Bisnis & Kerja Sampingan, Teknologi

Financial technology: Seluk-beluknya yang Perlu Kamu Pahami

financial technology

Ajaib.co.idFintech atau financial technology merupakan sebuah kemajuan dalam bidang keuangan yang memanfaatkan kecanggihan internet untuk mengelola finansial. Saat ini sudah banyak ragam platform yang menawarkan jasa fintech. Fintech juga memiliki ragam jenis produk yang ditawarkan dalam sistemnya.

Saat ini financial technology bisa dikatakan sebagai sebuah aplikasi digital yang memudahkan kamu dalam melakukan pengelolaan uang. Misalkan saja sebagai sarana investasi, transaksi online, pembayaran dan lain sebagainya. Bahkan ada juga fintech yang memberikan kemudahan dalam pemberian KTA atau Kredit Tanpa Agunan.

Financial technology bergerak dalam sebuah perusahaan rintisan atau startup. Perusahaan tersebut akan menggabungkan pengelolaan dana dengan mencampurkan unsur teknologi kedalamnya. Dengan demikian maka ragam transaksi yang kamu lakukan akan terasa lebih mudah dan simpel.

Walaupun saat ini belum ada definisi baku yang berkaitan dengan financial technology, namun perlu kamu ketahui fintech tidak jauh-jauh dari sistem keuangan yang dikelola dengan bantuan teknologi. Namun demikian, National Digital Research Centre (NDRC), menyimpulkan bahwa fintech adalah sebuah bentuk inovasi pada bidang jasa keuangan dan juga finansial.

Fintech juga berguna untuk melakukan berbagai metode pembayaran dari mulai melakukan transfer dana, dan juga pinjaman online atau pinjol melalui sistem online.

Fintech juga memfasilitasi pengelolaan aset dan investasi. Metode ini tentunya akan menggeser pengelolaan dana secara konvensional karena tentunya fintech akan mempercepat sistem pengelolaan dana kamu.

Saat ini ada banyak perusahaan startup fintech yang sedang berkembang pesat memberikan kemudahan secara finansial. Namun demikian dengan maraknya penggunaan cyber, maka kamu perlu waspada kala menggunakan fintech. Karena, cyber crime mungkin akan mengintai kamu, apalagi jika startup fintech tidak memiliki lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Adapun manfaat daripada Fintech antara lain :

Meningkatkan Taraf Hidup

Metode dalam operasi platform fintech memberikan k