Bisnis & Kerja Sampingan, Dunia Kerja

Cara Belajar Bisnis Online Secara Otodidak dengan Cepat

Cara Belajar Bisnis Online Secara Otodidak dengan CepatCara Belajar Bisnis Online Secara Otodidak dengan Cepat

Dalam berbisnis, baik dilakukan secara manual hingga online, perlu menggunakan ilmu agar meraih keuntungan yang besar. Namun, dalam berbisnis, kamu juga bisa belajar secara otodidak, tanpa perlu kursus atau belajar di perguruan tinggi. Otodidak adalah cara belajar tanpa bantuan guru, namun tetap bisa mendapatkan banyak pengetahuan dan dasar empiris yang besar dalam bidang tertentu. Mereka mendapatkan pengetahuan tersebut dengan belajar sendiri.

Biasanya, seseorang yang disebut sebagai otodidak bergelut dalam bidang tertentu, seperti seni, sastra, arsitektur, dan kerajinan tangan. Selain itu, beberapa bidang bisa jadi sangat sempit sehingga pendidikan yang sesungguhnya tidak ada, di mana seseorang mendiskusikan apakah pendidikan itu merupakan kemungkinan realistik (kewaskitaan). Bagi kamu yang sudah terlalu lelah mempelajari hal melalui bidang studi terbaiknya, belajar otodidak menjadi solusi. Di bawah ini Ajaib akan menjabarkan cara belajar bisnis online dengan cepat secara otodidak

Amati Website Besar

Beberapa situs besar seperti lazada.com, berniaga.com sudah tampil sebagai brand yang berhasil sebagai wadah untuk bisnis secara online. Lebih baik kamu mengamati bagaimana strategi mereka untuk berjualan. Selain itu, lihat mengapa mereka populer di bidang tersebut, hal ini bisa kamu terapkan sebagai bahan belajar.

Cari Tahu Lebih Detail

Ternyata untuk menjalani bisnis online, wadah membutuhkan wadah, entah itu website dengan domain atas nama sendiri maupun menggunakan blog yang memang sudah di setting agar bisa berjualan. Lebih baik kamu mengutak atik terlebih dahulu, dari pada langsung meluncurkan website jualan kamu begitu saja.

Mengerucut Pada Satu Barang

Semua barang bisa kamu jual di dunia online, karena barang tersebut tidak langsung kamu produksi dan baru akan di buat setelah ada order dari pemesan. Ini membuat kamu bisa memasarkan semua barang, namun lebih baik membuat spesifikasi. 

Misalkan fashion, sebaiknya menjual baju, sepatu aksesories dalam sebuah website dan membuat website atau blog lain yang menawarkan barang selanjutnya, agar konsumen bisa mengenali ciri khusus dari toko online kamu. 

Tidak perlu takut gagal karena hal ini adalah normal dan setiap orang pernah mengalaminya. Lebih baik kamu bangkit lagi, mulai menyusun rencana dan meneliti kembali apa yang menjadi kesalahan kamu.

Strategi

Pastinya bisnis kamu menjadi berantakan. Tujuan dari strategi selain untuk mengarahkan bisnis agar tetap pada track, minimal kamu sudah menyiapkan plan for the worst, hope for the best, bersiap menghadapi kondisi terburuk dan berharap yang terbaik.

Dalam bisnis online, terdapat dua strategi untuk mempromosikan produk yang kamu jual dari yang gratis sampai berbayar. Cara promosi gratis yang bisa kamu lakukan adalah dengan berkunjung ke beberapa blog iklan baris, pasang iklan di blog iklan baris gratis, atau posting promosi ke group-group social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya.

Itulah cara bisnis online secara otodidak yang bisa kamu pelajari. Jadi, kini untuk memulai bisnis online kamu bisa belajar sendiri dan bisa melakukan eksplorasi bagaimana cara memasarkan produk, menjual produk, hingga mengembangkan bisnis itu sendiri.

Bacaan menarik lainnya:

Assauri, Sofjan. (2007). Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait