Cara Kerja Bisnis Oriflame Bisa Sukses dengan Kinerja Produk

cara kerja bisnis oriflame
cara kerja bisnis Oriflame

Cara Kerja Bisnis Oriflame Salah Satu Pelopor MLM

Oriflame, brand kosmetik wanita asal Swedia ini mulai masuk ke Indonesia pada awal tahun 90-an. Wow! Pada belum lahir ya? Sukses bertahan hingga sekarang, cara kerja bisnis Oriflame adalah salah satu pelopor model bisnis Multi Level Marketing di Indonesia, yang kemudian diikuti banyak brand lainnya.

2 Prinsip Dasar Multi Level Marketing

  • Adanya produk yang dijual
  • Keuntungan bisnis ditentukan oleh usaha seorang “konsugen” (konsumen sekaligus agen) untuk mencari dan merekrut “konsugen” baru.

Stigma Negatif

Hard Selling & Ambush Marketing

Pada saat rekrutmen, usaha menjual produk dilakukan dengan hard selling – persuasi gencar, mendesak, informasi bertubi-tubi, hingga calon konsumen risih dan akhirnya menerima tawaran agar segera lepas dari tekanan. Parahnya, hard selling sering diawali ambush marketing – yaitu mengundang calon konsumen dengan alasan lain, agar mereka tidak menduga akan ditawarkan membeli produk!

Cara kerja bisnis Oriflame sempat mendapat cap buruk dan tanggapan sinis akibat fenomena ini. Tapi apakah hard selling dan ambush marketing itu memang asli merupakan cara kerja bisnis Oriflame, atau cuma inovasi “menyimpang” dari marketernya di Indonesia?

Harga Relatif Lebih Mahal

Harga The ONE Colour Unlimitted Matte Lipstick Oriflame Rp129.000,-, berarti hampir 2x harga SuperStay Matte Ink Liquid Lipstick salah satu brand kosmetik internasional terpopuler di pasaran yang cuma Rp80.000,-.

Downline Oriented

Keuntungan bisnis hanya diperoleh jika merekrut downline. Downline hanya dapat “harga diskon”. Jika sudah sukses merekrut banyak downline, baru jadi upline, dan dapat pendapatan tetap plus bonus. Yup, di titik inilah bisnis MLM berpotensi merugikan, karena fokus “konsugen” bergeser ke motif keuntungan bisnis pribadinya semata, hingga melupakan aspek performa produk dan kepuasan otentik konsumen.

Janji Muluk

Meskipun bukan kebohongan, nyatanya janji keuntungan pendapatan tetap per bulan dan bonus ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah saat upline punya deretan downline baru, ternyata sangat sulit untuk didapatkan, karena ribetnya persyaratan.

Sisi Positif

Mudah dan Cepat

Cukup membayar biaya pendaftaran dan penuhi jumlah minimum konsumsi produk, sebagai persyaratan keanggotaan.

Produk Eksklusif Tidak Dijual Bebas

Banyak produk MLM yang benar-benar bermanfaat besar bagi “konsugen”nya, yang belum tersedia di pasaran.

Cara Bisnis Mudah

Cara kerja bisnis Oriflame dan MLM lain adalah merekrut calon “konsugen” untuk saling mengeruk keuntungan dengan kemampuan persuasi.

Komunitas yang Termotivasi

Karena cara kerja bisnis Oriflame dan MLM lain adalah rekrutmen, otomatis “penularan” motivasi para upline ke deretan downline-nya solid.

Sejarah Cantik Cara Kerja Bisnis Oriflame

Awal mulanya dua bersaudara, Jonas dan Robert af Jochnick, serta teman baik mereka, Bengt Hellsten, duduk dan berbincang pada 1967 di sebuah kantor kecil di Stockholm, membahas impian membuat sebuah perusahaan unik yang menawarkan produk unik.

Visi mereka adalah untuk mendirikan perusahaan kosmetik berbahan alami dan tidak diuji cobakan pada hewan. Lalu ide bisnis unik lahir dengan memberi kesempatan pada semua orang untuk mendapat manfaat produk sekaligus keuntungan bisnis pribadi dari produk kecantikan berkualitas tinggi, yang terinspirasi alam Swedia.

Kini, Oriflame telah hadir di lebih dari 60 negara dengan jumlah “konsugen” mencapai 3.000.000 orang dengan prestasi:

  • Rangkaian Produk Pertama – 1967
  • Strategi marketing inovatif – Agustus 1970
  • Peluncuran produk andalan Tender Care
  • Masuk Bursa Saham London – 1982
  • Peluncuran Oriflame.com – 1997
  • Pendirian Yayasan World Childhood Foundation – 1999
  • Pendirian Pusat Penelitian & Pengembangan Oriderm. – 2008
  • Pembentukan Skin Research Institute – 2009
  • Peluncuran Rangkaian NovAge dengan phytoCELL – 2015
  • Perayaan ke-50 Tahun – 2017

Cara Kerja Bisnis Oriflame

Bergabung Menjadi Konsultan Oriflame di Winners Network

Biaya pendaftaran Rp49.000,- dilengkapi pelatihan bisnis, kepemimpinan, fasilitas online, website replika, website promosi, email marketing & online tools.

Berbelanja

Kamu diharuskan berbelanja sebesar 100 poin = Rp800.000,-an per bulan Disebut sebagai 100 Bonus Point, pembelanjaan bisa dijual sebagian ke calon “konsugen” lain dengan keuntungan 23-30%, sambil menunjukkan katalog terbaru & sosialisasi cara kerja bisnis Oriflame.

Namun, etisnya seorang Beauty Consultant Oriflame wajib menggunakan produk, untuk memvalidasi testimoni produknya. Jadi, yang berparas cantik dan berkulit indah akan berpeluang sukses meyakinkan “konsugen” tentang testimoni produknya!

Rekrutmen “konsugen” baru

Rekrutmen “konsugen” baru adalah persyaratan seorang downline untuk jadi upline dan mulai meraih keuntungan. Jika berhasil menyusun jaringan downline beromzet pejualan Rp100.000.000,- secara group, ia pun bisa menikmati penghasilan Rp5.000.000-10.000.000,-/bulan, plus Cash Award Rp7.000.000-14.000.000,- di tahun pertama.

Jika rata-rata budget konsumsi kosmetik profesional Milenial Rp800.000,-, maka seorang upline “tinggal” merekrut sekitar 21 grup downline yang masing-masing beranggotakan 6 “konsugen”..! Bisa nggak ya?..

Etos Kerja Yang Cocok Dengan Cara Kerja Bisnis Oriflame

  • Punya keyakinan kuat
  • Bekerja dengan passion
  • Suka belajar dan berkembang
  • Fokus pada tujuan
  • Pekerja keras

3 Pilihan Ber-Oriflame

  • Menggunakan produk dengan diskon member 23%.
  • Menggunakan produk berjualan dengan keuntungan langsung 23% dari harga katalog.
  • Menjalankan cara kerja bisnis Oriflame untuk mendapatkan penghasilan bulanan, berkarir dan meraih semua reward Oriflame.

Jadi, dengan kelebihan dan kekurangannya, renungkan apakah cara kerja bisnis Oriflame cocok untuk jadi alternatif bisnis impian milenial profesional saat ini.

Bacaan menarik lainnya:

Kotler, P. & K.L. Keller. (2009). Marketing Management, Edisi 13. London: Pearson


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait