Saham

7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Pialang Saham

7 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Pialang Saham

Ajaib.co.id. Berinvestasi saham bukan hanya dituntut untuk pandai memilih saham yang menguntungkan. Hal yang juga penting untuk dilakukan adalah jeli memilih pialang saham sebagai penghubung antara investasi yang kamu lakukan dengan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Investasi saham memang tidak bisa dilakukan secara langsung melainkan harus lewat perantara. Pialang saham alias broke saham ini yang bertanggung jawab menjadi penghubung untuk setiap transaksi yang dilakukan investor atas emiten miliknya. Pialang saham ini merupakan perusahaan sekuritas yang menjadi anggota bursa dan terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI).

Memilih broker saham memberikan efek yang cukup signfikan bagi kinerja investasi sahammu. Salah satu alasannya karena ada jenis pialah saham yang bisa memberikan saran pembelian atau penjualan saham bagi kliennya. Saran ini akan sedikit memudahkanmu untuk mengambil keputusan dalam berinvestasi.

Paling tidak kamu tak perlu repot melakukan analisa saham sendiri. Meski demikian, jangan percaya begitu saja atas saran yang diberikan. Bisa saja ada kepentingan tertentu di baliknya sehingga kamu paling tidak harus tetap melakukan analisis sederhana lainnya.

Rata-rata investor saham pemula memilih pialang saham yang sudah terkenal dan punya nama. Biasanya keputusan ini akan berdampak atas besarnya biaya yang harus dibayarkan atas jasa mereka namun paling tidak perusahaan sekuritas tersebut sudah terpercaya. Umumnya pialang saham berkantor di Jakarta namun sekarang dengan semakin berkembangnya investasi saham maka sudah banyak broker saham yang tersedia di kantor lainnya.

Apa Saja Faktor Penting Ketika Memilih Pialang Saham?

Pialang saham dibutuhkan oleh investor sebagai perantara untuk dapat berinvestasi serta membantu dalam transaksi jual beli saham. Dengan demikian, memilih pialang saham atau perusahaan sekuritas yang tepercaya sangatlah penting dalam investasi saham. Jika kamu berencana menjadi investor, maka di bawah ini ada tujuh hal yang harus diperhatikan dalam memilih pialang saham terpercaya

1.Pialang Saham Terdaftar Di OJK

Ketika kamu memilih pialang saham, pastikan perusahaan itu mempunyai izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Perantara Pedagang Efek (PPE). Dengan demikian, jika terjadi masalah yang merugikan, seperti kasus penipuan, investor bisa melakukan pengaduan kepada OJK.

Jangan gegabah memilih broker saham hanya dari review yang kamu baca tanpa pengecekan lebih dahulu. Kamu juga bisa mengecek langsung ke Bursa Efek Indonesia (BEI) daftar perusahaan sekuritas yang mausk dalam anggota bursa.

Apabila terdapat bukti pelanggaran, maka pastinya izin perusahaan bakal dicabut. Bukan hanya itu, perusahaan tersebut juga diblacklist dalam dunia pasar modal. Kamu dapat melihat situs resmi OJK jika ingin mengetahui perusahaan sekuritas mana saja yang telah mendapat izin.

2. Mendapatkan Pelayanan yang Baik

Pada saat melakukan transaksi, tentu saja kamu menginginkan sebuah solusi jika terdapat masalah atau hal-hal yang kurang paham. Maka, perusahaan sekuritas wajib memberikan pelayanan maksimal dengan menyediakan customer service yang andal dan mampu memberikan pelayanan yang baik dan dengan ramah menjelaskan serta menjawab semua pertanyaan investor.

Kamu bisa menanyakan pengalaman kenalan atau teman untuk mendapatkan rekomendasi pialang saham terbaik. Bisa juga dengan banyak membaca artikel keuangan karena biasanya pialang saham ternama kerap dimuat di media.

3. Komisi Transaksi Terjangkau

Sebagai investor, kamu akan dibebani komisi transaksi atau disebut fee trading setiap transaksi jual beli saham. Pialang saham memotong komisi tersebut secara otomatis dari uang yang ada pada rekening efek investor. Komisi transaksi berbeda-beda pada setiap pialang saham.

Tidak ada salahnya jika kamu sebagai seorang investor menjatuhkan pilihan kepada perusahaan sekuritas yang memberikan penawaran komisi rendah. Kamu akan semakin diuntungkan dengan semakin kecilnya komisi transaksi.

Jangan sampai keuntungan yang kamu dapatkan malah habis terpotong oleh komisi yang harus diberikan. Apalagi untuk kamu yang cenderung tipe investor jangka panjang maka aspek biaya ini perlu dipertimbangkan. Biasanya rincian komisi akan dicantumkan pada website perusahaan sekuritas yang transparan sehingga kamu tak akan kaget lagi.

4. Setoran Terjangkau 

Setiap perusahaan sekuritas memberikan ketetapan jumlah setoran minimum yang berbeda. Setoran minimum masuk ke Rekening Dana Investor (RDI) milik investor. Persyaratan setoran minimum bermacam-macam. Sebagai investor, kamu dapat memilih perusahaan sekuritas yang memberikan persyaratan setoran minimum sesuai kondisi finansialmu.

5. Memiliki Banyak Nasabah 

Bagus atau tidaknya perusahaan sekuritas memang tidak dapat diukur dengan banyaknya jumlah nasabah. Tapi, reputasi suatu perusahaan sekuritas dapat ditunjukkan dengan seberapa banyak jumlah nasabah yang dimiliki karena menunjukkan kinerjanya.

Kamu juga bisa lho mendapatkan perusahaan sekuritas terpercaya lewat aplikasi Ajaib. Ajaib telah bekerja sama dengan sejumlah pialang saham yang legal sehingga kamu bisa dengan mudah memilihnya. Selain itu, tersedia berbagai investasi yang memiliki variasi perusahaan sekuritas sehingga pilihanmu sangat luas.

Ajaib sendiri merupakan aplikasi fintech investasi yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kamu bisa berinvestasi saham lewat reksa dana dengan menginstal aplikasi ini. Kualitasnya tak perlu diragukan lagi karena hingga akhir 2019, jumlah penggunanya sudah mencapai 500.000 orang.

6. Menyediakan Layanan Online Trading

Dahulu kita melihat investasi saham identik dengan orang yang sibuk lewat telepon. Namun sekarang zaman sudah berganti dan semua diharapkan bisa dilakukan secara online. Begitu pula kala kamu memilih pialang saham untuk investasimu.

Dengan adanya layanan online trading, maka transaksi saham menjadi lebih praktis. Transaksi dapat kamu lakukan kapan saja dan di mana saja. Fitur smart order biasa dimiliki oleh layanan online trading yang bagus. Dapat meliputi fasilitas charting demi memudahkan fitur auto stoploss order. Fitur tersebut dapat melindungi modal investor dan sangat membantu untuk membatasi kerugian.

7. Memahami Struktur Permodalan Pialang Saham

Sebagai calon investor, kamu perlu mengetahui nilai MKBD (Modal Kerja Bersih Disesuaikan) pialang saham. Sekuritas akan semakin kuat dan kredibel jika modal yang dimiliki besar. Sebaliknya, jika modal yang dimiliki sangat terbatas maka kamu boleh mempertanyakan kredibilitasnya. Akan sangat lebih baik kamu mencari tahu lebih banyak soal perusahaan sekuritas terpercaya sebelum benar-benar menjatuhkan pilihan.

Itulah tujuh hal yang perlu diperhatikan untuk memilih pialang saham tepat sebelum berinvestasi. Jadi, sebelum kamu berinvestasi, jangan lupa membuka rekening di perusahaan sekuritas tepercaya agar investasimu lebih menguntungkan dan aman.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait