Rumah Tangga Masa Kini

Ini 6 Hantaran Lamaran Murah yang Tidak Menguras Dompet

hantaran lamaran

Ajaib.co.id – Membawa hantaran lamaran atau seserahan lamaran merupakan salah satu hal krusial di dalam prosesi lamaran yang jangan sampai terlewatkan. Namun, jangan sampai juga pernikahanmu terhambat karena terbentur biaya hantaran lamaran yang menguras kantong.

Untuk kebanyakan orang, menikah itu hanya sekali. Oleh karenanya, banyak yang mencoba mempersiapkan pernikahan itu sebaik mungkin. Bahkan, jika memungkinkan, orang ingin momen pernikahan adalah momen terbaik yang pernah seseorang itu jalankan di masa hidupnya.

Demi menjadikan momen terbaik itu, orang-orang biasanya mengabaikan kemampuan finansial mereka yang membuat mereka justru kesulitan paska menikah. Oleh karena itu, redaksi Ajaib akan memberikan salah satu tips menghemat budget melalui biaya hantaran lamaran yang sebenarnya tidak perlu mahal.

Jangan Sampai Hantaran Jadi Hambatan

Ketika membicarakan hantaran pernikahan, sebenarnya hal ini harus dipersiapkan oleh calon mempelai pria. Namun jangan salah, karena sebaiknya ada keterlibatan dari calon mempelai wanita untuk meminta langsung untuk isi barang-barang dari hantaran lamaran tersebut.

Permintaan dari calon mempelai wanita ini dimaksudkan agar barang yang nantinya dijadikan seserahan tersebut bisa benar-benar berguna untuk kehidupan pernikahannya nanti. Bukan hanya berguna, tetapi juga sesuai keinginan istri.

Pasalnya, hantaran lamaran ini merupakan simbol bahwa calon mempelai pria ke depannya mampu dan sanggup dalam mencukupi kehidupan calon istri yang akan dijadikan teman seumur hidupnya. Selain itu, barang hantaran juga kerap kali memiliki makna dan doa untuk kelangsungan pernikahan.

Karena hal itu, isi hantaran begitu penting untuk dipilih. Jangan sampai memberatkan, tetapi jangan terkesan menyepelekan. Kamu juga tidak boleh terlalu fokus dengan isinya, karena kamu juga harus mempersiapkan kotak sekaligus hiasan untuk hantaran tersebut. Baik kotak beserta hiasan ini bisa kamu dapatkan dengan membeli atau bahkan menyewanya.

Setelah mengetahui sedikit banyak mengenai hantaran pernikahan, sekarang redaksi Ajaib akan memberikan contoh isi hantaran yang meskipun sederhana, tetapi tetap memiliki makna.

6 Hantaran Lamaran yang Tidak Menguras Dompet

 Di bawah ini, redaksi Ajaib akan memberikan rekomedasi hantaran lamaran yang tidak menguras dompet tetapi tetap memiliki pemaknaan yang tepat untuk pasangan yang ingin menikah, yakni:

Perlengkapan Ibadah

Hantaran berupa perlengkapan ibadah adalah salah satu hantaran pokok untuk dibawa. Pasalnya, perlengkapan ibadah ini selain dijadikan hantaran, bisa kembali dipakai sebagai tambahan mahar pada acara ijab kabul.

Makna hantaran ini cukup mendalam. Di mana, perlengkapan ibadah ini adalah bukti jika calon suami siap menjadi imam yang baik di dalam rumah tangga mereka. Selain itu, hantaran ini juga memiliki maksud agar pasangan yang akan menikah selalu mendirikan tiang agama di dalam kehidupan berumah tangga.

Umumnya, perlengkapan ibadah ini berisi sajah, mukena, Al-Quran hingga tasbih. Meskipun memiliki pemaknaan yang begitu mendalam, perlengkapan ibadah bisa didapatkan dengan mudah dan harga yang terbilang murah. Oleh karena itu, perlengkapan ibadah bisa jadi salah satu hantaran yang tidak menguras dompet.

Suruh Ayu

Suruh Ayu ini berupa kerajinan yang kerap kali dijadikan seserahan atau hantaran. Meskipun tidak memiliki fungsi, pemaknaan dari Suruh Ayu ini cukup mendalam. Di mana, Suruh Ayu ini sering diartikan sebagai bentuk kesatuan yang kokoh di dalam rumah tangga. Maksudnya, agar hubungan akan terus kokoh dan langgeng.

Pasalnya, Suruh Ayu sendiri merupakan seserahan yang memang dibuat dari pinang, kapur sirih, dan anke daun-daun yang tersusun menjadi sebuah kesatuan yang memiliki nilai estetika. Dengan begitu pula, selain kokoh, pernikahan juga diharapkan akan penuh estetika atau keindahan di dalamnya.

Pakaian

Hantaran berupa pakaian adalah hantaran yang sudah pasti bisa bermanfaat dan digunakan. Dengan catatan, calon mempelai pria sudah mendiskusikan terlebih dahulu dengan calon mempelai wanita mengenai pakai apa yang ingin dijadikan seserahan.

Dari hasil diskusi tersebut, kamu jadi lebih mengetahui jenis pakaian apa yang tepat untuk dijadikan seserahan. Apakah itu baju tidur, pakaian dalam, hingga pakaian kerja sekalipun. Selain itu, tentunya diskusi ini untuk memastikan kamu memberikan hantaran dengan ukuran yang tepat agar bisa terpakai.

Umumnya, dalam seserahan pakaian, orang memutuskan untuk memberikan hantaran berupa pakaian dalam. Pasalnya, hantaran pakaian dalam memiliki pemaknaan yang kuat mengenai kemampuan masing-masing mempelai dalam menjaga rahasia rumah tangga mereka. Rahasia ini maksudnya adalah bilamana ada permasalahan di antara keduanya, bisa terselesaikan, tanpa perlu orang lain tahu.

Selain itu, seserahan berupa pakaian dalam juga bisa menghemat budget kamu dalam penyerahan hantaran. Jadi, selain memiliki pemaknaan yang bagus, kamu juga bisa mengalokasikan budget kamu ke hal-hal yang lebih krusial.

Produk Kecantikan

Bisa dibilang, produk kecantikan adalah seserahan yang harus ada dan dibawa dalam sebuah lamaran. Pasalnya, ada banyak alasan yang memang membuat produk kecantikan menjadi seserahan wajib, salah satunya adalah pemaknaannya itu sendiri.

Produk kecantikan dikenal dengan makna bahwa mempelai wanita bisa menjaga penampilan serta menjaga dirinya untuk suami. Di mana, ini adalah komitmen agar selalu bisa memberikan sisi terbaiknya di dalam sebuah pernikahan.

Sama seperti pakaian, dalam memilih seserahan produk kecantikan dan produk perawatan tubuh, calon mempelai pria harus mesdikusikannya terlebih dahulu dengan calon istri. Pasalnya, jenis kulit orang berbeda-beda. Ada orang yang cocok dengan produk kecantikan merek A, tetapi tidak terlalu cocok dengan merek B.

Oleh karenanya, kamu harus mengetahui produk mana yang cocok dengan kulit istrimu. Selain cocok masalah kulit, tentunya juga cocok secara selera ya.

Perhiasan

Jangan salah artikan, perhiasan dalam hantaran itu tidak sama dengan perhiasan untuk mas kawin. Jadi, jangan karena kamu ingin berhemat, perhiasan ini malah dijadikan cincin pernikahan ya. Perlu diketahui, di dalam hantaran ini, perhiasan menjadi simbol bahwa wanita siap untuk senantia bersinar di dalam rumah tangga.

Sekarang ini, sudah banyak toko perhiasan yang akan menawarkan untuk membeli perhiasan secara satu set untuk seserahan. Yakni mulai dari hiasannya itu sendiri, gelang, kalung, hingga ke anting. Jadi, memang bisa lebih praktis.

Seperti sebelumnya, perhiasan juga harus didiskusikan dulu untuk model, berat, ukuran, hingga jenisnya. Kamu jangan sampai memaksakan diri untuk membeli perhiasan mahal jika memang budget tidak mencukupi. Karena, kehidupan menikah tidak berhenti saat proses lamaran, tetapi terus berlanjut setelahnya. Jadi, lebih pikirkan bagaimana budget untuk kehidupan setelah menikah nanti ya.

Makanan

Isi seserahan juga bisa memakai makanan. Bahkan, dulu ada kepercayaan bahwa ada baiknya menyerahkan hantaran lamaran berupa makanan dengan karakteristik lengket dan basah seperti lemper. Hal ini tentunya demi pemaknaan agar hubungan kedua mempelai bisa terus lengket dan silaturahmi antara kedua keluarga besar bisa terus terjalin.

Namun seserahan makanan ini tidak harus melulu makanan dengan tekstur lengket kok. Apalagi akan sangat disayangkan jika ternyata calon mempelai istrimu tidak menyukai kue basah yang memiliki tekstur lengket tersebut.

Kamu bisa saja menggantinya dengan kue-kue kering yang sifatnya memang lebih tahan lama. Selain itu, kamu juga bisa mendiskusikan jenis makanan ringan apa yang diinginkan oleh calon istri kamu. Karena, hantaran makanan juga bisa berarti kesanggupan kamu untuk membuat istrimu sejahtera.

Sesuaikan dengan Kemampuan

Dari seserahan yang telah redaksi Ajaib gambarkan di atas, selalu ditekankan untuk menyesuaikan dengan kemampuan kamu. Pasalnya, jangan sampai demi seserahan yang wah, malah membuat hidup kamu setelah prosesi lamaran malah menjadi susah.

Intinya, kamu harus dapat mengukur budget kamu. Selain itu, karena pernikahan adalah menyatukan antara dua orang, atau dalam hal ini adalah mempelai pria dan wanita, kamu perlu mendiskusikan segala sesuatunya dengan pasangan kamu.

Demikianlah pembahasan mengenai seserahan sederhana yang tidak menguras dompet kamu. Jadi, kapan mau menikah?

Artikel Terkait