Bisnis & Kerja Sampingan

Cara Kerja Bisnis Oriflame, Sukses dengan Kinerja Produk

cara kerja bisnis Oriflame

Ajaib.co.id – Jauh sebelum bisnis online booming menjadi usaha sampingan ibu rumah tangga, bisnis MLM sudah lebih dulu marak. Salah satunya banyak yang menjalankan bisnis Oriflame yang merupakan penyedia berbagai produk kecantikan dan perawatan kulit. Dengan sistem penjualan langsung, para membernya akan mendapatkan keuntungan melimpah.

Bisnis MLM merupakan bisnis yang sempat tren beberapa tahun silam. Umumnya yang menjalankannya adalah para ibu rumah tangga. Pasalnya, tidak perlu modal besar untuk memulai bisnis ini. Juga tidak perlu meluangkan banyak waktu untuk mencoba usaha ini. Bisnis MLM umumnya bisa dikerjakan di sela-sela aktivitas sehari-hari.

Pada prinsipnya, bisnis MLM biasanya mendapatkan keuntungan dengan mengajak orang lain untuk bergabung. Salah satu produk yang terkenal seperti Tupperware yang merupakan produk wadah makanan dan Oriflame. Bahkan jauh sebelum produk kecantikan masif seperti sekarang ini, produk Oriflame sudah dikenal atas kualitasnya.

Bisnis Oriflame, Model MLM Lawas tapi Tetap Menggiurkan

Bisnis MLM bukan lah usaha lokal. Perusahaan ini berasal dari luar negeri, tepat Swedia dan didirikan pada tahun 1967. Namun kini merk ini telah menggurita dan memiliki sistem penjualan yang tersebar di lebih dari 60 negara di seluruh dunia. Selain itu, brand ini juga memiliki lima pabrik yang berada di Swedia, Polandia, China, India dan Rusia.

Popularitasnya disebabkan karena kemudahan untuk bergabung menjadi merber dan mendapatkan keuntungannya. Tidak perlu latar belakang khusus bahkan pemula yang buta soal bisnis juga bisa melakukannya. Sistem yang ditawarkan bisnis Oriflame adalah dengan menjadi membernya dan kemudian melakukan promosi produk tersebut.

Para member ini kemudian disebut sebagai Consultan dan mendapatka katalog produk sebagai bekal promosinya. Untuk pendaftarannya juga sangat terjangkau hanya dengan mengeluarkan uang puluhan ribu rupiah saja. Namun dengan melakukan registrasi, ada sejumlah manfaat yang didapat.

Hal yang paling pertama ialah penerapan harga member atas produk Oriflame yang dijual. Jika member tersebut berhasil melakukan penjualan ke kalangan umum maka akan bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga yang ada. Oriflame memang membandrol harga produk berbeda untuk pembelian dari non member.

Selain itu, selayaknya bisnis MLM, tentu saja da poin ataupun reward yang diberikan jika berhasil mengajak orang lain menjadi member-nya. Pangsa pasar bisnis ini sendiri cukup luas karena produknya bisa dipakai oleh banyak kalangan baik wanita ataupun pria.

Oriflame sendiri mulai masuk ke Indonesia pada awal tahun 90-an. Sukses bertahan hingga sekarang, cara kerja bisnis Oriflame adalah salah satu pelopor model bisnis Multi Level Marketing di Indonesia, yang kemudian diikuti banyak brand lainnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah skema keuntungan yang bisa didapatkan ketika bergabung dengan bisnis Oriflame:

  • Diskon untuk pembelanjaan pribadi

Oriflame memberikan diskon sebesar 23% untuk anggotanya yang berbelanja produk yang tersedia di katalog. Tentu saja ini sudah menjadi penghematan sendiri jika kamu menyukai berbagai produk brand ini.

Selisih harga ini juga bisa kamu manfaatkan untuk berjualan. Misalnya dengan menawarkannya ke kerabat, kenalan atau teman kantor. Kamu bisa menjualnya dengan harga katalog dan mendapatkan keuntungan dari selisih harga ini.

  • Tak perlu modal untuk kulakan

Kelebihan lain dari bergabung dalam bisnis Oriflame dan menjadi seller-nya adalah kamu tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli produknya lebih dulu. Kamu cukup membawa katalognya dan ditawarkan kepada orang lain. Nantinya produk tersebut akan dikirim dengan estimasi waktu tertentu.

  • Performance discount

Jika membernya berhasil melakukan penjualan dengan jumlah tertentu atau memenuhi target akan diberikan diskon tamabahan lagi. Tambahan ini tentu saja juga meningkatkan margin keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Selayaknya sistem MLM, untuk setiap penjualan maupun perekrutan member yang berhasil dilakukan maka akan diberikan bonus maupun reward dengan sistem poin. Poin ini kemudian dikumpulkan dan bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah.

Biasanya akan mendapatkan undian berupa barang baik kendaraan atau alat eletronik dan bisa pula perjalanan ke luar negeri. Banyak orang mengklaim telah mendapatkan manfaat ini meskipun memang tidak mudah.

Sistem penjualam MLM sendiri memang cukup menantang. Pasalnya dengan jumlah member yang tak terbatas maka pesaingnya juga banyak. Meski demikian, bisnis Oriflame sendiri telah terbukti sebagai jenis MLM yang terpercaya selama ini.

Katahui 2 Prinsip Dasar Multi Level Marketing

Saat ini ada banyak sekali produk dengan sistem MLM selain bisnis Oriflame. Namun untuk memastikan kredibilitasnya, ada baiknya kamu memahami lebih jauh soal sistem penjualan ini. Setidaknya ada 2 prinsip yang diutamakan dalam model MLM antara lain:

  • Adanya produk yang dijual
  • Keuntungan bisnis ditentukan oleh usaha seorang “konsugen” (konsumen sekaligus agen) untuk mencari dan merekrut “konsugen” baru.

Stigma Negatif

Bagi kamu yang ingin menjalankan model bisnis MLM baik Oriflame ataupun produk lainnya, ada sentimen negatif soal sistem ini yang selama ini berkembang di masyarakat.

  • Hard Selling & Ambush Marketing

Pada saat rekrutmen, usaha menjual produk dilakukan dengan hard selling – persuasi gencar, mendesak, informasi bertubi-tubi, hingga calon konsumen risih dan akhirnya menerima tawaran agar segera lepas dari tekanan. Parahnya, hard selling sering diawali ambush marketing – yaitu mengundang calon konsumen dengan alasan lain, agar mereka tidak menduga akan ditawarkan membeli produk!

Cara kerja bisnis Oriflame sempat mendapat cap buruk dan tanggapan sinis akibat fenomena ini. Tapi apakah hard selling dan ambush marketing itu memang asli merupakan cara kerja bisnis Oriflame, atau cuma inovasi “menyimpang” dari marketernya di Indonesia?

  • Harga Relatif Lebih Mahal

Harga The ONE Colour Unlimitted Matte Lipstick Oriflame Rp129.000,-, berarti hampir 2x harga SuperStay Matte Ink Liquid Lipstick salah satu brand kosmetik internasional terpopuler di pasaran yang cuma Rp80.000,-.

  • Downline Oriented

Keuntungan bisnis hanya diperoleh jika merekrut downline. Downline hanya dapat “harga diskon”. Jika sudah sukses merekrut banyak downline, baru jadi upline, dan dapat pendapatan tetap plus bonus. Yup, di titik inilah bisnis MLM berpotensi merugikan, karena fokus “konsugen” bergeser ke motif keuntungan bisnis pribadinya semata, hingga melupakan aspek performa produk dan kepuasan otentik konsumen.

  • Janji Muluk

Meskipun bukan kebohongan, nyatanya janji keuntungan pendapatan tetap per bulan dan bonus ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah saat upline punya deretan downline baru, ternyata sangat sulit untuk didapatkan, karena ribetnya persyaratan.

Sisi Positif

Sebaliknya, bisnis MLM juga punya sisi positif khususnya bagi pemula yang ingin mencoba berbisnis.

  • Mudah dan Cepat

Cukup membayar biaya pendaftaran dan penuhi jumlah minimum konsumsi produk, sebagai persyaratan keanggotaan.

  • Produk Eksklusif Tidak Dijual Bebas

Banyak produk MLM yang benar-benar bermanfaat besar bagi “konsugen”nya, yang belum tersedia di pasaran.

  • Cara Bisnis Mudah

Cara kerja bisnis Oriflame dan MLM lain adalah merekrut calon “konsugen” untuk saling mengeruk keuntungan dengan kemampuan persuasi.

  • Komunitas yang Termotivasi

Karena cara kerja bisnis Oriflame dan MLM lain adalah rekrutmen, otomatis “penularan” motivasi para upline ke deretan downline-nya solid.

Sejarah Cantik Cara Kerja Bisnis Oriflame

Awal mulanya dua bersaudara, Jonas dan Robert af Jochnick, serta teman baik mereka, Bengt Hellsten, duduk dan berbincang pada 1967 di sebuah kantor kecil di Stockholm, membahas impian membuat sebuah perusahaan unik yang menawarkan produk unik.

Visi mereka adalah untuk mendirikan perusahaan kosmetik berbahan alami dan tidak diuji cobakan pada hewan. Lalu ide bisnis unik lahir dengan memberi kesempatan pada semua orang untuk mendapat manfaat produk sekaligus keuntungan bisnis pribadi dari produk kecantikan berkualitas tinggi, yang terinspirasi alam Swedia.

Kini, Oriflame telah hadir di lebih dari 60 negara dengan jumlah “konsugen” mencapai 3.000.000 orang dengan prestasi:

  • Rangkaian Produk Pertama – 1967
  • Strategi marketing inovatif – Agustus 1970
  • Peluncuran produk andalan Tender Care
  • Masuk Bursa Saham London – 1982
  • Peluncuran Oriflame.com – 1997
  • Pendirian Yayasan World Childhood Foundation – 1999
  • Pendirian Pusat Penelitian & Pengembangan Oriderm. – 2008
  • Pembentukan Skin Research Institute – 2009
  • Peluncuran Rangkaian NovAge dengan phytoCELL – 2015
  • Perayaan ke-50 Tahun – 2017

Cara Kerja Bisnis Oriflame

  • Bergabung Menjadi Konsultan Oriflame di Winners Network

Biaya pendaftaran Rp49.000,- dilengkapi pelatihan bisnis, kepemimpinan, fasilitas online, website replika, website promosi, email marketing & online tools. Kamu diharuskan berbelanja sebesar 100 poin = Rp800.000,-an per bulan Disebut sebagai 100 Bonus Point, pembelanjaan bisa dijual sebagian ke calon “konsumen” lain dengan keuntungan 23-30%, sambil menunjukkan katalog terbaru & sosialisasi cara kerja bisnis Oriflame.

Namun, etisnya seorang Beauty Consultant Oriflame wajib menggunakan produk, untuk memvalidasi testimoni produknya. Jadi, yang berparas cantik dan berkulit indah akan berpeluang sukses meyakinkan “konsugen” tentang testimoni produknya!

  • Rekrutmen “konsumen” baru

Rekrutmen “konsugen” baru adalah persyaratan seorang downline untuk jadi upline dan mulai meraih keuntungan. Jika berhasil menyusun jaringan downline beromzet pejualan Rp100.000.000,- secara group, ia pun bisa menikmati penghasilan Rp5.000.000-10.000.000,-/bulan, plus Cash Award Rp7.000.000-14.000.000,- di tahun pertama.

Jika rata-rata budget konsumsi kosmetik profesional Milenial Rp800.000,-, maka seorang upline “tinggal” merekrut sekitar 21 grup downline yang masing-masing beranggotakan 6 “konsugen”..! Bisa nggak ya?..

Etos Kerja Yang Cocok Dengan Cara Kerja Bisnis Oriflame

  • Punya keyakinan kuat
  • Bekerja dengan passion
  • Suka belajar dan berkembang
  • Fokus pada tujuan
  • Pekerja keras

3 Pilihan Mendapatkan Manfaat dari Bisnis Oriflame

  • Menggunakan produk dengan diskon member 23%.
  • Menggunakan produk berjualan dengan keuntungan langsung 23% dari harga katalog.
  • Menjalankan cara kerja bisnis Oriflame untuk mendapatkan penghasilan bulanan, berkarir dan meraih semua reward Oriflame.

Jadi, dengan kelebihan dan kekurangannya, renungkan apakah cara kerja bisnis Oriflame cocok untuk jadi alternatif bisnis impian milenial profesional saat ini.

Artikel Terkait