Investasi

Daftar Perusahaan Sekuritas Berlisensi OJK

100 Perusahaan Sekuritas Terdaftar di OJK & BEI

Ajaib.co.id – Memilih perusahaan sekuritas adalah langkah penting dalam berinvestasi saham. Fungsi yang menjadi perantara untuk setiap transaksi yang kita lakukan sangat esensial untuk kesuksesan investasi ini. Karena itulah kamu wajib memilih satu perusahaan sekuritas paling terpercaya agar bisa memberikan hasil yang optimal pada investasimu.

Dunia investasi saham memiliki beberapa aturan transaksi yang harus dipatuhi oleh pemain saham yang ikut serta. Salah satunya adalah para investor tidak bisa membeli saham secara langsung melainkan harus melalui perusahaan sekuritas atau broker. Istilahnya mereka adalah perantara bagi kita untuk setiap transaksi yang dilakukan baik jual maupun beli saham.

Untuk pemula, mungkin keberadaan broker saham ini terkesan membingunkan. Namun ketahuilah kamu tidak bisa lepas dari perannya jika ingin melakukan trading saham. Perusahaan sekuritas ialah perusahaan yang bergerak di kegiatan usaha berupa transaksi jual beli efek.

Perusahaan ini tidak mengeluarkan efek, tetapi hanya berperan sebagai perantara antara investor dengan pasar modal dalam melakukan transaksi jual beli efek. Sebagian besar broker juga memberikan rekomendasi kepada investornya yang didasarkan pada hasil analisa atas data dan fluktuasi pasar.

Daftar Perusahaan Sekuritas yang Terdaftar di OJK dan BEI, Dijamin Aman Untuk Investasimu

Setelah mengetahui besarnya peran perusahaan sekuritas dalam investasi saham milikmu, tentunya kamu sadar betapa pentingnya memilih broker terbaik. Hal yang paling penting lagi adalah memilih sekuritas yang legal, dibuktikan dengan ang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan BEI (Bursa Efek Indonesia).

Apalagi jika kamu masih pemula dalam dunia investasi saham, penting sekali mendapatkan layanan yang terbaik termasuk dalam hal memberikan analisa maupun pengelolaan akun saham milikmu. Kamu bisa mendapatkan rekomendasi perusahaan sekuritas terbaik dari banyak sumber mulai dari artikel, kenalan sampai dengan penasihat keuangan profesional.

Namun langkah pertama untuk memilih mana yang terbaik adalah memahami daftar perusahaan sekuritas yang legal dan dijamin keberadaannya oleh pemerintah. Dengan demikian kamu juga bisa terhindar dari jebakan investasi bodong.

Di bawah ini adalah nomor atau kode perusahaan sekuritas yang mendapatkan izin usaha dah telah diawasi oleh otoritas jasa keuangan (OJK):

1 PP ALDIRACITA SEKURITAS INDONESIA 

2 YO AMANTARA SEKURITAS INDONESIA 

3 ID ANUGERAH SEKURITAS INDONESIA 

4 SH ARTHA SEKURITAS INDONESIA 

5 DX BAHANA SEKURITAS 

6 BZ BATAVIA PROSPERINDO SEKURITAS

7 SQ BCA SEKURITAS 

8 AR BINAARTHA SEKURITAS 

9 GA BNC SEKURITAS INDONESIA 

10 NI BNI SEKURITAS 

11 SA BOSOWA SEKURITAS 

12 RF BUANA CAPITAL SEKURITAS 

13 ZR BUMIPUTERA SEKURITAS

14 YU CIMB SEKURITAS INDONESIA

15 KI CIPTADANA SEKURITAS ASIA

16 CG CITIGROUP SEKURITAS INDONESIA 

17 KZ CLSA SEKURITAS INDONESIA 

18 CS CREDIT SUISSE SEKURITAS INDONESIA

19 OD DANAREKSA SEKURITAS 

20 PF DANASAKTI SEKURITAS INDONESIA

21 II DANATAMA MAKMUR SEKURITAS 

22 BQ DANPAC SEKURITAS 

23 DP DBS VICKERS SEKURITAS INDONESIA 

24 DB DEUTSCHE SEKURITAS INDONESIA

25 TX DHANAWIBAWA SEKURITAS INDONESIA 

26 TS DWIDANA SAKTI SEKURITAS 

27 ES EKOKAPITAL SEKURITAS

28 MK EKUATOR SWARNA SEKURITAS

29 BS EQUITY SEKURITAS INDONESIA 

30 AO ERDIKHA ELIT SEKURITAS 

31 EL EVERGREEN SEKURITAS INDONESIA 

32 PC FAC SEKURITAS INDONESIA 

33 FO FORTE GLOBAL SEKURITAS

34 AF HARITA KENCANA SEKURITAS

35 HP HENAN PUTIHRAI SEKURITAS 

36 GW HSBC SEKURITAS INDONESIA 

37 SC IMG SEKURITAS

38 IU INDO CAPITAL SEKURITAS

39 BD INDO MITRA SEKURITAS 

40 PD INDO PREMIER SEKURITAS

41 IP INDOSURYA BERSINAR SEKURITAS

42 BF INTI FIKASA SEKURITAS

43 IT INTI TELADAN SEKURITAS

44 IN INVESTINDO NUSANTARA SEKURITAS 

45 BK J.P. MORGAN SEKURITAS INDONESIA

46 YB JASA UTAMA CAPITAL SEKURITAS 

47 HD KGI SEKURITAS INDONESIA

48 AG KIWOOM SEKURITAS INDONESIA

49 KS Kresna Sekuritas 

50 YJ LOTUS ANDALAN SEKURITAS 

51 RX MACQUARIE SEKURITAS INDONESIA 

52 KW MADANI SEKURITAS INDONESIA 

53 PI MAGENTA KAPITAL SEKURITAS INDONESIA 

54 XL MAHAKARYA ARTHA SEKURITAS 

55 GI MAHASTRA ANDALAN SEKURITAS

56 DD MAKINDO SEKURITAS

57 CC MANDIRI SEKURITAS 

58 DM MASINDO ARTHA SEKURITAS

59 ZP MAYBANK KIM ENG SECURITIES

60 CD MEGA CAPITAL SEKURITAS 

61 ML MERRILL LYNCH SEKURITAS INDONESIA

62 MU MINNA PADI INVESTAMA SEKURITAS TBK

63 YP MIRAE ASSET SEKURITAS INDONESIA

64 EP MNC SEKURITAS

65 MS MORGAN STANLEY SEKURITAS INDONESIA 

66 OK NET SEKURITAS

67 XA NH KORINDO SEKURITAS INDONESIA

68 RB NIKKO SEKURITAS INDONESIA 

69 RO NISP SEKURITAS

70 FG NOMURA SEKURITAS INDONESIA

71 TP OCBC Sekuritas Indonesia

72 FM ONIX SEKURITAS

73 AD OSO SEKURITAS INDONESIA 

74 IH PACIFIC 2000 SEKURITAS

75 AP PACIFIC SEKURITAS INDONESIA

76 PG PANCA GLOBAL SECURITIES TBK

77 GR PANIN SEKURITAS TBK

78 PS PARAMITRA ALFA SEKURITAS 

79 KK PHILLIP SEKURITAS INDONESIA 

80 AT PHINTRACO SEKURITAS 

81 PO PILARMAS INVESTINDO SEKURITAS

82 QA POOL ADVISTA SEKURITAS

83 PK PRATAMA CAPITAL SEKURITAS 

84 XC PRIMASIA UNGGUL SEKURITAS 

85 RG PROFINDO SEKURITAS INDONESIA 

86 LK RECAPITAL SEKURITAS INDONESIA 

87 LS RELIANCE SEKURITAS INDONESIA TBK

88 DR RHB Sekuritas Indonesia 

89 LH ROYAL INVESTIUM SEKURITAS 

90 IF SAMUEL SEKURITAS INDONESIA

91 MG SEMESTA INDOVEST SEKURITAS 

92 AH SHINHAN SEKURITAS INDONESIA 

93 DH SINARMAS SEKURITAS 

94 SM SINERGI MILLENIUM SEKURITAS 

95 AZ SUCOR SEKURITAS 

96 SS SUPRA SEKURITAS INDONESIA

97 LG TRIMEGAH SEKURITAS INDONESIA TBK. 

98 BR TRUST SEKURITAS 

99 AK UBS SEKURITAS INDONESIA 

100 TF UNIVERSAL BROKER INDONESIA SEKURITAS

Seratus nama perusahaan sekuritas di atas merupakan perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia jika kamu ingin investasi yang aman. Perusahaan sekuritas lokal maupun asing tersebut sudah terdaftar menjadi anggota Bursa Efek Indonesia (BEI) sehingga kamu tak perlu khawatir akan uang yang kamu tanamkan.

Maklum saja, unsur keamanan dan legalitas adalah hal utama dalam berinvestasi saham.

Memahami Jenis Layanan Sekuritas yang Ada di Indonesia

Pada dasarnya, saat ini ada dua jenis perusahaan sekuritas yang beroperasi di perdagangan Indonesia yakni konvensional dan syariah. Masing-masing bergerak di bidang sesuai dengan namanya.

Sekuritas konvesional menyediakan layanan untuk semua jenis saham tanpa terkecuali. Sedangkan broker syariah membantu transaksi di efek yang berlabel halal dan memastikan pelaksanaannya sesuai dengan syariat.

Dalam praktik pelaksanaanya, perusahaan sekuritas memiliki unsur berbeda antara lain pialang, dealer dan broker. Pialang yaitu pihak yang melakukan transaksi efek di pihak investor, seperti membeli, menjual, dan memperdagangkan portofolio investasi.

Kemudian dealer merupakan organisasi yang membeli atau menjual sekuritas dari portofolio meraka sendiri untuk kemudian ditawarkan kepada investor yang akan membeli. Sedangkan broker dealer adalah kombinasi dua unsur sebelumnya.

Fungsinya sebagai perantara yang menyediakan layanan sekuritas seperti pemberian rekomendasi, analisis saham, dan layanan lainnya baik bagi perusahaan maupun individu. Rata-rata investor pemula saham kerap tidak memahami perbedaan unsur ini sehingga menimbulkan kesalahpahaman.

Broker alias perusahaan sekuritas juga bisa dibedakan menjadi tiga berdasarkan jenis layanan yang diberikan kepada investor antara lain:

  1. Full service broker

Pialang ini memiliki amanah sepenuhnya dari investor saham untuk mengelola dananya. Layanannya mulai dari analisa pasar, informasi yang relevan sampai dengan nasihat investasi terbaik seperti yang ditawarkan penasihat keuangan profesional.

Umumnya yang menggunakan broker seperi ini merupakan investor pemula atau pebisnis dengan segudang aktivitas sehingga tak punya waktu melakukan transaksi saham sendiri. Meski demikian, layanan penuh ini juga menuntut biaya yang tak sedikit dan paling mahal diantara yang lainnya.

2. Discount broker

Sesuai dengan namanya, broker ini memberikan layanan separuh dari pilihan yang pertama. Pilihan service yang dipilih bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap investor. Tentunya ini juga berdampak pada besaran harga jasa harus dibayar.

3. Deep discount brokers

Broker yang masuk dalam kategori ini hanya berperang sebagai perantara dalam trading saham yang dilakukan oleh investor. Untuk layanan ini juga biasanya termasuk maintenance Rekening Dana Nasabah (RDN) investor yang menjadi kliennya. Untuk layanan yang termasuk paling minimalis ini tentu harga yang harus ditebus juga paling ramah di kantong.

Bicara soal biaya, tentunya perusahaan sekuritas membebankan biaya atas jasa yang diberikan kepada para investor saham. Bahkan besaran biaya yang dikenakan juga seharusnya menjadi salah satu pertimbangan utama ketika memilih broker saham.

Biaya ini disebut dengan broker fee yang merupakan komisi atas setiap transaksi saham yang dilakukan. Dibebankan fee jual maupun beli untuk setiap proses penyampaian order transaksi baik jual maupun beli saham ke dalam sistem online trading BEI secara real time. Besarannya bisa berbeda-beda tergantung sekuritas maupun layanan yang diberikan.

Namun angkanya di Indonesia umumnya berkisar 0,15 – 0,25% hingga 0,25% – 0,35% dari nilai transaksi saham (sudah termasuk pajak pertambahan nilai/PPN), dan ditambah pajak penghasilan (PPh) 0,1% khusus untuk transaksi penjualan saham.

Dalam dunianya, ada tiga kegiatan utama yang dimiliki oleh perusahaan sekuritas, yaitu perantara perdagangan efek dan penjamin emisis efek. Masing-masing memiliki fungsinya sendiri dalam pasar saham. Berikut uraiannya.

  • Perantara perdagangan efek

Dalam menjalankan perannya sebagai perantara perdagangan efek, perusahaan sekuritas bertanggung jawab pada dua hal. Pertama, pelaksanaan kegiatan jual beli efek (surat berharga) untuk kepentingan sendiri atau pihak lain. Kedua, pelaksanaan jual beli saham dan obligasi yang dapat dilakukan melalui bursa efek atau di luar bursa efek.

  • Penjamin Emisi Efek

Hal utama yang menjadi tanggung jawab perusahaan sekuritas sebagai penjamin emisi ialah membantu calon emiten dalam pelaksanaan penawaran umum saham (IPO), dengan atau tanpa kewajiban untuk membeli efek yang tidak terjual.

  • Manajer Investasi

Perannya sebagai manajer investasi diwujudkan dengan mengelola portofolio efek untuk nasabah baik perorangan maupun kolektif. Namun perusahaan ini tidak mengelola portofolio efek perusahaan asuransi, dana pensiun ataupun bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan yang berlaku.

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Perusahaan Sekuritas

Tak peduli apakah akan memilih perusahaan sekuritas berdasarkan rekomendasi teman atau mengevaluasi sendiri, kita perlu mengetahui beberapa hal penting terkait perusahaan sekuritas yang akan dipilih. Berikut ini beberapa hal penting tersebut:

1. Perijinan Perusahaan Sekuritas

Pihak manakah yang berwenang memberikan validasi legalitas bisnis sebuah perusahaan sekuritas? Perlu diketahui, ijin untuk perusahaan sekuritas diberikan oleh OJK. Lebih tepatnya lagi, ada tiga jenis ijin yang diberikan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagaimana telah dibahas di uraian sebelumnya. Status perijinan semua perusahaan sekuritas dapat diperiksa melalui situs BEI dan OJK.

2. Platform Trading Saham Online

Di era industri 4.0, apa sih yang tidak bisa dilakukan secara online? Bahkan aktivitas investasi pun saat ini dilaksanakan secara online, sehingga kita tak perlu datang ke bursa atau menelepon broker ketika ingin menjual atau membeli suatu saham. Semuanya dapat diatur via aplikasi mobile atau software untuk desktop, mulai dari pemantauan fluktuasi harga saham dan volume perdagangan saham, analisis pasar, hingga pengiriman instruksi jual atau beli saham dan penerimaan dividen.

Meski demikian, kita juga harus memahami bahwa setiap perusahaan sekuritas mengembangan platform trading saham-nya sendiri. Kapabilitas dan fungsionalitas setiap platform trading saham pun berbeda-beda. Kita bisa langsung bergabung ke sebuah perusahaan sekuritas tanpa menengok platform-nya terlebih dahulu. Tapi, ada baiknya juga menguji via akun demo atau simulasi trading untuk memastikan platform dapat dipergunakan dengan lancar.

3. Setoran Modal Awal Minimum

Pendaftaran dan pembukaan akun di perusahaan sekuritas pasti bebas biaya, alias gratis. Namun, kita harus menyediakan sejumlah dana yang akan dijadikan modal awal investasi untuk mengaktifkan akun tersebut. Ada perusahaan sekuritas yang menetapkan setoran modal awal minimum hanya Rp100.000, tetapi ada pula yang menentukan setidaknya beberapa juta hingga puluhan juta rupiah.

Terkait besar modal awal ini, sebaiknya memilih perusahaan sekuritas yang syaratnya dapat dipenuhi oleh persediaan modal kita saja. Tak perlu berambisi hingga meminjam uang ke banyak orang hanya demi mendaftar ke sebuah perusahaan sekuritas bergengsi. Apabila benar-benar tertarik terhadap perusahaan sekuritas yang syarat modal awal-nya terlalu tinggi, maka bisa menengok mereka lagi kelak setelah aktivitas investasi sudah menghasilkan cuan.

4. Fee Perusahaan Sekuritas

Semua perusahaan sekuritas menetapkan fee tertentu sebagai imbalan atas jasa menghubungkan investor dengan bursa. Bagi investor, semakin kecil fee maka akan semakin menguntungkan. Di sisi lain, struktur fee setiap perusahaan sekuritas berbeda-beda, sehingga kita perlu menelitinya sendiri.

Umumnya struktur fee perusahaan sekuritas mencakup:

  1. Fee Beli: Fee yang harus dibayar setelah investor membeli saham. Besaran fee sekitar 0,1% hingga 0,3% dari nilai saham yang dibeli investor.
  2. Fee Jual: Fee yang harus dibayar setelah investor menjual saham. Besaran fee sekitar 0,2% hingga 0,4% dari nilai saham yang dijual investor.
  3. Fee Data: Fee yang harus dibayar oleh investor agar dapat memperoleh data pasar (market info) secara real-time pada platform trading saham. Ada perusahaan sekuritas yang menggatiskan, tetapi ada pula yang menetapkan fee bulanan.

Info mengenai berbagai jenis fee biasanya sudah dicantumkan pada website perusahan sekuritas terkait. Apabila info belum tersedia di web, maka kita perlu menghubungi Customer Service melalui telepon ataupun email untuk mendapatkan angka-angka presisi.

5. Penjaminan Emisi Efek

Apakah kamu ingin membeli saham-saham yang sudah terdaftar di bursa saja, ataukah berminat membeli saham yang baru akan melantai di bursa? Apabila berminat membeli saham yang baru akan melantai di bursa (pre-IPO), maka sebaiknya pilih perusahaan sekuritas berijin PEE yang dikenal sering terlibat IPO.

Tak ada salahnya bergabung dengan perusahaan sekuritas non-PEE. Akan tetapi, proses IPO harus menggunakan jasa penjaminan emisi yang disediakan oleh perusahaan sekuritas berijin PEE. Sayangnya, sebagaimana dipaparkan di atas, tak semua perusahaan sekuritas dapat memiliki ijin untuk menjadi penjamin emisi efek. Diantara perusahaan sekuritas berijin PEE pun, ada yang rajin menjamin emisi efek dan ada yang jarang melakukannya. Dengan bertindak selektif, kita akan lebih sering memperoleh akses prospektus dini dan penawaran saham pre-IPO.

Apakah kamu sudah paham soal perusahaan sekuritas sekarang? Tentunya kamu mengerti jika memilih sekuritas yang tepat akan sangat berdampak pada kesuksesanmu di dunia investasi saham. Karena itu, jangan sampai salah pilih apalagi terjebak pada perusahaan sekuritas bodong yang membuatmu kehilangan uang.

Akuisisi Prima Unggul Sekuritas, Ajaib Kini Sediakan Instrumen Saham

Kini kamu juga bisa berinvestasi saham lewat aplikasi Ajaib. Hal ini bisa dilakukan setelah fintech investasi kesayanganmu ini resmi mengakuisisi perusahaan sekuritas anggota Bursa Efek Indonesia (BEI), yakni PT Primasia Unggul Sekuritas. Perusahaan ini sendiri sudah dikenal atas layanannnya yang berkualitas.

Setelah akuisisi ini, Primasia Sekuritas akan memperbarui namanya brand menjadi Ajaib Sekuritas. Baik direksi maupun karyawan-karyawan yang berpengalaman tetap berada di bawah naungan Ajaib Sekuritas.

Kegiatan operasionalnya dilakukan secara mandiri, tanpa melupakan investor yang telah berinvestasi bersama Primasia Sekuritas sebelumnya. Akuisisi ini pun mempertahankan standar keamanan dan privasi kelas dunia pada layanan perdagangan saham daringnya.

Jadi sekarang kamu bisa trading online saham dengan aplikasi Ajaib. Namun, Ajaib tetap setia dengan karakternya yang ramah bagi investor pemula. Tersedia sejumlah fitur untuk membantu penggunanya berinvestasi lebih baik dan lebih cerdas.

Sebut saja fitur notifikasi Ajaib Alert, Competitive Ranking, dan News Highlight. Ajaib Alert akan membantu pengguna menjadi yang pertama tahu kapan saat terbaik untuk buy maupun cut loss saham pilihan mereka. Notifikasi pergerakan harga akan dikirim secara real-time sehingga pengguna tidak kehilangan momen tepat untuk berinvestasi.

Untuk membantu pengguna yang tidak tahu harus membeli saham apa saja, Ajaib menyediakan fitur Competitive Ranking, yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui kekuatan fundamental perusahaan, dibandingkan dengan kompetitornya. Competitive Ranking juga untuk mengedukasi pengguna agar kenal betul dengan saham yang dipilihnya.

Ajaib juga akan aktif mencari dan merangkumkan saham yang jadi sorotan oleh media ternama melalui fitur News Highlight. Melalui fitur ini, pengguna bisa lebih yakin ketika mengambil keputusan saat berdagang saham, mengetahui sentimen pasar, dan peristiwa-peristiwa yang memengaruhi harga saham.

Kamu bisa belajar lebih banyak soal investasi saham bersama Ajaib. Kami akan memberikan informasi dan tips berinvestasi paling efektif bagi milenial sepertimu. Apalagi jika kamu tertarik dengan investasi saham, instrumen berisiko tinggi namun paling potensial menghasilkan cuan. Jangan tunda lagi niatmu berinvestasi.

Ingatlah bahwa masa depan penuh dengan ketidapastian. Karena itu akan lebih baik apabila kamu mempersiapkan diri sematang mungkin termausk dengan memiliki investasi sebagai jaminan masa depan.

Artikel Terkait