Bisnis & Kerja Sampingan

Tips Gunakan Jasa Influencer untuk Kepentingan Endorsement

endorsement

Ajaib.co.id – Saat ini melakukan endorsement bukanlah hal yang sulit. Para artis dan selebriti ibu kota banyak yang bersedia membantu kamu melakukan endorsement produk kamu, dari mulai yang cuma-cuma hingga harus merogoh kocek ratusan juta untuk melakukannya.

Saat kondisi seperti ini teknik pemasaran yang dilakukan adalah secara online maka dari itu jasa seorang influencer sangat dibutuhkan untuk mendongkrak sebuah popularitas produk kamu.

Perlu kamu tahu, saat ini banyak artis, sosialita dan pemilik instagram dengan followers banyak yang menjadi seorang influencer mengingat jasa influencer untuk endorse lumayan menjanjikan.

Terutama bagi artis-artis baru yang masih menjajaki peruntungan di bidang entertain. Namun nyatanya artis top juga mengikuti langkah yang sama untuk mendapatkan pemasukan yakni melakukan endorsement melalui kanal media sosial.

Apabila saat ini bisnis kamu adalah bisnis online, maka memanfaatkan jasa influencer untuk endorsement perlu kamu lakukan untuk memperlaris dagangan kamu. Lalu, bagaimana cara menggunakan jasa endorsement yang tepat?

Ajaib akan membahas beberapa tips menggunakan jasa influencer untuk endorsement. Namun sebelumnya, kamu perlu tahu apa itu influencer dan apa itu endorsement.

Nah, influencer merupakan ujung tombak dalam bisnis atau seorang yang populer memiliki kecenderungan untuk menebar aura positif pada bisnis kamu. Selain itu, influencer tentunya sangat populer dan memiliki followers di media sosial sehingga potensi berkembangnya bisnis kamu akan semakin besar.

Namun demikian, tidak semua sosial media yang memiliki banyak pengikut bisa dijadikan sebagai influencer. Nah, berikut beberapa tips menggunakan jasa influencer untuk endorsement agar tidak tertipu :

Teliti Keaslian Followers

Ketika kamu memutuskan untuk menggunakan jasa influencer, kamu tentunya harus memperhatikan keaslian daripada followersnya. Misalkan memastikan akun followersnya aktif atau tidak. Hal ini mengingat saat ini ada banyak jasa tambah followers fiktif hanya supaya akun seseorang terlihat popular. Padahal followers tersebut merupakan pemilik akun palsu.

Nah untuk melihat keasliannya tentunya kamu harus melihat nama dari akun tersebut. Umumnya akun palsu memiliki nama mencurigakan seperti angka dibelakang atau di depan nama.

Selain itu, akun palsu juga biasanya sangat jarang melakukan postingan. Mungkin kamu akan melihat sedikit postingan yang ada pada akun tersebut dan minim dengan komentar. Jumlah likes banyak juga tidak menjamin akun tersebut asli, karena likes saat ini juga bisa dibeli.

Sesuaikan dengan Target Pasar

Memilih influencer juga harus kamu sesuaikan dengan target pasar kamu. Misalkan saja kamu menjual baju bayi atau baju anak-anak. Tentunya kamu harus mencari seorang influencer yang sudah memiliki anak atau berkeluarga. Hal ini tentunya akan menarik simpati pembeli kamu untuk membeli produk yang kamu jual.

Jika kamu menjual produk olahraga, tentunya kamu harus memilih seorang yang memiliki tubuh atletis. Jika kamu menjual hijab, maka kamu harus mencari influencer yang menggunakan hijab. Jika influencer kamu berbeda dengan target pasar kamu maka endorsement akan sia-sia karena kamu tidak mendapat profit dari endorsement tersebut.

Siapa Pengikutnya

Perlu kamu tahu bahwa semakin seorang terkenal, maka akan semakin banyak juga haters. Nah, maka dari itu, kamu tentunya harus hati-hati karena jika seorang influencer memiliki banyak haters bisa jadi ini akan menyebabkan dampak buruk bagi bisnis kamu.

Jika demikian, ada kemungkinan para haters akan juga membenci produk yang kamu jual. Dengan begitu bisnis kamu akan terhambat bukan? Nah, untuk mengantisipasi hal ini, kamu bisa melihat komentar-komentar yang ada pada setiap unggahan seorang influencer.

Perhatikan Kualitas Konten

Sebagai pemilik usaha, tentunya kamu harus waspada dengan jenis konten yang ditampilkan influencer. Jangan sampai, produk kamu tidak sesuai dengan konten seorang influencer. Ini akan membuat kamu tidak memperoleh keuntungan dari produk kamu.

Umumnya, para influencer akan meminta konten yang sudah jadi dari kamu, ataupun mengupload sendiri berdasarkan kesepakatan kamu dan influencer tentunya.

Harga Sesuai Budget

Jika seseorang semakin terkenal, maka akan semakin mahal harga setiap endorsement-nya. Bahkan beberapa mematok tarif dari mulai harga murah, wajar sampai dengan gila–gilaan.

Nah, maka dari itu, kamu tentunya harus pilah – pilah mana yang kira-kira sesuai dengan budget kamu. Jangan sampai sudah harga influencernya mahal, namun kamu tidak mendapat profit dari endorsement tersebut.

Misalkan saja seorang artis yang memiliki pamor yang tinggi ia bisa berjalan-jalan ke luar negeri bahkan memborong seluruh anggota keluarganya karena endorsement dari sebuah produk.

Ini tentunya merupakan biaya endorsement yang cukup tinggi. Jika produk yang kamu jual adalah UKM, tentunya biaya sedemikian besar tak perlu kamu keluarkan.

Memiliki Banyak Platform

Kebanyakan saat ini para influencer melakukan endorsement melalui sebuah platform, namun perlu kamu tahu jika seorang influencer memiliki banyak akun media sosial, ini akan sangat membantu bagi bisnis kamu.

Influencer bisa meng-upload endorsement-nya melalui Instagram, Facebook, Twitter dan YouTube. Dengan begitu kamu akan memperoleh profit lebih besar lagi.

Artikel Terkait