Apa Itu Marketing dan Fungsinya Bagi Perusahaan

apa itu marketing
apa itu marketing

Apa itu marketing? Mungkin sebagian besar dari kamu sudah tahu. Marketing adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan agar kepuasan konsumen targetnya bisa tercapai atau bisa kita katakan juga sebagai kegiatan yang memasarkan barang dan jasa perusahaan. Kegiatan memasarkan dalam marketing nanti akan dibahas lebih lanjut di bawah.

Marketing sering kali dikaitkan dengan sales, memang keduanya tidak terpisahkan, tapi sebenarnya mereka adalah dua divisi yang berbeda.

Apa itu Marketing dan Perbedaannya dengan Sales

Sales sendiri adalah kegiatan menawarkan dan menjual barang dan jasa yang diproduksi oleh perusahaan kepada konsumen yang sudah menjadi target perusahaan. Jadi, dari pengertiannya saja bisa dikatakan jika sales adalah divisi yang langsung berhubungan dengan konsumennya.

Sales juga bertugas menentukan harga yang pas untuk barang dan jasa yang akan ditawarkan kepada para konsumen. Menentukan harga ini juga dibantu oleh tim marketing yang menganalisis keadaan pasar. Meski menargetkan untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya, penentuan harga barang dan jasa yang ditawarkan juga harus melihat keadaan pasar agar sesuai.

Di perusahaan yang menawarkan barang dan jasa kepada masyarakat luas, biasanya divisi marketing dan sales ini pasti ada untuk membuat kinerja perusahaan mereka jadi lebih baik dan melampaui target. Akan lebih baik jika divisinya dipisahkan, biasanya perusahaan yang cukup besar sudah menerapkan hal ini.

Namun, beberapa perusahaan juga ada yang menyatukan marketing dan sales dalam satu divisi. Itu masih sah-sah saja asalkan fungsi masing-masing orang di dalamnya dapat berjalan dengan baik.

Marketing Menjadi Ujung Tombak Perusahaan

Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa setiap perusahaan yang menawarkan barang dan jasa kepada masyarakat luas pasti memiliki divisi marketing yang bertugas memasarkan produk-produknya. Kalau sales tugasnya adalah menjual barang dan jasa secara langsung kepada konsumen dan membina hubungan yang baik dengan konsumen agar konsumen bisa menjadi pelanggan dari produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Marketing adalah divisi yang melancarkan strategi agar sales dan konsumen bisa bertemu secara tepat. Biasanya perusahaan memiliki target sendiri berapa banyak barang dan jasa yang bisa dinikmati oleh konsumen. Di sinilah marketing dan sales akan bekerja sama untuk dapat meraih target tersebut.

Marketing akan memastikan bahwa konsumen yang disasar oleh sales adalah orang yang tepat. Karena itulah mereka akan melakukan analisis target konsumen sebelum melakukan pemasaran secara meluas.

Apa itu marketing dan mengapa menjadi ujung tombak perusahaan sekarang pasti sudah cukup terbayang olehmu. Marketing melakukan pemasaran secara luas agar barang dan jasa yang ditawarkan kepada konsumen bisa diterima dengan baik, lalu menghasilkan pemasukan kepada perusahaan.

Pemasukan ini tentu saja akan menghasilkan keuntungan yang membuat perusahaan akan semakin maju. Karena itulah posisi marketing sangat penting bagi perusahaan. Marketing yang baik, dapat membuat sebuah perusahaan berkembang pesat menjadi perusahaan yang tidak terbayangkan sebelumnya.

Untuk lebih lengkapnya, kamu perlu mengetahui apa itu marketing beserta fungsinya di sebuah perusahaan:

Fungsi Pertukaran

Marketing membuat perusahaan dan konsumen dapat bertemu dengan cara berkenalan yang baik dan pendekatan yang sesuai dengan yang disukai oleh konsumen. Karena merasa dekat dan merasa membutuhkan produknya, maka konsumen akan sudi menukar barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan dengan uang yang mereka miliki. Perusahaan pun jadi memiliki pemasukan yang diharapkannya.

Fungsi Distribusi

Ketika melakukan pemasaran, marketing akan bertugas untuk mendistribusikan barang dan jasa yang perusahaan produksi ke lokasi-lokasi yang tepat. Marketing akan tahu di mana tempat yang berpotensi barang dan jasa perusahaan bisa laku keras. Jadi, cukup wajar jika jumlah produk yang ditawarkan ke wilayah-wilayah tertentu akan berbeda. Hal ini karena sebelumnya mereka sudah melakukan analisis yang baik. Berbagai macam cara dilakukan agar proses distribusi dapat berjalan sesuai rencana. Proses distribusi ini bisa dilakukan melalui darat, laut, dan udara.

Jadi, tidak mengherankan juga apabila di masing-masing wilayah harga produk bisa berbeda karena biaya distribusinya juga akan berbeda. Marketing juga memastikan bahwa pasokan produk perusahaan tidak akan kurang ketika konsumen sedang membutuhkan atau mengincarnya.

Fungsi Perantara

Karena perusahaan tidak mungkin menemui konsumen satu per satu untuk menawarkan produknya, di sinilah marketing yang akan maju ke depan untuk menyusun strategi yang tepat agar proses pertukatan dan distribusi bisa berjalan dengan baik. Marketing akan melakukan pembiayaan pada proses distribusi, lalu juga mengelompokkan produk sehingga konsumen akan lebih mudah mengenali produknya.

Fungsi Promosi

Apa itu marketing tanpa kehadiran sales, dan apa arti sales tanpa kehadiran marketing. Keduanya saling melengkapi. Agar produk dikenali oleh masyarakat luas, maka marketing akan melakukan promosi yang tepat. Promosi itu dilakukan dengan cara apa saja. Promosi ini juga harus melihat target konsumen. Jika target konsumennya adalah ibu-ibu, biasanya promosi akan tepat dilakukan melalui iklan televisi karena penonton televisi kebanyakan adalah ibu-ibu.

Fungsi Berjualan

Memang ada divisi sales yang bertugas untuk menjual produk secara langsung ke konsumen, tapi marketing juga bisa berfungsi sebagai penjual saat ia membantu tim sales untuk mencapai target yang sudah ditentukan. Fungsi berjualan ini ada kaitannya dengan promosi yang dilakukan pada konsumen yang tepat.

Fungsi Riset

Apa itu marketing juga berkaitan dengan fungsi analisis dan riset. Untuk mengetahui target konsumennya, tim marketing akan melakukan riset terlebih dahulu agar tidak salah sasaran dalam memasarkan produk.

Nah, itulah jawaban lengkap dari apa itu marketing beserta fungsi-fungsinya di perusahaan. Di lihat dari ulasan redaksi Ajaib ini, bisa dilihat peran marketing begitu vital ya untuk perusahaan.

Bacaan menarik lainnya:

Kotler, P. & K.L. Keller. (2009). Marketing Management, Edisi 13. London: Pearson


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait