7 Cara Make Money Melalui Internet, Mau Coba?

Cara Make Money Cepat Kaya

Ajaib.co.id. Kehadiran internet memberikan kemudahan bagi banyak hal di dunia, termasuk pula mendapatkan penghasilan. Terbukti banyak sekali panduan how to make money lewat internet yang laku keras dicari orang. Banyak yang menjadi dunia digital permulaan to start making money atau hanya sekedar extra money dari pekerjaan utamanya.

Kehadiran social media dan internet memang mengubah wajah dunia bisnis maupun usaha secara signifikan. Dampaknya bisa negatif maupun positif tergantung sudut pandang maisng-masing. Hal yang pasti ialah internet memberikan lebih banyak peluang untuk earning money jika kita jeli memanfaatkannya.

Internet melebarkan batas ruang dan waktu sehingga jangkauan bisnis atau pekerjaan yang kita jalani lebih luas. Misalkanya saja hadir opsi bekerja secara remote alias work from home yang terkoneksi dengan aplikasi digital. Pekerja tak harus hadir di kantor secara fisik namun perusahaan tetap mendapatkan kinerja maksimal dan save money karena tak perlu sewa bangunan.

Sejumlah pekerjaan juga hadir dengan keberadaan internet misalnya saja posisi virtual assistant, online business, affiliate marketing, freelance writing blog posts, sampai dengan konsultan personal finance online. Dalam hal bisnis yang sudah eksis pun, internet memberikan dampak besar dengan adanya metode digital marketing.

Bukan hanya memberikan efek besar bagi bisnis raksasa namun juga bagi small business contohnya lewat Amazon Mechanical Turk. Kini semua products and services akan mendapatkan pasarnya asalkan pandai memanfaatkan kecanggihan internet. Kehadiran sejumlah pekerjaan baru ini jelas menjadi memberikan kesempatan for lots of people untuk make money.

Peluang bertambah baik untuk menghasilkan passive income maupun active dengan cara bekerja full time, part time, short term atau long term. Kalau kamu sampai saat ini belum merasakan manfaatnya untuk menambah penghasilan maka sungguh sangat disayangkan.

Internet, Memberi Banyak Alternatif to Make Money

Make money atau menghasilkan uang secara online bisa dilakukan di jaman sekarang. Hampir semua orang sudah ketergantungan dengan internet. Internet telah membuka begitu banyak kemungkinan bagi orang-orang tanpa memandang usia, lokasi, atau latar belakang untuk membangun bisnis online atau proyek sampingan yang berkelanjutan yang dapat menghasilkan uang tambahan secara online setiap bulannya.

Dengan lebih dari 3,2 miliar orang yang sekarang aktif menggunakan internet, kamu mempunyai peluang besar untuk menghasilkan uang dan membangun bisnis secara online. Ada berbagai cara pintar untuk menghasilkan uang secara online. Mulai dari survei online, menyewa atau menjual pakaian lamamu, membuat video tutorial di YouTube, dan bahkan membeli produk murah secara lokal, hanya untuk menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi di situs jual-beli atau media sosial.

Namun dengan perkembangannya saat ini, mungkin saja kamu bingung mana cara yang paling tetap untuk dijadikan alternatif to making money. Sebenarnya, pilihannya bisa disesuaikan dengan latar belakang maupun skill yang kamu miliki. Namun agar tak kalah bersaing, kita harus terus up to date dengan perkembangan yang ada.

Begitu banyak cara untuk make money di internet. Berikut beberapa ide yang mungkin bisa kamu terapkan antara lain:

1. Bangun Blog Sesuai Minatmu

Jika ada yang kamu minati dan mampu menuliskannya dalam bentuk cerita, membangun blog pribadi adalah salah satu pilihan untuk make money. Dari cerita yang kamu bagikan di blog nantinya akan banyak mendatangkan pembaca yang mengunjungi blogmu, dan pada akhirnya akan mendatangkan iklan untuk menempelkan produk atau jasa mereka di blogmu.

Ini salah satu cara yang asyik untuk menghasilkan uang secara online. Hobi bercerita mampu mendatangkan uang. Sudah banyak yang membuktikan keampuhan cara ini untuk menghasilkan uang. Menulis tidak hanya menjadi sumber uang lewat buku atau novel karena blog posts adalah cara yang lebih cepat dan efektif di era digital ini.

2. Membangun dan Mengembangkan Startup

Apakah kamu memiliki mimpi menjalankan bisnis sendiri suatu hari? Punya ide bisnis yang unik dan jauh dari konsep konvensional? Maka jawabannya adalah mendirikan perusahaan rintisan alias startup.

Membangun dan mengembangkan startup adalah salah satu ide terbaik untuk saat ini. Walaupun ini salah satu cara yang sulit, namun sisi positifnya ini merupakan bisnis paling potensial akhir-akhir ini. Startup dipandang menawarkan inovasi yang selama ini tidak pernah dihadirkan perusahaan konvensional.

Ciri khas utama dari perusahaan rintisan adalah kejelian memanfaatkan teknologi dan internet dalam kegiatan usahanya. Dengan pemahaman pasar yang lebih baik, tidak jarang perusahaan ini bisa berkembang menyaingi perusahaan pendahulu. Ambil contoh Gojek yang sukses menjadi solusi tranportasi masyarakat terkini.

Jika dapat berhasil membuat layanan online, alat, atau memenuhi kebutuhan yang berkembang pesat di pasar, kamu bisa berada di jalur untuk menciptakan bisnis yang sangat bernilai tinggi melalui startup. Namun, tidak diragukan lagi akan membutuhkan dedikasi yang kuat, dari mulai waktu, upaya, hingga sumber daya keuangan yang mumpuni.

3. Membangun E-Commerce dan Jual Produk Fisik

Jika kamu memiliki solusi yang lebih baik untuk masalah yang tidak dimiliki ratusan atau ribuan orang saat ini, terutama di bidang jual beli, kamu mungkin lebih baik mendirikan toko virtual dan menjual barang-barang fisik. Saat ini e-commerce merupakan tempat tujuan hampir semua orang ketika ingin berbelanja.

Ini mungkin salah satu cara tertua untuk make money. Banyak pengusaha digital telah menciptakan bisnis melalui e-commerce. Tapi mungkin saja kamu mempunyai ide baru di bidang e-commerce dan belum ada saat ini, maka tidak salah jika mencobanya

4. Menjadi Freelancer dan Menjual Jasamu

Jika kamu memiliki keterampilan yang dapat dipasarkan, seperti menulis, mendesain, pengembangan web, pemasaran, manajemen proyek, atau apapun, salah satu cara termudah untuk menghasilkan uang adalah menjadi pekerja lepas (freelancer). Cara ini bisa dijadikan pekerjaan utama maupun sambilan di sela-sela kerjaan utamamu.

Meskipun freelancer penghasilannya mungkin tidak sebesar, namun tidak jarang memiliki penghasilan seperti orang kantoran tanpa harus datang ke kantor. Bahkan banyak pula yang melepaskan pekerjaannya untuk menjadi seorang freelancer di era sekarang.

5. Buka Kursus Online

Membuka kursus online dan mengajarkan ilmu pengetahuan yang kamu kuasai. Jika kamu sudah menjadi ahli dalam suatu topik atau ilmu pengetahuan, kamu dapat mengemas ilmu itu ke dalam kursus bernilai tinggi dan menjualnya untuk yang membutuhkannya.

Jangan khawatir karena semua ilmu pasti laku dan memiliki pangsa pasarnya sendiri. Misalnya saja membuka kursus menghias kue secara online atau lewat grup online terbatas. Kamu juga bisa menyelenggarakan kursus secara berkala dengan daftar anggota tetap.

6. Menjual Jasa Desain Grafis Pada Bisnis Baru

Ketika kamu berselancar di internet atau media sosial seperti Instagram atau Facebook pasti kamu akan temukan bisnis-bisnis baru yang desain produk atau iklannya alakadarnya. Ini kesempatan untuk menawarkan kemampuan desain grafismu untuk calon konsumen itu.

Berikan alternatif konsep maupun desain yang lebih baik dan sesuai dengan produk mereka untuk menarik perhatiannya. Visual adalah kunci dalam bidang ini. Dengan menguasai software Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Adobe Premiere dan beberapa software desain lainnya akan banyak terbuka peluangmu menghasilkan uang (make money) melalui keahlian ini.

7. Membuat Channel YouTube untuk Hiburan atau Edukasi

YouTube bisa dibilang mesin pencari terbesar kedua di dunia (setelah Google), dan merupakan situs ketiga yang paling banyak dikunjungi di dunia. Pada 2017, hampir lima miliar video ditonton di YouTube setiap hari. Kamu bisa mendapatkan uang dari gurita media sosial ini.

Caranya dengan membuat akun Youtube, membuat konten yang menarik dan melakukan monetisasi. Penghasilan yang kamu dapatkan dari channel YouTube lebih didasarkan pada sistem periklanan tradisional. Semakin banyak yang menonton atau menjadi subscriber-mu, semakin banyak uang yang akan didapatkan. Hal inilah yang menjadi alasan setiap Youtuber selalu meminta viewernya subscribe channel miliknya.

Begini gambaran penghasilan yang akan kamu dapatkan melalui YouTube:

Setelah menyetujui Program Mitra YouTube (monetize) dan channel Anda dapat menampilkan iklan, setiap 1.000 viewer video akan menghasilkan sekitar USD2-4. Mungkin tidak tampak banyak, tetapi jika memiliki 100 video dengan masing-masing 5.000 view setiap bulannya, kamu akan mendapatkan penghasilan USD1.000-2.000.

Bayangkan saja jika videomu mulai menyentuh jutaan penayangan seperti YouTuber Atta Halilintar atau Ria Ricis. Silakan hitung berapa penghasilan yang akan kamu dapatkan. Sungguh fantastis bukan?

Make money atau menghasilkan uang saat ini tidaklah terbatas waktu dan tempat. Kamu hanya butuh mencari keahlian yang kamu kuasai, lalu coba pasarkan melalui internet. Dunia internet yang begitu luas ditambah penggunaan media sosial yang begitu masif membuat peluangmu menghasilkan uang sangat terbuka lebar. Tidak harus mempunyai kantor atau datang ke kantor, hanya butuh kreativitas dan ketekunan maka menghasilkan uang tidak sesulit kedengarannya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait