Pentingnya Analisa SWOT Bagi Usaha Kecil

Pentingnya Analisa SWOT Bagi Usaha Kecil
Pentingnya Analisa SWOT Bagi Usaha Kecil

Ketika ingin memulai atau mengembangkan bisnis, kamu harus membuat rencana untuk menjalankan bisnis atau biasa dikenal dengan business plan. Dalam pembuatan business plan pun kamu tidak bisa sembarangan, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan lakukan, salah satunya dengan melakukan analisa SWOT.

Apa itu Analisis SWOT?

Analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats) adalah salah satu metode yang digunakan oleh internal perusahaan untuk mengevaluasi bisnisnya. Hasil dari analisis ini kemudian dijadikan arahan untuk menentukan strategi perusahaan berikutnya. Penerapannya dilakukan sesuai dengan singkatan metode ini yakni Strength, Weakness, Oppotunities, dan Threats.

Aspek dalam Analisis SWOT

Berbagai aspek dalam analisa SWOT terbagi menjadi dua faktor yakni internal dan eksternal. Berbagai faktor inilah yang kemudian dijadikan panduan untuk memahami kekurangan dan kelebihan bisnis yang sedang dijalankan. Kelebihannya kemudian dimaksimal sedangkan kekurangannya dieliminasi sebisa mungkin. 

Faktor internal : Kekuatan (Strength) dan Kelemahan (Weakness)

Faktor eksternal : Peluang (Opportunities) dan Ancaman (Threats)

Metode Analisis SWOT

Ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan dan menjadi salah satu alat yang tepat untuk menemukan masalah dari 4 (empat) sisi yang berbeda. Di bawah ini adalah metode yang bisa kamu aplikasikan.

a. Bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan dari peluang (opportunities) yang ada?

b. Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan?

c. Bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada?

d. Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau membuat ancaman baru?

Dengan mengubungkan keempat hal tersebut, kamu bisa membuat analisis dengan lebih mudah demi mewujudkan visi dan misi suatu perusahaan.

Matriks SWOT

Matrix SWOT ini telah dikembangkan oleh Wheelen dan Hunger. Di mana, kolom vertikal berisi External Factor Analysis Summary (EFAS), dan Baris horizontal berisi Internal Factor Analysis Summary (IFAS). Di bawah ini adalah beberapa penjelasannya.

a. Pada kolom Strengths-Oppurtunities (SO) kamu bisa membuat strategi dengan memanfaatkan peluang berkembang dengan kekuatan yang ada.

b. Pada kolom Weakness-Oppurtunities (WO) kamu bisa membuat strategi yang memanfaatkan peluang berkembang dengan mengatasi kelemahan internal bisnis itu sendiri.

c. Pada kolom Strengths- Threats (ST) disusun stategi yang memanfaatkan kekuatan untuk menghindari ancaman.

d. Sedangkan, pada sel Weakness-Threats (WT) dibangun stategi memperkecil kelemahan pada saat yang sama menghindari ancaman eksternal.

Manfaat analisis SWOT bagi usaha kecil-kecilan dan UKM

Metode analisis SWOT perusahaan awalnya digagas dan banyak digunakan oleh perusahaan besar karena efektivitasnya dalam mengetahui pangkal masalah dan penyelesaiannya. Namun sebenarnya analisa ini juga cocok diterapkan dalam bisnis kecil-kecilan saat ini yang sedang kamu rintis atau UKM. Perbedaannya hanyalah pada skala berbagai aspek yang muncul dalam bisnis tersebut. 

Kamu juga bisa menggunakan analiss SWOT untuk memahami kondisi berbagai faktor internal dan eksternal dari bisnis yang kamu jalankan. Dari hasil ini kemudian bisa diputuskan langkah selanjutnya bagi bisnis tersebut agar lebih baik lagi. Meskipun berskala kecil, bukan berarti bisnismu tidak butuh analisa semacam itu. 

Akan jauh lebih baik apabila sejak awal sudah rutin menjalankan analisi ini agar kinerja manajerial usahamu maksimal. Banyak usaha kecil yang menjanjikan kemudian gagal berkembang karena tidak memahami kelebihan dan kekurangannya sehingga minim inovasi. Berikut ini adalah manfaat menjalankan analisis SWOT khususnya bagi usaha rintisan.

a. Mengikuti perkembangan teknologi dan zaman

Tren bisnis sekarang bergerak cepat dengan adanya teknologi digital. Enterpreneur yang tidak jeli mengikuti perkembangan zaman bisa kalah bersaing. Ambil contoh bisnis taksi yang sekarang kalah jauh dibandingkan Grab. Hasil analisis SWOT bisa membantuk menemukan masalah tersebut agar tidak kalah bersaing. 

b. Membangun jaringan marketing

Sebaik apapun produknya tidak akan menghasilkan keuntungan jika tidak pandai memasarkannya. Karena itulah penting sekali membangun dan memperluas jaringan marketing suatu usaha. hasil analisis SWOT akan menunjukkan apa saja yang bisa membantu jaringan pemasaran yang efektif. 

c. Membantu analisis keuangan

Banyak usaha kecil yang nampak menjanjikan kemudian gagal di tengah jalan karena kurangnya kontrol pada laporan keuangan. Ketiadaan kontrol kemudian berbuah pada minimnya evaluasi dan pembenahan karena enterpreneur hanya fokus pada produksi dan memperketat anggaran agar keuntungannya semakin meningkat. Kelebihan lainnya dari metode ini untuk analisis keuangan adalah hasilnya yang lebih rinci karena objeknya diulas lebih dalam dan diobservasi dalam waktu tertentu. 

d. Menyelesaikan masalah internal

Usaha kecil-kecilan biasanya dirintis oleh sekelompok teman yang tentunya rawan masalah internal. Ambil contoh kasus binis kue artis yang melibatkan artis Irwansyah dan pengusaha Medina Zein. Dengan menerapkan metode berbasis SWOT maka akan menemukan potensi masalah yang mungkin terjadi dan mencari penyelesaiannya. Kekurangan dari model bisnis ini adalah unsur pertemanan menghalangi sikap profesional yang dihilangkan dengan analisis SWOT.

Apa yang kamu lakukan setelah analisis SWOT selesai?

Ketika kamu telah berhasil melakukan analisis, kamu kini bisa mengubahnya menjadi strategi nyata. Di mana, membuat analisis SWOT tentang menghasilkan strategi yang dapat kamu lakukan selama beberapa bulan ke depan untuk bisnis.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah melihat kekuatan bisnis kamu dan mencari tahu bagaimana kamu bisa menggunakan kekuatan tersebut untuk memanfaatkan peluang. Kemudian, cobalah lihat bagaimana kekuatan itu bisa memerangi ancaman yang ada di pasar. Cobalah gunakan analisis ini sebagai daftar tindakan yang dapat bisa dilakukan.

Dengan daftar tindakan ini, kamu bisa melihat kalender perusahaan dan mulailah menempatkan sasaran di atasnya. Misalnya, apa yang ingin dicapai dalam setiap kuartal kalender atau per bulan? Apakah bergerak maju atau mundur? Kemudian cobalah untuk menganalisis bagaimana peluang eksternal dapat membantu mengatasi kelemahan internal. Cobalah meminimalkan kelemahan tersebut untuk menghindari ancaman yang teridentifikasi?

Itulah beberapa hal penting terkait analisa SWOT yang bisa kamu gunakan untuk bisnis kecilmu. Cara membuatnya pun mudah, kamu hanya perlu memahami kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang mungkin terjadi dan dekat dengan bisnismu. Untuk menghasilkan analisa yang tepat, kamu tentu harus memahami dengan benar bisnis tersebut. Bukan hanya itu, analisis swot ini juga penting untuk mengetahui apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan bisnis dan perencanaan bisnis seperti apa yang cocok untuk bisnis tersebut.

Bacaan menarik lainnya:

Sugiyono. (2001). Perilaku Pembelian Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Rosda: Bandung.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait