3 Hal Tentang Viral Marketing untuk Mengembangkan Bisnis

viral marketing
viral marketing
Marketing Advertising Commercial Strategy Concept

Apa itu viral marketing dan bagaimana cara melakukannya? Simak ulasan yang telah redaksi Ajaib himpun ini untuk jawaban jelasnya.

Milenial memang gudangnya keterbaruan, segala hal yang baru dan modern sangat cepat melekat dengan generasi ini. Begitupun dengan teknologi terbaru yang mudah saja bersahabat dengan generasi milenial. Ada salah satu kata yang sangat akrab dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat ini, yaitu kata “Viral”.

Viral adalah sebuah kata yang pada awalnya diambil dari kata “virus” yang identic dengan kemampuan untuk menyebarkan dirinya sendiri. Fenomena viral sering diasosiasikan dengan internet karena fenomena ini berkaitan dengan sesuatu yang menyebar dengan cepat sehingga menjadi populer di kalangan pengguna internet.

Sesuatu yang viral biasanya diawali oleh penyebaran konten-konten digital seperti foto, video, sampai dengan cuplikan informasi. Selain fenomena ‘Viral’ ada pula istilah lain yang dinamakan ‘Viral Marketing’, ada tiga hal yang perlu kamu ketahui tentang ‘Viral Marketing’ alias ‘Pemasaran Viral’ .

“Bola Panas“ yang Menyebarkan Dirinya sendiri

Viral Marketing adalah bagaimana meningkatkan potensi pemasaran sebuah produk atau jasa melalui penyebaran pesan elektronik kepada masyarakat luas secara cepat. Viral Marketing menggunakan internet sebagai ujung tombak dari media pemasarannya.

Biasanya viral marketing bekerja dengan cara membuat sebuah konten atau aktivasi yang menarik minat banyak orang dengan menyisipkan pesan-pesan pemasaran dibaliknya. Jadi secara tidak langsung seorang pemasar hanya melemparkan bola panas berupa konten untuk di sebarluaskan oleh warganet.

Viral Marketing si dua sisi mata pisau

Viral Marketing merupakan alat yang memiliki dua sisi mata pisau, karena apabila kita mengkampanyekan materi promosi di internet berarti konten ini adalah milik semua orang yang memiliki akses internet.

Maka dari itu kampanye yang disebar memiliki kemungkinan untuk disalahartikan dan juga dijadikan lelucon dalam sebuah parodi. Namun di sisi lain apabila kampanye yang disebarkan mendulang kesuksesan, hasil yang di dapat dapat melebihi apa yang diharapkan.

Dua Fokus Utama : yang Terlihat dan yang Tersembunyi

Konten Pemasaran Viral merupakan konten yang tidak sulit untuk disebarluaskan, seringkali media yang dipilih untuk diviralkan adalah konten video. Yang harus diperhatikan adalah bagaimana membuat konten yang menarik dan unik.

Dalam metode pemasaran viral, ada hal yang terlihat langsung dan ada hal yang ditutupi. Misalnya sebuah produk kecantikan yang mengeluarkan video dengan model yang berasal dari berbagai ras, hal ini menjadi viral karena brand tersebut dianggap tidak rasial.

Padahal hal tersembunyi dibalik kampanye tersebut adalah produk kecantikan yang memperluas pasarnya melalui warna foundation baru  

Melihat dari 3 hal tersebut, era digital memungkinkan setiap penggunanya untuk mengembangkan bisnisnya melalui media internet. Daripada melakukan pengulangan terhadap pesan yang ingin disampaikan, strategi terbaik adalah menemukan konten yang tepat dan membiarkannya untuk viral.

Sepertinya ini sudah saatnya kamu membuat kampanye yang akan viral? 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait