Bisnis & Kerja Sampingan, milenial

Apa Itu Endorse? Berserta Macamnya yang Perlu Diketahui

apa itu endorse

Ajaib.co.id. Istilah endorse booming seiring dengan popularitas media sosial dan pemanfaatannya untuk promosi. Namun sebenarnya tak banyak yang benar-benar paham apa itu endorse dan bagaimana efektifitasnya untuk menggaet konsumen untuk membeli suatu produk tertentu.

Jika mengacu pada kamus, kata endorse sebenarnya bisa diterjemahkan sebagai makna dari mengesahkan atau menyetujui. Jelas jauh maknanya dibandingkan pemahaman saat ini yang cenderung kepada tindakan pemilik online shop mengenalkan produknya lewat akun media sosial yang memiliki jumlah followers besar.

Namun jika ditelusuri pemaknaan endorsment bisa dikaitkan dengan istilah dukungan. Tindakan mendukung dari artis atau selebgram pemilik akun media sosial itulah yang kemudian menjadi iklan secara tidak langsung akan produk yang dipakai.

Arti endorse sampai pada saat ini karena kemudian dukungan itu menjadi testimoni akan produk tersebut. Karena memiliki pengaruh yang besar maka kemudian sistem ini banyak dilirik pihak online shop sebagai cara marketing. Hanya saja setelah ditilik lebih jauh ternyata sistem endorse tidak selalu memberikan hasil signifikan kepada penjualan produk tertentu.

Karena memang apa itu endorse sejak awalya bukanlah sistem marketing melainkan hanya sekedar dukungan saja sehingga kurang kuat mengajak viewer untuk memakainya. Dampaknya hanya sebatas sugesti yang semakin ke sini bahkan semakin dipertanyakan keakuratan testimoni yang disampaikan oleh si tokoh.

Apa Itu Endorse? Benarkan Efektif Untuk Digital Marketing?

Sebetulnya, apa itu endorse? Apakah benar kegiatan bisnis ini bisa menghasilkan uang bagi kamu hingga ratusan juta rupiah setiap bulannya. Menarik bukan? Jika media sosial yang kamu anggap hanya untuk bersosialisasi saja dengan sahabat, teman dan keluarga tercinta maka kamu salah besar.

Ternyata bisa kamu manfaatkan di era digitalisasi seperti saat ini menjadi suatu hal yang bisa menambah penghasilanmu. Namun hal ini khusus bisa dilakukan jika akun media sosialmu punya jumlah followers yang banyak dengan sistem endorse.

Istilah ini mengacu pada sebuah aktivitas pemasaran produk yang memanfaatkan sosial media seperti Instagram, Facebook dan lain-lain. Dapat dikatakan secara sederhana seperti halnya menggunakan seorang artis untuk mengiklankan suatu produk atau brand, namun bukan hanya untuk kalangan artis atau bintang film saja melainkan masyarakat umum juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan endorse ini.

Namun pada umumnya, tidak semua akun sosial media milik kamu bisa masuk ke dalam kriteria dari para perusahaan atau agensi yang menaungi merek atau brand produk. Biasanya cara ini banyak dilakukan melalui Instagram, dimana pihak agensi mencari akun-akun Instagram yang memiliki jumlah pengikut yang banyak tentunya, ini menjadi hal yang lumrah karena dengan jumlah pengikut yang banyak mereka dapat menjangkau target audiens yang lebih luas lagi.

Bisa Jadi Penghasilan?

Tentu saja, kamu akan mendapatkan pundi-pundi Rupiah hasil dari dukungan ini yang diterima dari pihak agensi atau perusahaan yang bersangkutan, kalo besarannya tergantung dari masing-masing brand dan agensi tentunya. Berdasarkan pengalaman Ajaib, biasanya sekali endorse untuk satu postingan foto di Instagram dengan mencantumkan tag yang ingin ditarget paling kecil sebesar Rp 300.000. Namun jumlahnya bisa berbeda tergantung dengan jumlah follower yang ibaratnya mewakili cakupan postingan yang kamu buat.

Setelah kamu mengetahui apa itu endorse, tentu saja kamu perlu mengetahui beberapa macam tindakan dukungan ini berdasarkan kategorinya. Meskipun tidak banyak diketahui sebenarnya cara promosi ini bisa dibedakan menjadi beberapa cara antara lain:

1. Paid Promote

Jenis endorse ini juga dikenal sebagai promosi berbayar. Paid Promote menjadi andalan bagi perusahaan yang memiliki budget yang minim. Cara kerjanya perusahaan sudah menyediakan foto, artikel, caption, hingga tag. Yang nantinya kamu sebagai influencer atau penerima tawaran tinggal memposting hal-hal tersebut di Instagram atau media sosial lain sesuai dengan kesepakatan.

2. Paid Endorse

Kalau jenis endorse satu ini, biasanya menjadi andalan promosi bagi perusahaan besar untuk menjangkau para audiensnya. Yang membedakan antara paid promote dan paid endorse terletak pada eksekusi kampanye pemasarannya.

Kamu sebagai influencer dan penerima tawaran harus membuat script dialog, pengambilan gambar dll harus dipikirkan secara matang-matang. Semua ini disesuaikan dengan kebutuhan produk atau brand yang ingin dipromosikan. Salah satu contoh paid endorse seperti halnya yang dilakukan oleh akun youtube, Mael Lee.

Itulah pengertian endorse dan macam-macamnya yang perlu kamu pahami. Kamu harus mengetahuinya sebelum menerima tawaran endorse dari pihak agensi ataupun perusahaan untuk mempromosikan produk mereka. Ingat! Sebelum mengambil tawaran ini, ada baiknya kamu perhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku seperti tenggat pembayaran, brief dan aspek lainnya.

Sebenarnya, menerima tawaran endorse adalah hal yang positif yang bisa kamu tekuni di tengah-tengah arus era digitalisasi yang semakin lama semakin masif untuk diterapkan. Namun strategi penerapannya juga harus diperhatikan agar tujuannya sebagai cara marketing bisa benar-benar dijalankan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait