet atau media sosial seperti Instagram atau Facebook pasti Anda akan temukan bisnis-bisnis baru yang desain produk atau iklannya alakadarnya. Ini kesempatan untuk menawarkan kemampuan desain grafis Anda. 

Dengan menguasai software Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Adobe Premiere dan beberapa software desain lainnya akan banyak terbuka peluang Anda menghasilkan uang (make money) melalui keahlian ini.

Membuat Channel YouTube untuk Hiburan atau Edukasi

YouTube bisa dibilang mesin pencari terbesar kedua di dunia (setelah Google), dan merupakan situs ketiga yang paling banyak dikunjungi di dunia. Pada 2017, hampir lima miliar video ditonton di YouTube setiap hari.

Penghasilan yang Anda dapatkan dari channel YouTube lebih didasarkan pada sistem periklanan tradisional. Semakin banyak yang menonton atau menjadi subscriber Anda, semakin banyak uang yang akan Anda dapatkan.

Begini gambaran penghasilan yang akan Anda dapatkan melalui YouTube:

Setelah menyetujui Program Mitra YouTube (monetize) dan channel Anda dapat menampilkan iklan, setiap 1.000 viewer video akan menghasilkan sekitar USD2-4. Mungkin tidak tampak banyak, tetapi jika memiliki 100 video dengan masing-masing 5.000 view setiap bulannya, Anda akan mendapatkan penghasilan USD1.000-2.000.

Bayangkan saja jika video Anda mulai menyentuh jutaan penayangan seperti YouTuber Atta Halilintar atau Ria Ricis. Silakan hitung berapa penghasilan yang akan Anda dapatkan.

Make money atau menghasilkan uang saat ini tidaklah terbatas waktu dan tempat. Anda hanya butuh mencari keahlian yang Anda kuasai, lalu coba pasarkan melalui internet. Dunia internet yang begitu luas ditambah penggunaan media sosial yang begitu masif membuat peluang Anda menghasilkan uang sangat terbuka lebar. Tidak harus mempunyai kantor atau datang ke kantor, hanya butuh kreativitas dan ketekunan Anda.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait