Pengelolaan Keuangan untuk yang Merasa Selalu Kekurangan

pengelolaan keuangan
pengelolaan keuangan

Ajaib.co.id – Kamu sering merasa gajimu habis begitu saja? Sudah mencoba melakukan pengiritan, tapi tetap saja gaji habis di pertengahan bulan. Lalu, tiba-tiba saja baru menyadari ada tagihan yang belum dibayarkan. Tidak hanya itu, kamu lagi-lagi tidak bisa menabung.Itu artinya kamu punya kemampuan pengelolaan keuangan yang buruk. Padahal sebenarnya kamu bisa kelola uang dengan cara yang sederhana dan mudah dipraktikkan.

Pengelolaan keuangan ini penting karena bisa menjauhkanmu dari stres karena kehabisan uang terus. Mengelola uang memang harus dilakukan secara serius agar kamu terus merasa cukup dan tidak menghabiskan uang karena hal-hal yang termasuk bisa dilakukan nanti. Mengelola uang juga dilakukan dengan berbagai langkah dan semuanya itu bersinergi.

Untuk mengelola uang tidak perlu menggunakan jasa orang lain dulu, kecuali jika memang urgensinya cukup mendesak. Kamu bisa melakukannya sendiri dengan memperhatikan langkah-langkah berikut ini.

Memiliki Dua Rekening Bank

Dua rekening bank ini untuk beberapa keperluan. Satu rekening bank dijadikan pegangan utama. Artinya gaji yang kamu terima akan masuk ke sana, dan kamu melakukan semua pembayaran dan tagihan dari sana. Lalu, satu rekening bank yang lain diperuntukkan khusus tabungan. Rekening bank untuk tabungan ini jangan pernah diganggu gugat. Kamu harus bisa menahan diri untuk tidak melakukan penarikan di rekening ini. Nanti kamu akan kaget sendiri melihat saldonya yang terus bertambah karena kamu menabung secara rutin.

Menulis Berapa Pemasukan dan Perkiraan Pengeluaran

Hal ini bisa dilakukan sebelum kamu gajian. Pengelolaan keuangan ini awalnya mungkin tampak memusingkan, tapi sebenarnya ini mudah. Kamu merasa hal ini rumit karena belum terbiasa melakukannya. Tulis pemasukan dan perkiraan pengeluaran yang akan kamu lakukan selama sebulan. List yang cukup banyak mungkin di bagian pengeluaran. Kamu mencatat berapa kebutuhan makan selama sebulan, apa saja tagihan yang harus dibayar, tabungan, dan juga keperluan-keperluan lain yang mendesak. Perkiraan pengeluaran ini akan membuatmu tahu ke mana saja uang itu akan digunakan.

Melakukan Pembayaran Tagihan di Hari Ketika Menerima Gaji

Ketika menerima gaji, jangan langsung membelikan barang-barang atau hal lain yang kamu sukai. Kamu harus membayar tagihan terlebih dahulu karena ini sangat riskan jika kamu lupa membayarnya dan uangnya malah digunakan untuk hal lain yang bisa jadi tidak begitu penting. Terlambat membayar tagihan bisa-bisa kamu malah terkena denda dan akhirnya kamu malah membayar lebih mahal, hal itu tentu akan merepotkanmu sendiri.

Langsung Masukkan Tabungan ke Rekening Khusus Tabungan

Hal ini juga perlu kamu lakukan di hari pertama ketika mendapatkan gaji. Pemisahan ini memang membuat kamu jadi lebih mudah melakukan pengelolaan keuangan. Banyak orang yang beranggapan bahwa menabung bisa dilakukan nanti ketika ada sisa uang. Padahal paling bagus menabung itu direncanakan dari awal sehingga kamu akan selalu menyempatkan untuk menabung.

Cara lain yang bisa kamu lakukan agar rekening tabungan tetap aman adalah pilihlah tabungan yang tidak memiliki kartu ATM. Biaya administrasinya biasanya lebih murah, dan tabungan jenis itu akan membuat rekening tabungan tetap utuh karena tidak bisa diambil di ATM. Kamu pasti akan malas jika harus mengambil uangnya di bank.

Lakukan Pencatatan Harian

Pencatatan harian ini berupa laporan untuk dirimu sendiri. Dengan catatan ini kamu akan tahu pengeluaran harian, Di sini kamu nantinya akan lebih besar mengatur uang dengan baik. Karena walaupun di awal sudah melakukan rencana pengeluaran, pasti ada saja pengeluaran tiba-tiba yang kamu lakukan. Dengan begini kamu nantinya akn menahan diri untuk mengeluarkan uang untuk hal yang tidak terlalu urgent.

Ikut Jaminan untuk Masa Depan

Program jaminan untuk masa depan ini akan sangat penting. Meski mungkin kamu masih muda, tidak ada salahnya mempersiapkan jaminan masa tua dari sekarang. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa tua karena itu perlu mempersiapkan diri secara matang. Apalagi masa tua itu biasanya kita akan punya masalah finansial. Jangan mengandalkan anak karena mereka juga akan berjuang untuk keluarga barunya sendiri.

Biasanya kamu yang sudah bekerja di kantoran, akan dibiayai oleh kantor untuk jaminan hari tua. Namun, untuk kamu yang seorang freelancer atau pengusaha bisa juga mendaftarkan diri ikut jaminan di hari tua. Kamu bisa ikut yang disediakan oleh Pemerintah atau asuransi dari swasta.

Menahan Diri untuk Sesuatu yang Besar di Akhir Nanti

Sebenarnya tidak ada salahnya menghambur-hamburkan uang, apalagi jika uang tersebut adalah milikmu sendiri. Namun, nantinya pasti kamu akan menyesal sendiri. Karena itu menahan diri dengan melakukan pengelolaan keuangan yang baik adalah cara yang bisa ditempuh. Memang menggunakan uang yang dimiliki sendiri itu penuh dengan cobaan. Kamu pasti akan tergiur dengan makanan enak, film baru, baju baru, dan berbagai hal lainnya yang bisa membuatmu senang.

Namun, kamu harus mengingat bahwa menahan diri bukan berarti menyiksa diri. Kamu melakukannya untuk pencapaian besar yang ingin didapat nanti. Jadi, salah satu cara adalah kamu harus bisa memprioritasnya hal-hal penting dahulu, dan menahan diri untuk hal-hal yang bisa didapatkan nanti.

Seperti itu cara pengelolaan keuangan yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Dengan begitu kamu pun tidak akan kehabisan uang terus. Pengelolaan keuangan dilakukan perlahan dan konsisten, kamu pasti akan merasakan manfaatnya secara langsu nanti. Selamat mencoba.

Bacaan menarik lainnya:

Affa, Robert C. & M.D. JK Lasser. (2001). Expert Financial Planning. JohnWiley & Son, Inc.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait