Bisnis & Kerja Sampingan

Mengenal Apa Itu Endorse dan Manfaatnya Bagi Bisnis

apa itu endorse

Ajaib.co.id – Semua pengguna akun media sosial pasti memahami apa itu endorse. Banyak artis atau selebgram berhasil mendulang uang dengan model promosi ini. Namun pernahkan kamu bertanya-tanya seberapa besar dampaknya endorsment untuk bisnis yang kamu jalankan?

Endorsment menjadi metode pemasaran produk yang berkembang dan semakin populer seiring dengan makin banyaknya pengguna Instagram. Cara ini memang jadi metode baru untuk mempromosikan produk dan mengenalkan produk lewat akun Instagram. Sebagian besar pemilik online shop paling tidak pasti pernah mencoba cara ini untuk meningkatkan penjualan.

Kalau iklan biasanya menggunakan artis sebagai wajah produknya maka endorse menjadikan pengguna Instagram yang memiliki jumlah follower banyak sebagai bintangnya. Mereka ini yang kerap disebut sebagai selebgram atau influencer dianggap punya pengaruh dan daya jual yang lebih besar dibandingkan si artis dewasa ini.

Apalagi dengan popularitas media sosial yang makin meningkat sehingga memberikan panggung tersendiri. Tidak salah jika kemudian para selebgram dinilai bisa memberikan pengaruh yang lebih kuat dibandingkan artis khususnya untuk membeli produk atau menggunakan jasa tertentu.

Apa Itu Endorse yang Dianggap Sebagai Jurus Pamungkas Internet Marketing?

Sistem endorse sebagai metode baru marketing secara online kerap jadi pertanyaan bagi banyak orang. Sejauh mana efektivitasnya khususnya untuk meningkatkan penjualan. Terlebih lagi, pemilik usaha kini juga harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk pasang endorse.

Sebetulnya, apa itu endorse? Dan apa saja jenis-jenis Endorse? Pada dasarnya pengertian endorse berasal dari kata endorsement yang artinya memberikan dukungan. Arti endorse bisa dijelaskan bahwa tindakan mendukung seorang publik figur akan produk atau jasa tertentu yang kemudian jaminan akan kualitasnya.

Sebenarnya kini sudah lama mengenal konsep ini. Sebelumnya metode ini dipakai untuk buku atau film, misalnya ada ulasan nama terkenal di poster film akan keunggulan film tersebut. Atau bisa saja review dari jurnalis mengenai buku yang bisa kita temui di halaman terakhir buku tersebut. Endorsement tersebut diberikan dari pihak terpercaya, yang berisi pujian atau dukungan mengenai sebuah produk.

Saat ini kamu pasti tidak asing lagi dengan istilah endorse. Walaupun istilah endorse banyak ditemukan pada media lain, namun pengguna internet saat ini lebih familiar dengan istilah endorse selebgram yang diposting di media sosial Instagram.

Endorsement didefinisikan sebagai dukungan atau persetujuan. Selebriti endorsement merupakan salah satu cara mengiklankan produk atau merek dan popularitasnya bisa meningkat dengan menghubungkanya pada seseorang yang sudah terkenal, misalnya selebriti. Selebriti endorser adalah semua individu yang terkenal di masyarakat dan menggunakan popularitasnya untuk mempromosikan merek atau produk yang ditampilkan dalam bentuk iklan kepada konsumen.

Citra dan kepribadian selebriti dapat dikaitkandengan persepsi pada produk yang sedang dipromosikan. Awalnya endorse juga hadir sebagai promosi marketing yang lebuh murah dibandingkan di media seperti televisi atau majalah. Pengguna awalnya ialah pihak online shop yang sifatnya masih kecil atau rintisan.

Namun belakangan kemudian sejumlah perusahaan besar juga menyadari akan efektifitasnya dalam meningkatkan brand awareness. Semakin banyaknya usaha yang menggunakan jasa inilah maka kemudian tarif endorse juga meningkat. Kita tahu ada sejumlah nama artis atau selebgram yang memasang harga fantastis untuk setiap postingan endorse-nya.

Dengan semakin maraknya penggunaan media sosial instagram, serta semakin banyaknya social media influencer, Istilah Endorsement mengalami pergeseran nilai. Apa itu endorse lebih identik dengan iklan atau promosi berbayar yang dilakukan oleh figur publik. Baik selebritis ternama, atau social media influencer, yakni seorang pengguna media sosial yang memiliki banyak pengikut.

Namun apapun maknanya sekarang, kamu harus memahami jika dalam perkembangannya kemudian tersedia banyak fitur. Jika kamu berencana memanfaatkan metode ini untuk usahamu maka sebaiknya kamu memahami lebih jauh apa itu endorse sehingga bisa mempertimbangkan dengan baik esensinya untuk omzetmu.

Endorse Berdasarkan Fitur yang Digunakan

Jenis-jenis endorse ada macamnya. Semua itu tergantung tawaran atau kerjasama di antara pihak pemilik produk, serta pemilik akun yang mengendorse produk.

  • Fitur endorse yang paling sering digunakan adalah postingan foto artis bersama produk. Foto tersebut kemudian disertai caption sesuai pesanan pemilik produk. Biasanya pemilik online shop akan mengirimkan naskah yang berisi keunggulan produk untuk kemudian dijadikan caption.
  • Selain itu, postingan endorse juga bisa berupa video. Tentu saja bayarannya lebih mahal karena biaya dan waktu produksi yang lebih besar. Pada saat seorang artis mengendorse sebuah produk dalam video, biasanya mengharuskan artis juga membaca narasi tentang produk.
  • Selain foto dan video, ada juga fitur insta story dan insta TV. Keduanya juga bisa digunakan sebagai media endorse. Pada umumnya, tarif endorse yang diberlakukan berbeda sesuai dengan format iklannya. Namun banyak pula yang memberian tarif paket yang disesuaikan dengan jangka waktu postingnya.

Endorse Berdasarkan Bentuk Kerjasama

Kalau kamu mengira endorse hanya sekedar sekali posting dan kemudian selesai maka kamu salah kaprah. Ada banyak format yang bisa kamu manfaatkan sesuaikan dengan yang ditawarkan.

Jika dilihat dari bentuk kerjasamanya, maka ada tiga jenis endorse yang biasanya diterapkan.

Paid Promote

yakni jenis endorse yang paling banyak dikenal. Dimana artis diberi contoh produk, lalu memposting foto dirinya bersama produk dan mempromosikannya. Artis tersebut akan mendapatkan bayaran sesuai kesepatakan.

Sponsorship

yakni jenis endorse dimana pemilik produk memberikan fasilitas lebih kepada artis. Biasanya endorse jenis ini dilakukan oleh pemilik brand besar, dan artis tersebut juga dikontrak eksklusif agar tidak mengendorse produk yang sama selama masa yang ditentukan.

Jenis endorse seperti ini misalnya, endorse dari perusahaan travel dimana artis tersebut diberi fasilitas berwisata ke luar negeri secara gratis. Artis Raffi Ahmad dan Syahrini dikatakan menjadi salah satu artis yang menerapkan jenis endorse ini. Atau seperti yang dilakukan presenter terkenal Melanie Ricardo, di mana dia diendorse oleh sebuah rumah sakit untuk kelahiran anak keduanya.

Model sponsorship ini memang paling mirip dengan konsep bintang iklan yang populer di waktu lalu. Dengan demikian, pengalaman si artis dan reviewnya dianggap lebih meyakinkan dibandingkan sekedar postingan biasa.

Endorse Berdasarkan Jangka Waktunya

Ada jangka waktu yang diberlakukan oleh artis untuk mempertahankan postingan produk endorse. Setiap durasi posting memiliki harga berbeda. Umumnya postingan endorse akan dipertahankan selama satu bulan. Selanjutnya postingan tersebut dihapus.

Namun ada juga yang menawarkan durasi posting yang berbeda. Ada kalanya, seorang artis yang memiliki kontrak ekslusif dengan suatu produk, dapat memposting produk setahun penuh. Seperti yang dilakukan Raffi Ahmad di mana dia hanya mengambil brand besar dan menandatangani kontrak endorse ekslusif selama satu tahun penuh per periode.

Itulah tentang apa itu endorse dan jenis-jenisnya. Buat kamu yang memiliki banyak pengikut instagram, endorse bisa menambah penghasilan cukup signifikan. Harga endorse berkisar antara ratusan ribu hingga ratusan juta. Syahrini yang digadang-gadang seorang artis endorse termahal, digadang-gadang menerima Rp100 juta untuk setiap postingannya.

Artikel Terkait