7 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Pialang Saham

7 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Pialang Saham
7 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Pialang Saham

Pialang saham dibutuhkan oleh investor sebagai perantara untuk dapat berinvestasi serta membantu dalam transaksi jual beli saham. Dengan demikian, memilih pialang saham atau perusahaan sekuritas yang tepercaya sangatlah penting dalam investasi saham. Jika kamu berencana menjadi investor, maka di bawah ini ada tujuh hal yang harus diperhatikan dalam memilih pialang saham terpercaya

Pialang Saham Terdaftar Di OJK

Ketika kamu memilih pialang saham. Pastikan mempunyai izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Perantara Pedagang Efek (PPE).  Dengan demikian, jika terjadi masalah yang merugikan, seperti kasus penipuan, investor bisa melakukan pengaduan kepada OJK.

Apabila terdapat bukti pelanggaran, maka pastinya izin perusahaan bakal dicabut. Bukan hanya itu, perusahaan tersebut juga diblacklist dalam dunia pasar modal. Kamu dapat melihat situs resmi OJK jika ingin mengetahui perusahaan sekuritas mana saja yang telah mendapat izin.

Mendapatkan Pelayanan yang Baik

Pada saat melakukan transaksi, tentu saja kamu menginginkan sebuah solusi jika terdapat masalah atau hal-hal yang kurang paham. Maka, perusahaan sekuritas wajib memberikan pelayanan maksimal dengan menyediakan customer service yang andal dan mampu memberikan pelayanan yang baik dan dengan ramah menjelaskan serta menjawab semua pertanyaan investor.

Komisi Transaksi Terjangkau

Sebagai investor, kamu akan dibebani komisi transaksi atau disebut fee trading setiap transaksi jual beli saham.  Pialang saham memotong komisi tersebut secara otomatis dari uang yang ada pada rekening efek investor. Komisi transaksi berbeda-beda pada setiap pialang saham.

Tidak ada salahnya jika kamu sebagai seorang investor menjatuhkan pilihan kepada perusahaan sekuritas yang memberikan penawaran komisi rendah. Kamu akan semakin diuntungkan dengan semakin kecilnya komisi transaksi.

Rincian komisi akan dicantumkan pada website perusahaan sekuritas yang transparan.

Setoran Terjangkau 

Setiap perusahaan sekuritas memberikan ketetapan jumlah setoran minimum yang berbeda. Setoran minimum masuk ke Rekening Dana Investor (RDI) milik investor. Persyaratan setoran minimum bermacam-macam. Sebagai investor, kamu dapat memilih perusahaan sekuritas yang memberikan persyaratan setoran minimum sesuai kondisi finansialmu.

Memiliki Banyak Nasabah 

Bagus atau tidaknya perusahaan sekuritas memang tidak dapat diukur dengan banyaknya jumlah nasabah. Tapi, reputasi suatu perusahaan sekuritas dapat ditunjukkan dengan seberapa banyak jumlah nasabah yang dimiliki.

Selain perusahaan sekuritas, saat ini terdapat platform investasi yang memiliki reputasi tepercaya. Platform investasi tersebut adalah Ajaib.co.id. Dilansir dari cnbcindonesia.com, Ajaib mampu menggaet ribuan nasabah dalam tiga bulan pertamanya tahun 2019. Selain itu, Ajaib.co.id juga telah terdaftar dalam OJK.

Menyediakan Layanan Online Trading

Dengan adanya layanan online trading, maka transaksi saham menjadi lebih praktis. Transaksi dapat kamu lakukan kapan saja dan di mana saja. Fitur smart order biasa dimiliki oleh layanan online trading yang bagus. Dapat meliputi fasilitas charting demi memudahkan fitur auto stoploss order. Fitur tersebut dapat melindungi modal investor dan sangat membantu untuk membatasi kerugian.

Memahami Struktur Permodalan Pialang Saham

Sebagai calon investor, kamu perlu mengetahui nilai MKBD (Modal Kerja Bersih Disesuaikan) pialang saham. Sekuritas akan semakin kuat dan kredibel jika modal yang dimiliki besar.

Itulah tujuh hal yang perlu diperhatikan untuk memilih pialang saham tepat sebelum berinvestasi. Jadi, sebelum kamu berinvestasi, jangan lupa membuka rekening di perusahaan sekuritas tepercaya agar investasimu lebih menguntungkan dan aman.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait