Ajaib, Pengumuman

Trading Saham Indonesia Makin Mudah dengan Ajaib!

trading saham indonesia

Ajaib.co.id – Dunia trading saham Indonesia makin dipermudah dengan keadatangan aplikasi Ajaib. Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan aplikasi ini bisa membuat kamu makin nyaman untuk menggeluti trading saham. Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak ulasan berikut ini.

Investasi kini tidak lagi menjadi sebuah kata yang asing untuk kita. Mulai dari instrumen berbentuk fisik seperti emas, tanah atau properti hingga surat berharga seperti saham, obligasi dan reksadana. Dalam artikel ini, Ajaib akan fokus mengajak kamu untuk kenal lebih dalam mengenai trading saham Indonesia dengan Ajaib.

Trading saham Indonesia diramaikan oleh Ajaib pada tanggal 26 Juni 2020. Ajaib secara resmi mengakuisisi perusahaan sekuritas PT Primasia Unggul Sekuritas (Primasia Sekuritas).

Berkat akuisisi ini, Primasia Sekuritas dapat meningkatkan layanan perdagangan sahamnya ke online trading. Kombinasi ideal tercipta antara pengalaman Primasia Sekuritas sebagai pialang andal selama 30 puluh tahun lebih, bersinergi dengan Ajaib Group di ranah digital. Sinergi ini diproyeksikan mampu menciptakan solusi investasi aman, terjangkau, dan terpercaya bagi investor.

Memulai Trading Saham di Ajaib

Seluruh aktivitas yang akan kamu lakukan dalam trading saham Indonesia dengan Ajaib cukup melalui Handphone. Pendaftaran hingga transaksi saham dilakukan di dalam aplikasi Ajaib. Berikut tahapan untuk memulai saham di Ajaib:

1. Menginstal Aplikasi Ajaib

Pastikan kamu memiliki sebuah perangkat dengan sistem Android atau iOS. Selanjutnya cari dengan kata kunci “Ajaib” di Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS. Pilih download maka kamu sudah selangkah pemain trading saham Indonesia.

trading saham indonesia - instal Ajaib

2. Mendaftarkan Diri di Aplikasi Ajaib

Siapkan KTP kamu, karena untuk melakukan pembukaan rekening saham ini perlu tanda pengenal. Seluruh aktivitas pendaftaran akan dilakukan secara online. Setelah mengisi seluruh kolom, lakukan konfirmasi email. Kini kamu bisa log in ke aplikasi Ajaib.

daftar aplikasi ajaib

3. Membuka Akun Saham

Setelah kamu melakukan login pada akun Ajaib, pilih tombol “Buka Akun Saham” dan pilih jenis investasi saham. Akan ada formulir yang berjumlah 6 halaman dan harus kamu isi pada kolom yang tersedia.

Formulir ini bertujuan untuk kamu memiliki rekening saham sekaligus Rekening Dana Nasabah (RDN). Setelah mengisi formulir, dalam waktu kurang lebih 1×24 jam kamu akan terverifikasi dan dapat membeli saham perusahaan yang tersedia di Ajaib. Lebih lengkapnya kamu dapat membaca artikel Ajaib ini.

Transaksi Saham di Ajaib

Setelah memiliki akun Ajaib, kini kamu sudah siap menjadi pemilik saham. Tapi, kamu harus mengisi saldo terlebih dahulu, berikut caranya:

Mengisi Saldo Ajaib

Seluruh aktivitas saham Ajaib dilakukan melalui Rekening Dana Nasabah (RDN). Caranya seperti transfer bank biasa. Di dalam aplikasi Ajaib, masuk ke laman profil kamu lalu klik RDN di pojok kiri atas.

Kemudian, pilih tombol top up dan pilih cara transfer favorit kamu. Jangan lupa untuk memasukkan nominal yang lebih untuk keperluan biaya transaksi saham.

isi saldo ajaib

Membeli Saham

Kini kamu telah memiliki saldo, dan siap menjadi pemilik saham di Indonesia. Sebagai catatan awal, Ajaib menerapkan biaya transaksi untuk saham dengan besaran persentase yang menguntungkan jika kamu melakukan jumlah transaksi semakin besar.

Untuk melakukan pembelian saham, kamu dapat melihat daftar saham emiten melalui laman ‘Cari’, lalu pilih tombol ‘Lihat Semua’. Selain itu melihat seluruh daftar emiten,kamu juga bisa langsung ketik nama emiten atau kode sahamnya.

Saat memilih saham, Ajaib memberikan informasi seputar emiten meliputi profil perusahaan dan informasi keuangan emiten tersebut. Kalau kamu sudah memilih emiten yang akan dipilih, kamu cukup geser ke kanan nama emiten saham dan kamu akan masuk ke halaman Order Book.

Lakukan transaksi dengan harga yang kamu inginkan dan masukkan jumlah lot saham yang ingin kamu beli.  Kamu bisa melihat pada laman transaksi untuk mengetahui proses pembelian kamu dan lama Portofolio untuk melihat performa saham yang kamu beli.

Menjual Saham

menjual saham Ajaib

Setelah yakin untuk menjual saham yang kamu miliki di Ajaib, kamu dapat menuju halaman portofolio dan melakukan penjualan saham. Transaksi penjualan saham tersebut akan otomatis masuk ke saldo pending RDN yang dapat kamu gunakan untuk membeli saham lagi.

Menarik Saldo Ajaib

Setelah mendapatkan keuntungan dari saham, pastinya kamu sebagai investor ingin menggunakan keuntungan tersebut untuk berbagai macam hal. Pencairan keuntungan dari perdagangan saham di Ajaib sangat mudah, tetapi kamu harus mengetahui kapan waktu yang tepat dan alur pencairan ke rekening pribadi. Lebih lengkapnya mengenai ketentuan penarikan saldo dapat dibaca di artikel Ajaib ini.

Untuk melakukan penarikan, kamu cukup masuk ke laman ‘akun saya’ lalu pilih ‘tarik’, isi kolom bank dan nominal yang diinginkan lalu konfirmasi dengan PIN. Mudah bukan?

Fitur-fitur Saham di Ajaib

Selain memberikan kemudahan transaksi saham, Ajaib juga memberikan berbagai macam fitur pendukung untuk investor. Fitur tersebut antara lain:

Ajaib Alert

Sistem notifikasi yang dapat memberikan informasi terkait emiten yang telah kamu pilih terkait harga ataupun berita terbaru dari. Membuat kamu lebih cepat untuk mengambil keputusan terkait emiten saham tersebut.

Informasi Emiten

Tidak hanya menyediakan layanan transaksi saham, Ajaib memberikan edukasi dan informasi pada tiap emiten. Informasi tersebut meliput profil perusahaan, informasi fundamental,informasi laporan performa keuangan, hingga competitive ranking, yang menunjukkan urutan perusahaan dibandingkan dengan perusahaan lain dalam industri sejenis.

trading saham indonesia - informasi emiten Ajaib

Berita Terbaru

Semakin banyak informasi yang kamu dapat, semakin bijak kamu dalam memilih aksi di transaksi saham. Ajaib dilengkapi dengan fitur Berita yang akan mengisi harimu mengenai pasar modal, ekonomi, bisnis dan keuangan secara real time.

Sudah terbayang kan mudahnya trading saham Indonesia dengan Ajaib? Yuk mulai berinvestasi saham dengan Ajaib!

Artikel Terkait