5 Sumber Penghasilan Tambahan untuk Kamu yang Bergaji UMR

sumber penghasilan tambahan
sumber penghasilan tambahan

Ajaib.co.id – Sebagai seorang dengan penghasilan pas-pasan, tentunya kamu butuh sumber penghasilan tambahan. Karena hal tersebut, redaksi Ajaib akan membagikan beberapa sumber penghasilan tambahan bagi kamu yang merasa mengandalkan gaji saja tidak cukup. Disimak ya!

Bagi kamu para first jobbers, masih ingat tidak rasanya pertama kali gajian? Walaupun gaji pertamamu belum sebesar sekarang atau mungkin setara UMR, pasti ada rasa senang, bangga, dan bersyukur ketika kamu menerima gaji pertama. Kerja kerasmu selama satu bulan akhirnya terbayar juga. Tapi, lama kelamaan gaji di bulan berikutnya kok mulai terasa kurang, ya? Padahal, awal-awal gajian rasanya masih cukup untuk memenuhi segala kebutuhan. Ada kalanya, keinginan memang bisa muncul semakin banyak seiringan dengan meningkatnya penghasilan. Kamu pun merasa harus punya penghasilan yang jauh lebih besar dari sekarang. Namun, tentu perlu waktu yang tidak sebentar untuk bisa mendapat gaji setara karyawan berpengalaman yang sudah tinggi posisinya.

Kalau gajimu pas-pasan UMR (Upah Minimum Regional), kamu harus lebih cermat dalam mengelola pengeluaran agar bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan yang tidak ada habisnya. Eits, tapi bukan hanya pengeluaranmu yang bisa kamu atur. Ya, kamu pun bisa mengatur penghasilanmu dengan cara memaksimalkan waktu dan potensimu sedemikian rupa untuk bisa bekerja dari sumber penghasilan lain. Zaman sekarang, banyak sekali sumber penghasilan tambahan yang bisa kamu lakukan di waktu luang yang hasilnya bahkan bisa melebihi gajimu. Apa saja, sih? Simak lima sumber penghasilan tambahan di bawah ini yang layak kamu coba!

Membuat E-Book

Di era digital seperti saat ini, akses pengetahuan dan informasi semakin terbuka lebar. Jika saat zaman sekolah dulu kamu hanya bisa belajar melalui buku yang harus beli langsung ke tokonya, kini kamu sudah bisa mendapatkan ilmu dari berbagai e-book yang tersedia di internet.

E-book gratisan memang banyak, tetapi coba lihat apakah ada topik tertentu yang banyak dicari orang, belum banyak tersedia, dan sangat kamu kuasai. Misalnya, jika kamu lulusan Sastra Inggris, kamu bisa saja membuat e-book tentang berbagai tips agar lolos ujian TOEFL. Atau, jika kamu juga pandai memasak, kamu bisa membuat e-book berisi resep-resep yang sudah kamu uji, atau lebih spesifik lagi misalnya resep masakan praktis untuk anak kosan. Setiap topik tentu memiliki pasarnya masing-masing. Kamu cukup cari cara untuk memasarkannya dengan baik, misalnya memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi.

Membuka Kursus Online

Sumber penghasilan lainnya yang bisa kamu coba adalah membuka kursus online. Kamu pasti punya suatu keahlian yang dapat kamu bagikan melalui kursus atau kelas online. Misalnya, jika kamu punya keahlian melukis, kamu bisa membuat video kursus yang mengajarkan tentang teknik melukis bagi pemula. Atau, misalnya kamu jago matematika, kamu bisa membuat kelas online yang ditujukan untuk para anak SMP atau SMA yang kesulitan belajar matematika. Kini sudah banyak situs penyedia kursus online di mana kamu bisa jadi kontributornya. Namun, kamu juga bisa memanfaatkan situs seperti YouTube yang lebih populer dan mengambil penghasilan dari iklan.

Dropshipper

Ini salah satu pilihan sumber penghasilan yang paling praktis buatmu. Berbeda dengan memiliki toko online atau menjadi reseller, menjadi dropshipper memungkinkan kamu untuk berjualan tanpa harus memiliki barangnya terlebih dahulu. Kamu juga bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja.

Sebagai dropshipper, kamu berperan sebagai perantara calon pembeli atau konsumen dan distributor barang yang kamu jual. Kamu hanya perlu memasarkan barang jualanmu ke konsumen yang kamu targetkan, melayani mereka yang hendak memesan, lalu memesankan barang tersebut ke distributor. Nanti, merekalah yang akan melakukan pengemasan dan pengiriman barang langsung ke alamat konsumen.

Menulis Artikel

Semakin tingginya kebutuhan konten berkualitas untuk pemasaran membuat pekerjaan ini perlu kamu pertimbangkan sebagai sumber penghasilan. Kini, sudah banyak situs khusus yang menjadi semacam lapak pekerjaan untuk para penulis artikel lepas. Apalagi jika kamu memang hobi menulis, pekerjaan ini bisa kamu lakukan di sela-sela waktu luang. Meskipun pekerjaan ini semakin populer seiring berkembangnya teknologi informasi, kamu tidak perlu takut bersaing karena setiap perusahaan memiliki niche atau kebutuhannya masing-masing. Kamu bisa mulai pelajari topik dan jenis artikel seperti apa yang sedang banyak diminati dan menyesuaikannya dengan minat dan keahlianmu.

Mengunggah Foto di Situs Penyedia Foto

Kamu punya hobi fotografi yang ditekuni sejak berada di bangku sekolah? Ini kabar baik bagimu, karena foto-fotomu kini bisa dijual melalui berbagai situs penyedia foto. Semakin banyak foto yang kamu unggah di situs tersebut, semakin besar kesempatanmu meraup untung. Situs ini bisa diakses siapa pun dari seluruh dunia, maka sangat mungkin foto-fotomu dibeli dengan mata uang asing yang lebih tinggi nilai tukarnya. Kalau begini, sangat mungkin kamu mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi dari UMR jika kamu berhasil.

Jika kamu bingung mau mengunggah foto seperti apa, kamu bisa mencari jenis atau tema foto apa saja yang sekarang sedang laku dan trending. Atau, kamu juga bisa memanfaatkan stok foto-fotomu yang paling bagus, misalnya foto-fotomu ketika liburan untuk diunggah di situs tersebut. Percayalah, banyak orang membutuhkan aset digital seperti ini untuk kebutuhan mereka. Kamu hanya perlu konsisten mengunggah sebanyak-banyaknya foto berkualitas bagus agar bisa mendapat penghasilan stabil dari situs ini setiap bulannya.

Pada akhirnya, gaji UMR yang kamu punya saat ini bukan satu-satunya sumber yang bisa kamu andalkan untuk penghasilan. Masih banyak sumber penghasilan lain yang bisa kamu eksplor, entah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau sekadar memenuhi keinginan yang semakin beragam. Sebesar apapun penghasilanmu, tentunya harus tetap dikelola dengan baik agar tidak habis begitu saja, salah satunya dengan berinvestasi. Kamu bisa mencoba instrumen investasi reksa dana yang tepat bagi pemula sepertimu. Pastikan kamu berinvestasi dengan aman melalui aplikasi Ajaib yang telah mendapat izin dari OJK dan menyediakan bermacam jenis reksa dana sesuai rencana finansialmu.

Bacaan menarik lainnya:

Coulter, M. (2002). Strategic Management in Action.SecondEdition. New Jersey :Prentice-Hall


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait