Bisnis & Kerja Sampingan, Dunia Kerja

Strategi Pemasaran Kekinian, Dijamin Tak Jebol Kantong

Ajaib.co.id – Seiring dengan berjalannya waktu dan juga berkembangnya teknologi yang kian cepat saja. Hal ini juga mengubah strategi pemasaran perusahaan dalam memasarkan produknya.

Pada era digitalisasi seperti sekarang, penggunaan gadget untuk menunjang kegiatan atau aktivitas sehari-hari seperti travelling, ngantor, hiburan atau lainnya, semakin masif. Hal ini lantas membuat banyak perusahaan mengalihkan konsep strategi pemasaran melalui saluran distribusi online, yang memiliki keunggulan dari jangkauan hingga ke pelosok-pelosok daerah. 

Dengan semakin cepatnya arus teknologi informasi, tentu saja masyarakat kini membutuhkan informasi yang akurat dan serba cepat dalam menerima atau menyampaikan sebuah informasi.

Inilah yang dimanfaatkan oleh perusahaan melalui pemasaran secara online, di mana jenis konsep pemasaran secara online dianggap memiliki keunggulan dari segi budget yang relatif murah dan memiliki impact atau dampak yang besar kepada pelanggan.

Apakah benar konsep strategi pemasaran online yang saat ini sedang ngehits dan ngetren di kalangan anak muda, jika dianggap sebagai pemasaran yang low budget high impact?

Kalau enggak percaya, kamu bisa simak informasi yang sudah Ajaib siapkan seputar strategi pemasaran online kekinian yang patut kamu coba dan enggak bikin kantongmu jebol loh. 

Media Sosial

Sudahkah kamu tahu berapa jumlah pengguna aktif sosial media di Indonesia saat ini? Dikutip dari Statista, pengguna aktif media sosial di Indonesia pada 2018 mencapai 95,2 juta pengguna.

Jika melihat statistik yang dikeluarkan oleh Statista tersebut, kita bisa bayangkan bukan, mengapa strategi pemasaran online melalui media sosial dianggap low budget high impact. Ini dikarenakan pengguna aktif media sosial di Indonesia terhitung sangat banyak dibandingkan negara-negara lainnya.

Kamu bisa memanfaatkan media sosial yang kamu miliki saat ini untuk memasarkan sebuah produk. Kamu bisa membuat Fanpage di Facebook. Fanpage ini sebuah layanan gratis yang berisikan informasi, produk, komunitas, dan bisa kamu gunakan untuk meningkatkan penjualan dan daganganmu. Bagaimana caranya?

Kamu bisa mengundang teman atau sahabat di Facebook untuk diundang mengikuti Fanpage-mu sesuai dengan kegemaran yang sama dengan produk yang kamu jual. Hal ini biasanya disebut segmentasi pasar atau target pasar.

Selain itu manfaatkan fitur-fitur Instagram seperti InstaStories, yang berguna mempromosikan produk kamu kepada para followers dan publik luas. Baik itu Instagram dan Facebook bisa kamu gunakan secara gratis, mantap bukan?

SEO

Jika kamu memiliki skill dalam membangun brand melalui tulisan, SEO merupakan metode atau strategi pemasaran yang bisa kamu coba gunakan untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness suatu produk.

Kamu bisa memulainya dengan membuat website pribadi dengan desain yang menarik tentunya, setelah itu kamu bisa mengisi website-mu itu dengan artikel-artikel yang berhubungan dengan produk apa yang kamu jual, dan jangan lupa memperkaya kemampuan kamu dengan mempelajari SEO melalui beragam sumber seperti internet, buku, dan lain sebagainy

Teknik pemasaran SEO juga merupakan low budget high impact  yang patut kamu coba di era digitalisasi seperti saat ini. Dengan adanya website juga, kamu bisa mencapai tujuan pemasaran dengan mudah, misalnya brand awareness. Dengan artikel SEO yang kamu buat di website, user di internet bisa dengan mudah untuk mendapatkan informasi tentang produkmu.

Toko Online

Platform toko online dari A hingga Z saat ini mudah sekali kamu temukan dari yang gratis hingga berbayar, sebagai bahan belajar kamu bisa manfaatkan platform toko online seperti Tokopedia. Sedangkan jika kamu ingin membuat dan membuka toko online-mu sendiri bisa memanfaatkan jasa perusahaan-perusahaan yang menyediakan platform e-Commerce. Sebut saja Sirclo, harga yang ditawarkan mulai dari Rp199.000, kamu sudah bisa mulai bisnis toko online kamu sendiri.

Nah, dengan memanfaatkan toko online seperti ecommerce ini, kamu bisa membantu calon konsumen untuk menemukan barang atau jasa yang kamu jual dengan lebih mudah. Pastikan kamu mengenalkan produk dengan baik, seperti memberikan informasi dengan jelas, menggunakan foto dengan baik, dan sebagainya. Dengan begitu, calon konsumen bisa lebih percaya untuk membeli produk yang kamu lakukan.

Itulah informasi tiga strategi pemasaran online yang bisa Ajaib berikan untuk kamu biar enggak mati gaya walaupun uang di dompetmu lagi tipis. Jangan lupa pastikan tim pemasaranmu melakukan marketing mix ya sebelum memilih strategi mana yang paling cocok dan penting dilakukan perusahaan untuk mencapi tujuan penjualan.

Sebenarnya, ketiga strategi pemazaran online di atas bisa kamu pelajari secara otodidak atau sendiri melalui referensi dari buku marketing, artikel dan lainnya. Yang terpenting pilihlah referensi pengetahuan seputar strategi pemasaran online dari sumber tepercaya sehingga kamu bisa memberikan dampak yang besar bagi bisnismu nanti.

Artikel Terkait