Investasi

Pialang Adalah Profesi yang Butuh Skill Membaca Insight

pialang adalah

Ajaib.co.id – Mungkin saat ini kamu semakin jarang mendengar kata pialang. Pialang adalah sebuah profesi, dan walaupun profesi ini pernah sangat hits di awal tahun 2000-an, sekarang perannya mulai sedikit banyak terambil alih oleh disrupsi teknologi.

Erat terasosiasi dengan kecerdasan dan keberanian, profesi ini sering mengundang kekaguman. Apalagi penggambaran kesuksesannya memang kerap bergelimang kemewahan sering didramatisir dalam novel dan film.

Tapi di samping itu semua, pada dasarnya pialang adalah profesi yang bertugas mempertemukan kepentingan 2 pihak dengan tingkat kepuasan mereka sebagai parameternya.

Sebenarnya ada banyak sektor yang membutuhkan kehadiran peran pialang seperti bisnis asuransi dan properti, namun karena ekstravaganzaannya, profesi ini paling umum diasosiasikan dengan pialang saham (pasar modal). Jika kamu berminat menekuninya lebih jauh, ikuti artikel Ajaib ini ya.

Definisi Pialang

Dalam Bahasa Inggris, pialang adalah broker, yaitu: individu atau perusahaan yang bertindak sebagai perantara jual dan beli.

Pialang sangat jarang diperlukan dalam pasar perdagangan produk. Tetapi dalam perdagangan saham dan Pasar Modal, pialang seringkali diperlukan. Secara garis besar, profesi ini bertugas menjadi perantara antara penjual dan pembeli atau bahasa jadulnya adalah: makelar. Istilah pialang jadi populer karena sering digunakan dalam Pasar Modal di Indonesia.

Jenis-jenis Pialang dalam Dunia Pasar Modal

1. Retail Broker

Sering juga disebut individual broker. Jenis pialang ini hanya melayani kepentingan individu dan tidak melayani pelanggan lembaga seperti reksa dana. Dari hasil penjualan dan pembelian sesuai amanah investor, Retail Broker akan mendapatkan komisinya.

2. Institutional Broker

Merupakan kebalikan dari Retail Broker, Institutional Broker justru hanya melayani pelanggan yang bersifat lembaga atau institusi seperti reksa dana.

3. Discount Broker

Ini adalah jenis pialang yang memberikan pelayanan tidak lengkap, artinya: selain melaksanakan eksekusi order, Discount Broker hanya memberikan layanan tambahan berupa saran, informasi terbaru dan hasil analisis perusahaan tempatnya bekerja.

4. Deep Discount Broker

Selain menyediakan layanan pada pemeliharaan rekening, jenis pialang ini melaksanakan pesanan membeli atau menjual.

5. Full Service Broker

Menu layanan pialang jenis ini paling lengkap, mulai dari pelaksanaan amanah jual dan beli, pemberian informasi, saran, hingga hasil analisis yang bersumber dari analis-analis perusahaan pialang terpercaya lainnya.

Full Service Broker cocok untuk para investor yang tidak paham dan malas untuk mencoba mengerti soal analisis Pasar Modal. Tapi tentu konsekuensinya, fee untuk Full Service Broker juga terbilang mahal.

6. Online Broker

Perbedaan pelayanan pialang jenis ini dari pialang jenis konvensional hanyalah penggunaan media internet. Via Online Broker, investor bisa menyelesaikan semua proses transaksi hanya melalui gadgetnya.

Tugas dan Prestasi Pialang

Dalam menjalani profesinya, pialang wajib melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan peraturan dan etika bursa. Sebagai perantara antara investor dengan pasar modal, dalam proses kinerjanya pialang wajib menguasai pemahaman produk saham, obligasi dan reksa dana.

selain itu, pialang memiliki tanggung jawab untuk menjalankan seluruh perintah transaksi yang diinstruksikan oleh investor, baik itu jual ataupun beli, berdasarkan hasil analisis dan keputusan sang investor.

Tapi faktanya, entah karena tak punya banyak waktu, atau malas berpikir rumit, atau takut kecewa karena salah analisis, para investor sebagai klien lebih sering mengandalkan kemampuan analisis pialang dalam menganalisis peluang pasar modal.

Tugas memberikan rekomendasi atau saran terhadap investor dianggap sebagai tugas terpenting yang akan mempengaruhi reputasi dan kondite seorang pialang saham.

Rekomendasi itu didasarkan dari dan meliputi analisis saham yang terdiri dari reputasi perusahaan pemilik saham, aksi korporasi, analisis makro ekonomi dan pasar, sentimen pasar, pergerakan nilai Index Harga Saham Gabungan, serta informasi penting lainnya terkait dengan saham di Pasar Modal. Seorang pialang saham akan semakin dicari dan dihormati jika ia sering memberikan rekomendasi-rekomendasi yang tepat.

Sistem Kinerja Pialang

Awalnya investor akan memberikan perintah jual dan beli kepada pialang ataupun perusahaan pialang. Selanjutnya pialang akan mengeksekusi perintah investor tersebut, dengan harga dan besar volume transaksi yang ditentukan oleh investor, karena pialang tak berhak menentukan kedua hal itu.

Semua aktivitas pialang maupun perusahaan pialang akan selalu diawasi oleh badan pengawas resmi milik pemerintah, yaitu Bappebti atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, dan Bappebti ini bertanggung jawab secara langsung kepada Menteri Perdagangan, sehingga investor tak perlu merasa khawatir akan adanya penyelewengan.

Tujuan pengawasan ini adalah memastikan bahwa segala kegiatan perdagangan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan serta undang-undang yang berlaku.

Penghasilan Pialang

Di tahun 2020 ini, gaji pialang saham umumnya berkisar antara Rp21.497,37 hingga Rp72.551,29 per jam, namun penghasilannya tak hanya berasal dari tempat mereka bekerja saja, melainkan juga berasal dari komisi yang didapatkan dari setiap transaksi.

Artinya, semakin sering pialang melakukan transaksi, maka semakin besar pula komisi yang akan didapatkan. Pada prakteknya, pialang biasanya mematok komisi berdasarkan pada selisih harga jual dan beli atau biasa disebut: spread. Di sisi lain, sebagian pialang mematok komisi berdasarkan spread tetap atau disebut: fixed spread, lalu ada pula yang berubah-ubah atau disebut floating spread.

Skill Kunci Bagi Pialang

Kecemerlangan karir seorang pialang atau perusahaan pialang erat terasosiasi dengan:

  • ketajaman membaca situasi yang melibatkan keterkaitan berbagai aspek.
  • meraba insight tentang kesuksesan dan kegagalan
  • kecerdasan menganalisis perilaku finansial
  • ketepatan kalkulasi potensi dan risiko
  • keberanian menanggung risiko dan kecepatan pengambilan keputusan.
  • keahlian membangun trust investor kepada mereka.
  • kecintaan untuk belajar terus menerus dan tak berhenti membaca atau melakukan riset.

Semua skill di atas tak dapat dilepaskan dari karakter dasar individu pialang sebagai modal dasar, dan rutinnya berbagai pelatihan strategis yang diterimanya.

Meniti Karir Sebagai Pialang

Jika kamu tertarik menjadi seorang pialang meski lahannya mulai perlahan tergeser oleh Broker Online, maka berkas yang dibutuhkan sebagai nilai tambah adalah:

  • bukti kelulusan ujian Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE )
  • sertifikasi Certified Financial Analyst (CFA)
  • lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Masa Depan Pialang Paska Sekolah Pasar Modal IDX

Dengan terjadinya disrupsi teknologi digital yang mengakibatkan marak lahirnya Broker Online dan Aplikasi Trading Saham serta Sekolah Pasar Modal, peluang karir masa depan pialang Pasar Modal semakin terbatas.

Namun, pengalaman dan insight yang telah diraih selama masa kerja sebelumnya bukanlah hal yang percuma dan bisa dibagikan ke kalangan investor Milenial melalui Sekolah Pasar Modal, seperti yang dilakukan oleh sekolahpasarmodal.idx.co.id yang mempekerjakan pelaku-pelaku Pasar Modal senior untuk menjadi pengajarnya.

Tips dalam Memilih Pialang

Jika kamu ternyata lebih tertarik menjadi investor dan ingin mendapatkan layanan Full Service Broker yang handal, berikut ini tips memilih yang terbaik:

  • Pilih yang legal dan resmi terdaftar.
  • Pilih yang smart dan menguasai analisis pasar modal tingkat expert dan perhitungan variabel.
  • Pilih yang punya reputasi baik.

Reputasi baik didapatkan dari bukti keakuratan rekomendasinya di masa lalu, sehingga bisa jadi acuan bagi rekomendasi yang akan diberikan pada investor saat ini.

Jangan lalai untuk selalu mengembangkan kinerja portfolio investasimu dan meminimalisasi risikonya dengan berinvestasi di reksa dana yang berintegritas dan menguntungkan, seperti reksa dana di aplikasi Ajaib.

Aplikasi Ajaib ini mudah, menu pilihan paket investasi variatif, minimum modal hanya Rp10.000, menyandang status kelulusan dari program pembinaan inkubator startup terkemuka Y Combinator di Silicon Valley, serta diawasi penuh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk itu, Ajaib tetap jadi pilihan cerdas untuk kaum milenial.

Artikel Terkait